Sudah umur 20, sudah bukan lagi waktunya bersenang-senang; mungkin tidak untuk teman-teman anda yang masih hidup dari uang orang tuanya. Mereka yang lahir di keluarga kaya dan tidak perlu memikirkan uang untuk kehidupan mereka sendiri karena tinggal meminta sudah diberi.

Namun tidak untuk anda, seorang pejuang cerdas yang menggunakan tenaga, talenta dan waktu untuk mencari nafkah di kota yang selalu menuntut penghuninya untuk menjadi keras, lebih keras dari cor-coran beton.

Advertisement

Menabung menjadi misteri, ribuan tips dan trik kerap muncul. Berikut ini tips yang sudah saya implementasikan untuk rencana-rencana saya kedepan.

1. Pastikan anda menabung sebelum berbelanja

Kesalahan yang umum dilakukan adalah membelanjakan dulu pendapatan sebelum menabungnya. Cobalah membalik logika ini dan menabungkan uang anda terlebih dahulu. Angka yang ideal untuk ditabung adalah sebesar 20% dari total pendapatan bersih bulanan anda.

Advertisement

2. Buka rekening tabungan berencana / tabungan berjangka

Salah satu cara menabung adalah memaksakan diri anda untuk menabung, apabila anda sudah mengetahui tanggal dimana uang akan dibayarkan ke payroll anda, segera daftarkan Tabungan berencana di bank pilihan anda.

Maka, setiap tanggal jatuh tempo, uang akan secara otomatis didebet ke rekening tabungan rencana anda dan tidak akan bisa anda tarik sampai tabungan tersebu jatuh tempo.

3. Membuka rekening deposito

Setelah anda membuka tabungan rencana dan tabungan anda sudah jatuh tempo, anda memiliki sejumlah uang yang cukup besar untuk melewati minimal saldo untuk di depositokan. Kebanyakan bank mematok angka Rp 8.000.000,- (tahun 2017) untuk dimasukkan rekening deposito. Ambillah deposito dengan jangka waktu 3 bulan dan 6 bulan karena bunga yang ditawarkan relatif tinggi.

4. Konsisten dalam menabung

Bila anda berpenghasilan 3.500.000 sebulan, dan menyisihkan 20% (700.000) untuk ditabung. Dalam satu tahun anda bisa mendapatkan 8.400.000. Sebuah nominal yang cukup untuk didepositokan di tahun kedua saat anda membuka tabungan rencana lainnya.

5. Buka kesempatan untuk terus menabung

Dalam menyimpan uang untuk masa depan, fokus anda bisa mendapatkan uang lebih, atau menjadi lebih hemat. Atau, dua duanya; membuka peluang untuk mendapatkan lebih, dan menabung lebih banyak dari pendapatan ekstra anda.

Ingat, hidup itu murah, gaya hidup yang mahal.

Selamat menabung!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya