Berbicara di depan orang banyak atau yang biasa disebut Public Speaking adalah suatu hal yang penting di era sekarang ini. Dan Public Speaking merupakan salah satu skill yang wajib di miliki setiap orang untuk membangun sebuah karir yang sukses. Sebuah penelitian membuktikan bahwa sebagian besar perusahaan menjadikan kemampuan public speaking masuk sebagai kriteria dalam menilai calon pelamar kerja di perusahaan.

Di masa sekarang, seorang yang cerdas dan mempunyai pengetahuan yang luas tanpa di imbangi dengan kempuan dalam public speaking bukanlah segalanya untuk mencapai sebuah kesuksesan, Karena Public speaking, kita dapat mengetahui ataupun mempengaruhi pola pikir seseorang dan kita dapat mengeluarkan ide-ide luar biasa yang kita ingin ungkapkan.

Advertisement

Apa itu Public Speaking? Menurut Webster’s Third New International Dictionary, tercantum pengertian Public Speaking adalah:


  1. The act of process of making speeches in public (proses memberikan pidato di depan public)

  2. The art of science of effective oral communication with an audience (seni dari ilmu berkomunikasi lisan yang efektif bersama para pendengarnya).

Menurut Ys. Gunadi dalam himpunan istilah Komunikasi: Public Speaking adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang seuatu hal atau topik di hadapan banyak orang. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi, mengubah opini, mengajar, mendidik, memberikan penjelasan serta meberikan informasi kepada masyarakat tertentu pada suatu tempat tertentu.

Advertisement

Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup bersikusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemapuan seseorang untuk dapt berbicara di depan public, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

Adapun tips yang tepat agar kamu mudah dalam menguasai public speaking adalah :


  1. Niat yang benar

  2. Memahami Audince

  3. Menjadikan Audience menjadi bintang

  4. Bergurau dengan audience

  5. Yakinlah anda seorang yang pakar

  6. Sering berlatih

  7. Memberi visualisai kesuksesan

  8. Berinteraksi dengan audience anda

  9. Senyum, Sapa, Sanjung (S3) kepada Audience

Nah, dari pemamparan pengertian public speaking diatas, tentu kita mengetahui bahwa sebuah teknik bicara sangatlah mempengaruhi pola pikir pada seseorang, oleh karena itu kita perlu dan butuh keterampila berbicara efektif secara khusus, berupa sikap dan teknik berbicara yang memumpuni agar kita bisa melakukan itu semua, baik dalam penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi, dan lain sebagainya

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya