Bagian penting dari kendaraan terutama roda dua yang masih dianggap sepele yakni oli mesin. Tak sedikit orang yang masih mengabaikan peran oli bagi mesin kendaraan. Padahal peran dan fungsi yang diberikan oleh oli bagi mesin sangat menjanjikan performa kendaraan saat melaju.

Fungsi dari oli tersebut yaitu agar mesin tidak cepat panas saat digunakan, sebagai pelumas sparepart agar mesin tidak mudah berkarat, sebagai pelicin gesekan yang ada di dalam mesin, dan sebagainya. Pemilihan oli mesin yang tepat juga akan berpengaruh bagi performa kendaraan, agar pegendara merasa nyaman saat menempuh perjalanan.

Advertisement

Lalu apa akibatnya jika kita tidak rutin mengganti oli mesin kendaraan? Pastinya akan merugikan kendaraan karena secara perlahan performa kendaraan akan menurun. Lebih spesifikya yakni sparepart yang ada di dalam mesin akan cepat aus dan kasar, knalpot akan mengeluarkan asap, mesin kendaraan akan berkarat karena air, boros BBM, gesekan dalam mesin akan menjadi kasar yang membuat kendaraan mengalami kerusakan parah, dan sebagainya.

Jadi mulai rutin mengganti oli mesin kendaraan akan memberi performa yang baik dan berkualitas bagi kendaraan serta memberikan rasa nyaman bagi pengendara yang akan menempuh perjalanan dengan sanak keluarga. Yang jelas, agar terhindar dari hal buruk yang membut performa kendaraan menurun, harus rutin mengganti oli mesin yang dianjurkan kurang lebih 3 bulan sekali dan cerdas memilih oli yang tepat bagi kendaraan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya