Sanggul menjadi tatanan rambut tradisional wajib yang seringkali digunakan dalam berbagai moment penting bagi seorang wanita khususnya yang berasal dari Jawa. Dengan adanya sanggul jawa modern memang memberikan angin segar bagi para remaja putri yang ingin mempertahankan jati dirinya sebagai anak Jawa tradisional tulen namun ingin tampil dengan gaya yang lebih modern. Sanggul sendiri memang sudah menjadi ciri khas bagi wanita jawa meski demikian seiring majunya teknologi tidak membuat keberadaan sanggul ini hilang. Jika dulu rambut yang digunakan untuk sanggul adalah rambut sendiri kini terdapat sanggul dari rambut palsu yang memungkinkan pemilik rambut pendek untuk tetap bisa menggunakan sanggul.Sanggul menjadi tatanan rambut tradisional wajib yang seringkali digunakan dalam berbagai moment penting bagi seorang wanita khususnya yang berasal dari Jawa. Dengan adanya sanggul jawa modern memang memberikan angin segar bagi para remaja putri yang ingin mempertahankan jati dirinya sebagai anak Jawa tradisional tulen namun ingin tampil dengan gaya yang lebih modern. Sanggul sendiri memang sudah menjadi ciri khas bagi wanita jawa meski demikian seiring majunya teknologi tidak membuat keberadaan sanggul ini hilang. Jika dulu rambut yang digunakan untuk sanggul adalah rambut sendiri kini terdapat sanggul dari rambut palsu yang memungkinkan pemilik rambut pendek untuk tetap bisa menggunakan sanggul.

Apa saja model sanggul modern yang bisa digunakan untuk acara-acara penting?

Advertisement

Hadir di acara penting khususnya yang masih bersifat kejawen sudah hal yang wajar jika penampilan pun harus terlihat lebih tradisional. Untuk para pria mungkin bisa memakai beskap lengkap dengan blangkonnya. Sementara untuk para wanita sudah pasti harus mengenakan pakaian adat lengkap dengan sanggulnya. Memang ada banyak tutorial sanggul modern yang bisa dijadikan contoh dalam membuat sanggul sendiri di rumah. Berikut beberapa model dari sanggul modern yang bisa Anda gunakan dalam berbagai acara penting:


  • Sanggul mini dengan tambahan hiasan bunga

Bagi Anda yang memiliki rambut pendek namun ingin tetap bersanggul saat menghadiri sebuah acara penting maka sanggul mini bisa menjadi solusi. Sanggul dengan model yang satu ini dibuat dengan cara yang cukup sederhana. Caranya adalah dengan mengikat rambut sedemikian rupa sehingga membentuk gulungan layaknya sanggul. Untuk mempermanis sanggul modern dengan model ini, Anda bisa menambahkan hiasan bunga di bagian sanggul. Selain sebagai hiasan, tambahan hiasan tersebut juga bisa pengaman sanggul karena adanya jepitan pada hiasan bunga.

Advertisement


  • Sanggul kepang layaknya artis luar negeri

Apakah Anda ingin tampil dengan sanggul yang memiliki model lain dari pada yang lain? jika iya, mungkin Anda harus menjajal model rambut sanggul kepang yang acap kali dipertontonkan artis-artis luar negeri yang menghadiri acara-acara formal seperti acara penghargaan. Meski akan terlihat sangat cantik dan tampak modern namun Anda tidak bisa membuat sanggul ini sendirian, Anda membutuhkan tangan ahli untuk membuat sanggul modern tersebut. sayangnya, tatanan sanggul modern ini hanya bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki rambut panjang.


  • Sanggul untuk putri kerajaan

Bagi Anda yang ingin tampil lebih modern dengan tetap mempertahankan gaya sanggul ala wanita Jawa tradisional, Anda bisa sedikit mengubah tatanan atau model sanggul menjadi lebih modern. Model sanggul yang dimaksud adalah model sanggul yang sering digunakan oleh putri-putri kerajaan. Tatanan sanggul yang satu ini biasanya digunakan oleh pengantin wanita pada hari resepsi pernikahannya. Dengan tambahan mahkota kecil di bagian sanggul pastinya akan membuat Anda tampil layaknya putri kerajaan namun masih memegang teguh prinsip wanita Jawa, yakni dengan tetap mengenakan sanggul.


  • Sanggul ala wanita Asia

Jenis sanggul yang ke empat yang bisa dicoba adalah sanggul ala wanita Asia. Model sanggul modern yang satu ini memang model yang cukup sulit khususnya untuk merapikan tatanan sanggul tersebut. Meski demikian, dengan menggunakan bantuan dari hairspray tatanan sanggul dan juga rambut akan terlihat lebih rapi dan dapat bertahan lebih lama. Walaupun Anda harus menempuh langkah yang sulit dalam proses pembentukan sanggul ala wanita Asia ini, namun hasil yang akan diperoleh akan sangat apik. Untuk mempercantik sanggul tersebut, Anda bisa menyisipkan hiasan bunga-bungaan pada sanggul.

Selain ke empat model sanggul di atas, ada juga model sanggul simpel yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari atau untuk menghadiri acara tertentu yang bersifat semi formal. Model tersebut yakni model sanggul simpel yang dibuat dengan cara menggulung rambut yang sebelumnya sudah diikat. Untuk mempermanis sanggul modern untuk wajah bulat tersebut Anda bisa menambahkan bando dengan warna yang tidak mencolok. Usahakan untuk mengenakan bando dengan warna yang senetral mungkin dan sesuai dengan pakaian yang sedang Anda kenakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya