Rendahnya minat baca seorang mahasiswa saat ini terlihat sangat minim. Perkembangan teknologi informasi membuat mahasiswa lebih sering mencari informasi dari internet dibandingkan buku. Rendahnya minat baca mahasiswa dapat dilihat dari jumlah kunjungan yang ada di setiap perpustakaan kampus. Perpustakaan biasanya akan terlihat sangat ramai menjelang ujian karena banyak mahasiswa yang mencari buku untuk sumber referensi tugas mereka. Perpustakaan biasanya juga akan terlihat ramai ketika dosen memberikan tugas pada mahasiswa untuk ke perpustakaan.

Pada hari – hari biasa perpustakaan akan cenderung sepi pengunjung. Biasanya yang banyak terlihat hanya mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Membaca bagi mahasiswa saat ini seperti bukan kebutuhan yang utama lagi. Yang sering dilakukan mahasiswa saat ini , mereka hanya mengandalkan smartphone bukan untuk membaca buku pengetahuan melainkan hanya utuk membaca komik Membaca komik atau novel memang tidak ada salahnya, namun membaca buku yang mengandung ilmu pengetahuan jauh lebih baik bagi mahasiswa. Agar pengetahuan mereka lebih terarah, mendatangkan inspirasi dan motivasi untuk menulis.

Rendahnya minat baca mahasiswa juga terlihat ketika dosen memberikan tugas. Mahasiswa tidak perlu repot – repot membaca buku utuk memperoleh informasi. Mereka cukup bermodalkan smartphone untuk mendapatkan berbagai informasi. Selain itu mereka hanya copypas tanpa membacanya ulang. Mungkin dengan cara seperti itu lebih memudahkan untuk mengerjakannya, namun dengan cara copypas membuat mahasiswa selalu tergantung pada internet. Mereka juga tidak bisa mandiri dalam mengerjakan tugas dan meninggalkan buku sebagai acuan mendapatkan informasi dan ilmu.

Jika sudah terlanjur dewesa dan menjadi mahasiswa yang malas membaca buku, maka akan sulit merubah kebiaasan tersebut. Salah satu hal yang akan mendorong mahasiswa membaca biasanya karena tuntutan tugas kuliah atau memang karena dosen yang memaksa. Minat baca mahasiswa terbentuk dari pribadi masing – masing. Hal yang terpenting untuk menumbuhkan minat baca mahasiswa adalah kesadaran diri dari mahasiswa tersebut. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa malas untuk membaca buku. Antara lain yaitu kurangnya imbauan dari orang tua sejak kecil, kurangnya motivasi untuk membaca buku dan adanya smartphone yang sangat mudah untuk mencari informasi. Sebagai mahasiswa kita harus sadar akan kebutuhan kita masing – masing.