Dunia teknologi semakin hari semakin menampilkan berbagai kemajuan yang begitu pesat, entah disadari atau tidak. Hal ini membuat sebagaian orang semakin merasa tertantang untuk ikut berjelajah dalam dunia maya. Hal ini pula yang membuat sebagian anak muda tertarik untuk menekuni dunia ini, dengan mengambil jurusan kuliah Sistem Informasi. Mungkin bagi sebagian orang, jurusan ini terdengar aneh, sehingga tidak mengheraankan jika terdengar beberapa pertanyaan sebagai berikut :


"Sistem Informasi itu diajari jadi jurnalis itu ya ? Kan ada informasi nya"

Advertisement

"Oh itu jurusan TI (Teknologi Informatika), berarti diajari nge-hack situs juga ?"

"Berarti kamu bisa memperbaiki Handphone juga ?"

"Wah, kebetulan nih laptopku rusak, bisakan bantu memperbaiki ?"


Advertisement

Kurang lebih begitulah pertanyaan yang sering terlontar. Namun, sebenarnya apa sih yang dipelejari anak SI ini ? Let's check this out !

1. Jurusan Sistem Informasi bukan jurusan Tukang Service IT

Iyup ! Pada jurusan ini kita bukan diajarkan mengenai cara memperbaiki device atau peralatan IT yang kalian punya. Di sini kita akan diajarkan bagaimana menjadi seorang Analis Sistem. Loh, kok kayak ilmuwan sih ? Analis yang dimaksud disini adalah pemahaman mengenai suatu program karena di jurusan ini kita lebih ditekankan untuk kemampuan pembuatan software daripada hardware. Itu artinya seorang analis harus pandai dalam memahami sistem suatu program sehingga mampu membuat program untuk suatu keperluan tertentu.

Jadi, sepertinya kurang tepat saja ya guys jika kalian ingin memperbaiki peralatan IT kalian dan berkunjung kesini. Karena biasanya mereka yang mengambil jurusan ini tidak terlalu memperhatikan mengenai hardware (kalau cuma basicnya mungkin bisa ya hehe…) sehingga beberapa dari mereka akan kebingungan jika diminta membenahi gadget dan sejenisnya. Namun jika kalian mengalami masalah dengan program laptop, software atau hal-hal lain yang masih ada kaitannya dengan hal tersebut, kami siap membantu :)

2. Bantu hack sosial media temanku, dong !

Beberapa orang berpikir bahwa berada di jurusan ini kita akan diajari untuk "membobol" akun sosial media seseorang. Well, pemahaman seperti itu cukup menjerumuskan beberapa orang pada pemahaman yang salah. Selama mengambil pendidikan ini, tentunya bukan hacking yang diajarkan pada kita karena di jurusan ini pun, kita juga diajarkan Etika Profesi dan salah satu hal yang diperlajari adalah tidak diperbolehkannya memanfaatkan atau mengambil manfaat menggunakan ilmu teknologi yang diperoleh untuk keperluan yang buruk atau bagi kepentingan tertentu.

Jadi, kalau diminta untuk hacking akun sosmed teman, mantan, pacar bahkan guru sekalipun, mungkin akan dilihat dulu keperluannya. Kalau memang ada keperluan mendesak, bisa dibantu (tetap mengikuti aturan Etika Profesi). Namun, kalau hanya untuk "menyenangkan hati", jangan ya hehe..

3. Emang nggak bosen belajar di depan laptop terus?

Eiitss! Jangan salah paham dulu, guys. Memang kita mempelajari seputar dunia informasi dan teknologi. Namun bukan berarti dunia yang dipelajari hanya itu saja. Sistem Informasi juga mengajarkan kita mengenai Manajemen, Leadership, Organisasi, Pelayanan IT, dan masih banyak lagi. Loh, ini jurusan Sistem Informasi apa Manajemen Bisnis sih ?

Sistem Informasi tidak hanya mengajarkan kita bagaiaman membuat suatu program agar dapat digunakan, namun di sini juga diajarkan bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Lebih mudah jika diilustrasikan seperti adanya suatu perusahaan baru yang bergerak dalam bidang jasa. Perusahaan ini tentunya menggunakan teknologi sistem di dalamnya. Sebelum perusahaan tersebut mulai beroperasi, dibutuhkanlah seorang Analis Sistem yang kerjanya untuk menganalisis proses apa saja yang dijalankan perusahaan. Nantinya, analis ini akan mengamati dan mempelajari bagaimana cara orang mengetahui suatu perusahaan, bagaimana menerima customer baru, hingga bagaimana jasa tersebut disalurkan. Ilmu seperti ini menggunakan Sistem Manajemen. Sehingga, kuliah pada jurusan ini terasa lengkap sudah. Belajar teknologinya, belajar manajerialnya, hingga berlajar ilmu komunikasinya.

4. Berarti nanti kerjanya di counter HP atau jadi tukang service laptop gitu ya ?

Hmm, untuk pekerjaan, jurusan ini menyediakan lapangan kerja yang luas. Tidak terbatas hanya di perkantoran atau tergabung dengan organisasi. Namun, kita juga bisa juga bekerja personal. Tergantung bidang apa yang ingin ditekuni. Banyak lulusan Sistem Informasi yang berkarir solo. Mereka membuka lapangan pekerjaan sendiri dan menggaji dirinya sendiri tentunya, hehe…

Namun, jika memilih menjadi karyawan kantoran juga bisa. Bisa jadi analis sistem, bisa jadi karyawan Divisi IT, dan banyak lagi tentunya. Jadi, jangan berpikiran bahwa jurusan ini hanya akan mencetak Tukang Service . Tetapi lebih banyak lagi lapangan kerja yang bisa didapat karena ilmu yang dipelajari pun akan terus berkembang dan tidak habis dimakan masa.

Sekian dari saya. Sekedar sharing untuk kawan-kawan mengenai pengalaman pribadi yang saya punya. Jika ada kata yang kurang berkenan, saya siap menerima kritik dan saran. Terima kasih sudah menyempatkan membaca. Ditunggu ya artikel selanjutnya !

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya