Panorama United Kingdom, Kota-kota Bersejarah Yang Akan Menghidupkanmu Kembali!

Mendengar kata United Kingdom, tentunya pikiran kita akan tertuju pada Inggris. Ya! Inggris memang salah satu negara bagian dari UK. Tetapi Inggris bukanlah satu-satunya negara yang mendiami UK. UK adalah singkatan dari The United Kingdom atau yang lebih populer dengan sebutan Kerajaan Britania Raya, adalah negara berdaulat yang terdiri dari empat negara kesatuan yaitu Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Advertisement

Di Britania ini, terdapat banyak sekali pemandangan memukau hasil alam dan karya tangan manusia, guys. Keindahan kotanya yang memukau dan kaya akan sejarah, akan memberimu pengetahuan dan pengalaman yang mengesankan. Mungkin kamu bertanya-bertanya, kenapa sih harus ke UK? Kan masih banyak negara lain. Kota-kota di Britania Raya ini tidak hanya memanjakanmu dengan kemegahan kotanya, tetapi juga akan memberimu wawasan yang lebih luas tentang bahasa, budaya, sejarah, pemerintahan dan tradisi masyarakatnya.

Jika kamu berniat untuk melancong ke UK, pastikan kota-kota ini masuk dalam bucked list mu, yaa! Untuk lebih jelasnya, Hipwee akan mengajak kamu berimanjiansi dengan pesona alam dan kilauan kotanya. Penasaran! Check it out!

London

Advertisement

Siapa sih yang nggak mengenal kota ini? London, sebagai ibukota Inggris sekaligus menjadi kota terbesar di Eropa, London adalah destinasi terfavorit wisatawan internasional di Britania. Bahkan di tahun 2017, kota ini dinobatkan sebagai destinasi wisata tebaik kedua di dunia lho, versi tripadvisor.com. Wow! Prestasi ini bisa kamu buktikan dengan menyelami pesona kota dengan nuansa eropa yang dihiasi bangunan-bangunan klasik.

Kemegahan kota London bisa kamu saksikan dengan mengunjungi tempat-tempat hits sekaligus ikon kota ini seperti Buckingham Palace, Tower of London, dan berpose di Big Ben. Menarik bukan!

London, London…

Ingin kukesana (The Changguter)

Sembari tenggelam dalam lautan sejarah dan pesona kota ini, kamu juga bisa mencicipi beragam budaya dikota ini. Mulai dari budaya minum teh, hangout bareng bus merah bahkan menikmati perjalanan malam dibeberapa tempat hiburan seperti club, pub, lounge, comedy bar, dan teater.

Edinburgh

Kota yang menjadi ibukota Skotlandia ini merupakan kota terbesar kedua di Skotlandia setelah Glasgow. Kota ini adalah salah satu destinasi wisata terpopuler yang berada di Britania. Beberapa landmark historis terkenal dikota ini adalah Old Town dengan arsitektur bergaya Medieval dan New Town dengan arsitektur bergaya Georgian. Pada tahun 1999, kedua kota ini, Old Town dan New Town menjadi salah satu World Heritage Site oleh UNESCO. Beberapa lokasi menarik yang berada di Edinburgh adalah Edinburgh Castle, Holyrood Palace, St. Giles Cathedral, Greyfriars, Krik dan Canongate.

Selain pariwisata, Edinburgh juga merupakan kota pendidikan yang memiliki salah satu Universitas tertua di UK, yaitu University of Edinburgh yang juga merupakan salah satu Univeristas terbaik di dunia. Tertarik kan?

Belfast

Destinasi wisata ketiga adalah Belfast. Kota yang menjadi ibukota Irlandia Utara ini merupakan kota terbesar di Irlandia Utara. Kota yang menjadi tempat asal kapal terkenal di duinia RMS Titanic juga menawarkan tempat-tempat yang memukau. Landmark kota Belfast adalah Titanic Belfast, Ulster Museum, Botanic Gardens, Grand Opera House, Belfast Castle dan SSE Arena.

Torquay​

Bagi kamu yang nggak menyukai musim dingin, tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota Torquay. Kota Torquay atau kota pantai merupakan satu-satunya kota di UK yang memiliki iklim hangat. Wah, langka banget yaa!

Di kota ini, kamu akan terlena dengan pemandangan laut dan kehangantan pantainya. Beberapa tempat terkenal terkenal di kota ini adalah Oddicombe, Babbacombe, Meadfoot, Maidencombe, Watcombe, Anstey’s Cove, dan Hollacombe. Bukan hanya pesona maritim, Torquay juga memiliki objek wisata unik yang sering dikunjugi traveller diantaranya Torre Abey, Babbacombe Model Village, Kents Cavern, Living Coast, Torquay Museum dan Torquay Theatre.

Oxford

Sebagai kota yang memiliki salah satu Univeritas tertua di dunia, Universitas Oxford, tidak heran kalau kota ini memiliki sejarah yang kaya dan beragam. Selain itu, kota ini juga menjadi destinasi wisata internasional lho. Kota yang dapat ditempuh selama 90 menit dari kota London akan merangkulmu dengan untaian pendidikan dan juga memanjakanmu dengan bangunan arsitektur kuno yang masih terlihat menawan. Kamu juga bisa menikmati pusat kota Oxfrod dari menara St. Mary the Virgin yang menyuguhkanmu dengan pemandangan indah berkelas dunia.

Bagi anda Potterhead (sebutan peggemar Harry Potter), kota ini layak anda kunjungi untuk menyaksikan beberapa scene Harry Potter yang diambil di kota ini. Hal unik lainnya yaitu keberadaan museum tertua di Inggris yang dibangun pada tahun 1983 yaitu Ashmolean Museum of Art and Archaeology. Keren kan?

Cambridge

Masih identik dengan nama sebuah kampus, kota Cambridge juga adalah salah satu kota terindah yang berada United Kingdom. Dihiasi warna-warni dedaunan pepohonan, kota ini juga dipenuhi bangunan-bangunan kuno yang asri yang membuat kota ini wajib kamu kunjungi. Di kota ini pula, terdapat lokasi romantis nan elegan yang akan membuatmu enggan untuk beranjak. Misalnya, hangout bareng pasangan menyusuri nuansa alami aliran sungai Cam menggunakan punt (perahu kayu tradisional Inggris), yang pasti membuatmu berdecak kagum dan tak henti-hentinya memuja Sang Pencipta.

Manchester

Kota yang dijuluki sebagai kota bonavit ini bukan hanya populer dengan klub sepak bolanya. Kota ini juga merupakan destinasi favorit internasional dengan nuansa perpaduan bangunan modern namun tetap merangkul aspek historisnya. Manchester adalah surga bagi shopaholic atau bargain hunter. Terdapat banyak sekali shopping center yang menawarkan produk-produk high class dengan harga yang bersahabat seperti fashion murah, trendy aksesoris, perawatan make up, barang elektronik dan masih banyak lagi.

Glasgow

Kota terbesar dan menjadi pelabuhan utama Skotlandia ini merupakan kota pusat pengetahuan, industri dan teknik. Kota ini juga populer dengan masyarakat yang sangat ramah dan akan menerimamu dengan sejuta senyuman. Landmark terkenal dikota ini adalah George Square.

Identik dengan sejuta senyuman, St. Mungo Museum of Religious Art and Life akan memberimu pemahaman dengan kehidupan yang penuh toleransi di kota ini.

Birmingham

Sebagai kota terbesar kedua di Inggris setelah London, Birmingham adalah kota modern yang juga menjadi salah satu kota pusat perdagangan. Kota yang menjadi destinasi favorit wisatawan internasional ini memiliki landmark dan tempat-tempat wisata yang mencengankan, seperti Birmingham Museum and Art Gallery, Birmingham Science Museum, dan masih banyak lagi. Kehadiran Bull Ring shopping center juga membuat kota ini menjadi magnet kunjungan masyarakat global dengan berkelana dalam pusat perbelanjaan bergaya modern ini.

Pastikan untuk mengunjungi kota-kota di United Kingdom ini yaa, agar kehidupanmu terhiasi dengan kekayaan budaya, sejarah dan pendidikannya!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya