Semakin tingginya pengangguran di sebuah daerah tentu berakibat pada semakin meningkatnya kasus kriminalitas. Khusunya kasus kejahatan jalanan seperti pencopetan, perampokan, dan penjambretan.

Terlebih lagi di kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan. Tingkat kriminalitas jalanan semakin meningkat tiap tahunnya. Seperti yang terjadi baru-baru ini. Sebagaimana dilansir di halaman salah satu media nasional, sepasang suami istri dijambret di flyover Pasar Rebo, 22 Oktober 2016 malam hari.

Sepasang suami istri yang sedang beristirahat di flyover tersebut didatangi oleh dua orang yang tak dikenal. Alih-alih menanyakan tentang alamat, mereka berdua malah menyodorkan clurit ke pasangan suami istri tersebut. Karena sang suami mencoba melawan, pukulan senjata tajam pun melayang di bahunya.

Dari beberapa kasus kejahatan jalanan yang terjadi, tak sedikit sasaran utamanya adalah kaum wanita. Anggapan bahwa wanita adalah golongan yang lemah masih menjadi faktor utama bagi kelompok penjahat jalanan untuk menyasar mereka. Terlebih jika melakukan operasi di daerah sepi.

Nah, bagi anda para wanita yang tinggal di kota metropolitan dan sering pulang malam sendirian. Disini tim hipwee ingin berbagi tips untuk meminimalisasi terjadinya kejahatan jalanan terhadap anda.

Advertisement

1. Cobalah untuk membiasakan diri untuk tidak menggunakan headphone ketika anda sedang berjalan kaki, terlebih jika anda melewati jalan sepi. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga dan lebih awas terhadap lingkuangn sekitar.

2. Bawalah peluit. Peluit dapat mengantisipasi jika ada seseorang yang mencurigakan, apalagi terbukti akan melakukan tindakan kejahatan.

3. Bawalah sepatu lari dan kenakan saat pulang kerja. Sebab sepatu lari membuat anda lebih efektif untuk menghindari tindakan kriminal. Bisa dibayangkan kan ketika anda menggunakan high heels?

4. Para wanita juga perlu untuk mempelajari beladiri, apapun itu. Kalau perlu pelajari beladiri yang khusus untuk melawan tindakan kriminal.

Setidaknya jika anda para wanita mempraktikkan keempat hal tadi, bukan tidak mungkin anda dapat menjaga diri dan meminimalisasi tindakan kriminal yang terjadi.