Kotak Berwarna Perubah Perilaku Anak

Anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang baru dan menarik karena mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar dan keaktifan yang tinggi untuk mengetahuinya. Keistimewaan itu terkadang membuat mereka mudah dipengaruhi dengan hal-hal yang positif dan negatif, terlebih lagi dizaman modern ini segala informasi dapat dengan mudah didapatkan dimana saja. Mulai dari internet hingga televisi yang sudah sangat dekat dengan lingkungan dan kehidupan anak membuat mereka lebih mudah meniru hal-hal yang tidak seharusnya mereka ketahui pada usianya.

Advertisement

Televisi menjadi salah satu yang selalu menayangkan acara-acara menarik membuat anak ingin selalu melihat dan meniru adegan yang diperagakan didalamnya. Salah satu acara yang disukai anak adalah film kartun. Kartun adalah film fiksi yang dikemas dengan warna dan gambar yang menarik. Sayangnya didalam film kartun terdapat adegan kekerasan yang tidak seharusnya dilihat oleh anak-anak. Ketika anak melihat adegan seperti itu membuat mereka ingin melakukannya, oleh karena itu perilaku anak sekarang cenderung banyak melakukan kekerasan dengan teman sebayanya sebagai akibat dari melihat adegan yang ada di televisi.

Pentingnya memilih tontonan yang baik untuk anak saat ini sangatlah sulit, namun sebagai orang yang sudah mampu memilih kita mampu mengawasi dan membimbing mereka supaya tidak meniru hal-hal negatif yang terkandung dalam acara televisi. Kita harus mendampingi mereka ketika menonton televisi dan memilihkan acara yang edukatif bagi penanaman perilaku sejak dini sebagai bekal untuk mereka ketika sudah dewasa.

Masalah ini jangan dianggap sepele karena anak adalah penerus bangsa dimasa yang akan datang. Dengan penanaman perilaku sejak dini akan menjadikan bangsa yang baik dalam berperilaku. Melalui televisi kita juga bisa membentuk anak menjadi orang yang berwawasan luas dengan menayangkan acara yang mendidik, karena dizaman ini pendidikan dapat dilakukan dimana saja termasuk melalui program pertelevisian. Oleh karena itu diperlukan campur tangan berbagai pihak untuk mewujudkan pendidikan melalui acara televisi yang bisa menjadi media pembelajaran untuk anak.

Advertisement

Jadi untuk menanamkan perilaku yang baik pada anak dapat dilakukan dengan memperhatikan apa yang mereka lihat, salah satu caranya adalah membimbing dan mengawasi anak ketika mereka menonton televisi. Namun diperlukan program televisi yang mengandung unsur edukatif dan menarik supaya mereka tidak hanya menonton tetapi juga belajar dan berkembang dari program televisi tersebut.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya