Kepercayaan adalah hal termahal dan sangat langka untuk didapatkan. Untuk memperoleh sebuah kepercayaan dibutuhkan waktu yang sangat lama, sedangkan untuk menghilangkannya dapat dilakukan dalam sekejap. Waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkannya bahkan lebih cepat dibandingkan pada saat kita membalikkan telapak tangan kita.

Modal utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain adalah pribadi kita sendiri. Tentunya pribadi kita haruslah pribadi yang baik, bukan pribadi yang jahat dan penuh dengan kelicikan. Bagi sebagian orang menjadi pribadi yang licik akan memudahkan mereka untuk mendapatkan banyak hal yang mereka inginkan. Sayangnya, hal tersebut tidak akan bertahan lama. Jika kita menjadi orang baik, hal-hal yang telah kita dapatkan biasanya lebih bertahan lama. Selain itu, kebaikan kita juga akan sangat memudahkan kita untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Advertisement

Kepercayaan berawal dari adanya komunikasi di antara dua belah pihak atau beberapa pihak. Komunikasi yang terjalin tentunya komunikasi yang baik dan membangun. Lambat laun komunikasi tersebut akan membuahkan kepercayaan satu sama lain. Jika kepercayaan sudah tercipta, jagalah kepercayaan tersebut dengan sebaik-baiknya. Sekali saja kepercayaan itu ternodai, maka akan sangat sulit untuk menghapus nodanya.

Isaac Watts pernah mengatakan bahwa belajar untuk memberikan kepercayaan kepada seseorang adalah salah satu tugas yang sangat sulit dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, kepercayaan menjadi sangat sangat mahal harganya. Kita pun akan merasakan sulitnya memberikan kepercayaan kepada seseorang. Akan menjadi lebih sulit ketika kepercayaan kita pernah dikhianati oleh seseorang.

Apakah kepercayaan sangat penting dalam kehidupan? Kepercayaan memang sangat penting dalam hidup kita. Sekali kita berhasil mendapatkan kepercayaan, kita akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Semakin banyak kepercayaan yang kita dapatkan, semakin baik nama kita dan memudahkan kita untuk menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Tentunya kerja sama ini akan mendatangkan keuntungan bagi kita baik secara moril maupun materiil.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya