Air merupakan elemen atau unsur yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, bisa dikatakan bahwa air sebagai salah satu sumber kehidupan. Bukan hanya bermanfaat bagi manusia tetapi juga bagi hewan dan tumbuhan untuk kelangsungan hidup mereka.

Air yang baik untuk dikonsumsi adalah air putih yang tidak memiliki warna, rasa dan bau. Air putih ialah air yang melalui proses atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum. Masyarakat pasti mengetahui bahwa di dalam tubuh manusia sebagian besar adalah air, mulai dari darah dan otak yang memiliki kandungan air sekitar 70-80 %, bahkan tulang pun memiliki kandungan air walaupun sedikit.

Advertisement

Menurut ahli kardiolog Amerika Serikat, Dr. James M. Rippe, masyarakat harus minum air putih lebih dari rasa haus mereka. Karena kehilangan air 4 % saja dalam tubuh manusia dapat mengakibatkan rasa pusing dan kinerja tubuh kita berkurang sekitar 22 %. Apalagi kalau kehilangan air atau cairan dalam tubuh sebanyak 15-20 % akan berakibat sangat fatal yaitu pingsan bahkan bisa menimbulkan kematian karena dehidrasi.

Air putih memang air yang sering kita minum dan manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Namun apakah kalian mengetahui bahwa dibalik meminum air putih memiliki manfaat bagi tubuh manusia? Mungkin masih ada yang belum mengetahuinya atau ada yang menganggap remeh minum air putih itu.

Perlu diketahui bahwa air sangat diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh manusia lewat air seni, keringat, pernapasan dan lain sebagainya. Dengan meminum air putih ternyata memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya yaitu,

Advertisement

Memperlancar sistem pencernaan

Dengan meminum air putih setiap hari, dapat membantu sistem pencernaan manusia. Salah satu organ pencernaan yang membutuhkan cairan atau air yaitu usus besar. Ketika kita meminum air putih dengan benar membantu usus besar bekerja secara efektif, sehingga sari-sari makanan dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Menguruskan badan

Jika kita ingin kurus, maka sebelum makan harus meminum air putih. Kenapa? Karena ketika minum air putih sebelum makan akan menimbulkan efek rasa kenyang sehingga dapat mengontrol pola makan kita.

Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh

Kemampuan air putih bisa memperbaiki daya tahan tubuh karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat kita sedang beraktifitas atau pun bekerja.

Selain itu, meminum air putih dapat mendukung proses pemulihan suatu penyakit seperti demam atau diare. Bahkan air putih dapat membantu memperlambat tumbuhnya penyakit kanker serta mencegah kita dari penyakit batu ginjal dan hati.

Mengatur suhu tubuh

Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Di ruang yang suhunya tidak tetap disarankan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu. Apalagi di udara dingin dapat mempercepat dehidrasi.

Menjaga kesehatan kulit

Air putih juga dapat melindungi kulit dari luar dan menjaga kulit tetap kenyal dan kenyal serta mengurangi garis-garis dan kerutan di wajah. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi dengan minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

Peranan air sangatlah penting untuk tubuh kita, tidak hanya menghilangkan rasa haus, air pun bisa digunakan sebagai terapi alami yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Dengan mengkonsumsi air ternyata banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh, selain kita dapat hidup sehat, kita juga dapat merawat kecantikan kulit kita. Maka dari itu, mulai sekarang kita dapat membiasakan diri dengan meminum air putih kurang lebih 8-10 gelas sehari.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya