Di zaman globalisasi saat ini teknologi semakin canggih dan semakin bagus. Teknologi adalah salah satu yang berkembang pesat dalam masyarakat ini, bahkan setiap hari teknologi mengalami perkembangan. Teknologi di zaman globalisasi ini telah memengaruhi masyarakat dan sekitarnya dengan banyak cara. Dalam beberapa kelompok masyarakat, teknologi telah banyak memiliki berbagai manfaat. Salah satu kemajuan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini adalah smartphone.

Smartphone adalah sebuah telepone genggam yang memiliki fitur atau kemampuan tingkat tinggi, sering kali dalam penggunaanya menyerupai komputer, sehingga banyak orang mengartikan smarphone sebagai komputer genggam yang memiliki fasilitas telephon.

Advertisement

Semua orang jelas membutuhkan Smartphone tak terkecuali bagi mahasiswa. Mahasiswa saat ini dituntut untuk selalu update mengenai berita apa yang terjadi. Agar tak ketinggalan berita, mahasiswa memanfaatkan kecanggihan Smartphone untuk mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Selain itu manfaat dari smartphone sangat banyak sekali untuk mahasiswa, diantaranya yang pertama memudahkan dalam mengakses informasi secara luas dan cepat, kedua memudahkan dalam berkomunikasi, terutama jika digunakan untuk membuat forum diskusi, dan yang ketiga dapat menambah wawasan pengetahuan pelajar karena mudahnya mencari informasi. Namun sayangnya, tak semua mahasiswa menggunakan smartphone dengan positif. Ada beberapa mahasiswa yang menyalahgunakan penggunaan Smartphone. Misalnya, mereka menggunakan smartphonenya untuk bermain game saat proses kuliah berlangsung dan digu Seharusnya hal tersebut tidak dilakukan oleh seorang mahasiswa yang sudah bisa berpikir dewasa.

Serta pengaruh negatif adanya smartphone adalah mahasiswa menjadi orang-orang yang malas belajar karena dengan adanya smartphone memudahkan mahasiswa mengakses internet sehingga mahasiswa melakukan plagiat. Selain itu pengaruh negatif smartphone adalah mengakibatkan kecurangan pada saat ujian. Mahasiswa yang membawa smartphone pada saat ujian dapat melakukan kecurangan seperti mencontek. Perilaku mahasiswa yang seperti ini sudah menggambarkan bahwa mahasiswa sudah terkena pengaruh negatif adanya smartphone. Mahasiswa menjadi ketergantungan dengan smartphone yang membuat mahasiswa malas untuk belajar. Akibatnya prestasi mahasiswa menjadi menurun.

Mahasiswa memang tak bisa lepas dari smartphone. Keduanya seperti memiliki keterikatan yang sangat erat. Kebutuhan akan informasi mengakibatkan timbulnya ketergantungan terhadap smartphone. Ketergantungan tersebut memang bisa dinilai positif dan negatif, tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Seharusnya mahasiswa lebih bisa memanfaatkan smartphone untuk hal yang bermanfaat. Semuanya kembali lagi kepada individu masing-masing, bagaimana kita dapat memanfaatkan smartphone secara baik dan benar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya