Sesuatu yang besar pastilah berawal dari kecil. Sebab semua bertahap. Ibarat mendaki dimulai dari bawah, hingga akhirnya sampailah di puncak tertinggi. Dia yang saat ini berada di puncak pastilah pernah berada di bawah. Semua memang di mulai dari bawah, dari tingkatan terendah. Seperti bayi yang kemudian tumbuh besar dan menjadi dewasa. Semua pernah berada di bawah, tidak ada sukses yang datang dengan tiba-tiba. Semua memerlukan proses. Benar bukan? Tidak ada sesuatu pun yang instan di dunia ini. Tidak ada hal yang besar dengan tiba-tiba. Hal besar pastilah datang dari hal kecil. Sebab semua pastilah melewati sebuah tahapan yang dinamakan proses, termasuk kamu. Jadi sudah siapkah kamu untuk berproses? Setiap pribadi itu unik. Setiap individu itu luar biasa. Sebab kalian tidak pernah terlahir sia-sia. Tidak ada insan yang diciptakan dengan sia-sia. Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan alasan yang tidak jelas.

Karena ketika kamu dilahirkan, kamu dilahirkan dengan alasan hidupmu sendiri. Ada tujuan, ada harapan, ada perubahan disetiap kelahiran. Begitu juga dengan kelahiranmu.

Advertisement

Kita memang tidak dilahirkan dengan sempurna, tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Sebab kesempurnaan hanya milik Tuhan. Ketidak-sempurnaan bukan alasan merasa rendah apalagi tidak berdaya. Karena semua manusia diciptakan sama, sama-sama terlahir sepaket. Lengkap dengan kekurangan serta kelebihan masing-masing. Kamu mungkin pernah merasa bukan siapa-siapa, tidak punya apa-apa, lalu berpikir bahwa kamu tidak berhak untuk bermimpi. Merasa tidak pantas bahkan tidak punya hak sama sekali untuk bermimpi. Benar? Jika diam-diam jawabmu adalah iya. Maka bacalah tulisan ini sampai selsai. Jangan di skip, apalagi di close. Sebab melalui tulisan ini saya akan berusaha menyadarkanmu bahwa tidak perduli siapa kamu, kamu tetap berhak melangitkan mimpi. Karena sejatinya setiap dari kita punya kesempatan yang sama, sama-sama berhak bermimpi. Merajut asa, menggapai prestasi.

Bermimpilah setinggi langit, langitkan harapan dalam doa terbaik. Karena sekecil apapun harapan dia tetaplah harapan. Biarkan dia hidup.

Jangan pernah sekali pun merasa semua percuma saja, jangan pernah sekali pun berpikir semua tidak mungkin terjadi. Because nothing is impossible. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, semua bisa jadi sangat mungkin. Lihatlah dari sisi yang lain. Sesuatu yang menurutmu tidak mungkin, bisa jadi sangat mungkin di mata Tuhan. Jangan kamu meragukan takdirNya, jangan pernah sekalipun merasa semua sia-sia saja. Tidak ada yang sia-sia, percayalah.

Advertisement

"Akan selalu ada harapan di setiap kemauan."

Saat merasa bukan siapa-siapa, tidak punya apa-apa. Merasa tidak berguna, lantas berpikir tidak ada harapan. Kamu mungkin melupakan sesuatu. Mau tahu apa? Kamu adalah makhluk dari Sang Kuasa. Tuhan tidak akan diam, Dia akan selalu bersama hambaNya yang mau berjuang dengan sebenar-benarnya perjuangan. Usaha yang selalu melibatkan Sang Kuasa tidak akan pernah jadi sia-sia. Tidak percaya? Buktikan sendiri! Dan jadilah bagian dari seorang yang telah memetik keajaiban. Keajaiban datang dari ketidak-mungkinan. Kamu masih punya Tuhan, Dia akan selalu membersamaimu. Ingat baik-baik. Lagipula apa kamu tahu? Dia yang saat ini adalah siapa, berada di posisi teratas, di puncak tertinggi pun pernah menjadi bukan siapa-siapa. Mereka pernah berada di posisimu saat ini. Merasa bukan siapa-siapa, tidak punya apa. Merasa tidak berdaya dalam menghadapi setiap rintangan. Mereka yang saat ini berhasil menyandang gelar sukses adalah dia yang berhasil menapik semua ragu, menghapus takut, serta mengalahkan gelisah kemudian bertindak sebagai bagian dari usaha.

Orang sukses adalah dia yang selalu melangitkan harapan dalam doa terbaik, percaya akan setiap ketentuan Sang Kuasa. Meyakini dengan segenap hati apa yang telah Tuhan tentukan adalah yang terbaik. Orang sukses adalah dia yang tidak pernah menyerah. Melakukan segala cara terbaik. Dia tidak sampai di posisi ini dengan cuma-cuma, pernah merasakan pahit serta asam-manisnya berjuang. Bahkan bukan tidak mungkin pernah merasakan bagaimana tidak enaknya bertemu kegagalan. Tapi apa dia menyerah? Tidak, dia sama sekali tidak pernah menyerah. Jatuh, kemudian bangkit lagi, jatuh, bangun. Begitu terus sampai keberhasilan datang menghampiri. Begini, ya… Sebelum menjadi orang tua, Ayah dan Ibumu pastiah pernah merasakan menjadi anak. Pendidik pastilah pernah menjadi peserta didik. Sebelum menjadi tenaga pengajar, seorang pengajar pastilah pernah menjadi pelajar. Guru pernah berada di posisi sebagai murid. Seorang pemimpin besar bukan tidak mungkin pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi bawahan. Mereka yang saat ini berada di atas, di puncak. Tidaklah melewati semua dengan mudah. Mereka adalah orang-orang hebat yang berhasil melewati semua, segala rintangan dalam jalan yang membawa mereka menemukan keberhasilan. Sukses adalah hadiah dari kegigihan serta tekad mereka yang begitu kuat. Jangan lihat mereka yang sekarang. Tapi cobalah untuk melihat bagaimana mereka terdahulu.

Perjuangan serta pengorbanan yang telah mereka lalui tidak bisa dianggap remeh, apalagi enteng. Semua tidak pernah mudah, selalu ada rintangan di setiap langkah. Bahkan terkadang mereka harus mencari jalan yang baru. Belajarlah dari kegigihan serta ketangguhan mereka. Ketangguhan saat bangkit ketika terjatuh, kala memilih tetap melangkah di saat harus melewati jalan terjal. Saat memutuskan untuk tetap melangkah meski harus tertatih. Milikilah tekad kuat serta semangat membara seperti mereka. Tidak harus melewati jalan yang sama memang, tapi setidaknya contohlah mereka dalam berproses menjadi manusia hebat.

Meraih sukses memang tidak pernah mudah, tapi ketidakmudahan yang akan menimpa kita menjadi sebaik-baiknya manusia.

So, please. Jangan pernah ragu, apalagi sampai merasa tidak pantas untuk melangitkan mimpi. Lagipula kenapa juga kamu harus merasa tidak pantas untuk bermimpi? Hei, dengar. Siapapun kamu, tidak perduli dari mana asalmu, apa masa lalumu. Kamu tetaplah berhak untuk bermimpi. Kibarkan harapan, bermimpilah setinggi yang kamu mau. Tidak ada seorang pun yang berhak mengatakan hal buruk tentang mimpimu. Sebab tidak ada satu orang pun di dunia ini yang berhak menghalangimu.

"Keraguan adalah soal bagaimana kamu mengatasinya. Perkara bagaimana kamu bisa menangkal rasa takut dalam diri. Menapik gelisah serta khawatir yang belum tentu nyata. Jangan biarkan keraguan tinggal, sebab dia bisa menghancurkan mimpi-mimpimu. Keraguan adalah soal bagaimana kamu mengatasinya. Dia tidak datang untuk dibiarkan tinggal."

Saat kamu merasa ragu untuk mencoba, merasa tidak mungkin. Seakan melihat kegagalan di depan mata, meski sebenarnya mencoba saja kamu belum. Jangan biarkan dia tinggal, jangan beri dia kesempatan untuk mengacaukan semua. Kamu tidak mau jadi sia-sia, kan? Tidak mau mimpi-mimpimu hancur hanya karena kamu tidak bisa mengatasi keraguan? Maka atasi dia. Sebab keraguan adalah perihal bagaimana kamu dapat menanganinya.

Hei, listen to me. Bagaimana bisa kamu tahu akan berhasil atau tidak? Berpikir tidak akan bisa. Sedang mencoba saja kamu belum. Bagaimana bisa kamu berpikir akan bertemu kegagalan? Sedang melakukannya saja kamu tidak. Kamu tidak mau jadi bagian dari orang-orang payah yang menyerah tanpa pernah mencoba, kan? Lagipula untuk apa kamu ragu? Tidak ada yang perlu kamu ragukan apalagi takutkan. Sama sekali tidak ada. Sebab kamu adalah salah satu dari manusia hebat yang memiliki potensi luar biasa.

Ayo, kembangkan potensimu. Jangan buat dia jadi sia-sia. Tidak perlu ragu apalagi takut gagal. Gagal tidak masalah, gagal tidak lantas menjadikanmu payah. Gagal adalah salah satu bukti nyata ketangguhan. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah dia yang memilih mencoba? Sebab diam tidak pernah menjadikanmu apa-apa. Lagipula gagal bukan berarti kamu tidak bisa, bukan karena kamu tidak sanggup. Hanya saja jalan yang kamu tempuh sekarang ini mungkin bukan jalanmu. Gagal seharusnya menempamu menjadi pribadi luar biasa, gagal bukan alasan untuk menyerah. Gagal berarti kamu harus mencari jalan lain, temukan jalanmu, kemudian lakukan yang terbaik. Kamu tidak punya apa-apa sekarang? Kata siapa! Cobalah berbalik, tengok dirimu. Lihat potensi dalam dirimu. Bukankah itu sudah lebih cukup dari sekedar apa? Potensimu adalah modal utama. Tidak ada yang mendukung? Semua malah menatapmu dengan ragu? Menyepelekan? Tidak masalah. Justru ini adalah saatnya kamu membuktikan, buktikan pada dunia jika kamu mampu. Sebab kamu punya potensi. Maka sudah jadi tugasmu untuk berjuang. Ini adalah saatnya kamu berjuang. Melangkahlah, kejar mimpimu, gapai harapanmu. Jangan ragu, tidak perlu takut. Sebab tidak perduli siapa kamu, dari mana asalmu, apa latar belakangmu. Kita punya kesempatan yang sama. Kembangkan potensimu, tunjukan pada dunia bahwa kamu tidak terlahir sia-sia.

Catatlah, "Sukses adalah soal bagaimana kamu bisa menangkal keraguan dalam diri. Sebab terkadang sadar atau tidak keraguan adalah yang mengacaukan semua. Jangan biarkan dia tinggal."

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya