Kota Pahlawan, sebutan itulah yang cocok bagi Kota Surabaya. Tentu jika Anda menyebut nama Surabaya, kebanyakan orang akan beranggapan pusatnya sajian kuliner yang menggugah selera. Ya, tepat sekali. Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang identic dengan sajian kuliner khasnya yang tradisional. Rujak cingur, lontong balap, tahu tek, serta rawon merupakan menu andalan khas yang sangat terkenal di nusantara. Namun, selain sajian menu di atas, Surabaya masih memiliki kudapan yang tak kalah enak, apa lagi kalu bukan sate kerang.

Sate kerang merupakan salah satu makanan khas dari kota pahlawan. Sate kerang sendiri bisanya menjadi menu tambahan yang cocok sebagau teman untuk menikmati lontong balap. Perpaduan antara rasa pedas dan manisnya ini membuat siapa saja yang melihat sate kerang ini tergugah untuk mencobanya.

Advertisement

Kenyalnya tekstur dari daging kerang tersebut saat berada di mulut seringkali menjadikan sensasi tersendiri saat menimati sate kerang. Perbedaan antara sate kerang dengan sate yang lainnya terlihat jelas dari cara pembuatannya. Karena daging kerang yang disajikan tidak dipanggang ataupun dibakar, melainkan hanya direbus kemudian disiram dengan bumbu kecap dan sambal yang pedas.

Meski demikian, pembuatan sate kerang rupanya harus melewati beberapa tahap. Langkah pertama adalah merendam daging kerang dengan buah kiwi selama 30 menit. Selanjunya setelah direbus, daging kerang yang sudah tampak coklat keemasan lalu ditusukan ke dalam tusuk sate, kemudian siap untuk disajikan bersama dengan lontong balapnya.

Penjual sate kerang di Surabaya sangat banyak, sehingga anda tidak akan kesulitan saat akan mencari penjual sate kerang. Jika anda tengah berunjung ke kota Surabaya, maka tak jarang di pinggir jalan anda menemukan banyak pedagang maupun warung penjual sate kerang. Harga yang ditawarkan untuk bisa menyantap sate kerang cukup terjagkau yakni berkisar antara Rp 10000 – Rp 15.000 . Tentu menikmati sate kerang akan lebih lengkap jika dipadukan dengan sajian lontong balap. Tentu menggugah selera bukan, apakah Anda ingin mencobanya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya