Kalian merasa pernah mengalami sebuah pengulangan peristiwa atau kejadian? Atau mimpi yang jadi kenyataan? Inilah yang di sebut Deja Vu. Fenomena ini ternyata dialami oleh separuh lebih manusia di bumi ini. Ada yang mampu memanfaatkannya menjadi hal positif, tapi ada juga yang justru membuat kebingungan.

Inilah lima tipe Deja Vu yang mungkin pernah kalian alami:

Advertisement

1. Deja Vu

Deja Vu jenis ini yang paling umum terjadi yakni pengalaman pernah merasakan suatu kondisi yang sama sebelumnya dan yakin pernah terjadi di masa lampau dan berulang kali. Sering kali pada saat itu individu akan diikuti oleh perasaan takut, atau bahkan rasa nyaman yang kuat dan merasa aneh.

2. Deja Vecu

Advertisement

Pada tahapan Deja Vecu perasaan yang terjadi pada Deja Vecu seseorang akan merasa pernah berada dalam suatu kondisi sebelumnya dengan ingatan yang lebih detail bahkan pada tingkatan suara dan bau tertentu.

3. Deja Senti

Deja Senti adalah fenomena pernah merasakan sesuatu. Suatu saat kita pernah merasakan sesuatu dan berkata “Oh iya saya ingat!” atau “Oh iya saya tahu!” namu satu dua menit kemudian sadar bahwa sebenarnya anda tidak pernah berbicara apa pun.

4. Jamais Vu

Jamais Vu sebenarnya adalah kebalikan dari Deja Vu. Kalau Deja Vu dapat memunculkan ingatan akan hal-hal tertentu yang sebenarnya belum pernah dilakukan sebelumnya, Jamais Vu justru sebaliknya. Tipe Deja Vu semacam ini justru tiba-tiba kehilangan memorinya dalam mengingat sesuatu hal yang pernah terjadi dalam diri, hal ini biasannya terjadi karena kelelahan otak.

5. Deja Visite

Nama Deja Vu jenis ini sangat berkolerasi dengan lokasi atau tempat tertentu. Bisa jadi tempat itu pernah ia datangi sebelumnya atau merasa di lokasi yang sama di waktu yang berbeda.

Jadi Deja Vu tipe mana yang pernah kalian alami ?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya