Masa yang paling jauh dari manusia ialah sebutan yang bisa di alamatkan untuk masa lalu. Sebutan ini di karenakan masa lalu tidak dapat di raih dan dirasakan oleh siapa pun kembali. Apabila masa itu telah berlalu, maka kesempatan dan harapan yang tersedia di masa itu akan sirna tanpa terulang kembali.

Namun, setiap orang pastilah memiliki suatu kenangan dengan masa lalu. Baik itu positif ataupun negatif kenangan. Kemudian, tak jarang orang-orang susah untuk berdamai dengan masa lalu meski pun mereka sudah hidup di masa sekarang dan terbebas dari masa tersebut. Hal ini tak lain dikarenakan adanya suatu trauma atau pun suatu kenangan buruk yang membuat mereka sulit dan enggan untuk berdamai dengan masa lalu.

Kenapa selalu sulit dan enggan untuk berdamai? Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya ada di dalam diri kita masing-masing. Seberapa buruk masa lalu tersebut, namun jika kita berusaha membuka diri, mencoba berpikir lebih luas dan lebih memikirkan dari keuntungan yang akan diperoleh, maka berdamai adalah jalan yang paling efektif.

Selanjutnya, memilih berdamai dengan masa lalu merupakan hal yang sangatlah positif. Semua orang bisa memulainya mulai sekarang juga untuk membuat hidup menjadi lebih tenang tanpa adanya beban dari masa lalu yang belum selesai. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang dapat kita lakukan untuk memulai berdamai dengan masa lalu kita.


  • Niat berdamai

Advertisement

Melalui sebuah niat, sebuah langkah pastilah akan semakin sempurna. Oleh karena itu, marilah perkuat niat masing-masing untuk menuju damai dari masa lalu yang sudah lama kita tinggalkan.


  • Memaafkan untuk berdamai

Tidak semua orang memiliki hati yang lapang dimana mereka dapat memaafkan sebuah kesalahan di masa lalu. Namun, sebagai orang yang hidup di masa yang terpelajar seperti saat ini, memaafkan akan menjadi pilihan yang sangat bijak bagi kedua belah pihak yang memiliki masalah.


  • Memulai berdamai

Tahap selanjutnya adalah memulai berdamai dimana di titik ini kita sudah memantapkan hati dan niat serta sudah berusaha untuk memaafkan. Di sini akan terasa sangat sulit dan berat, namun semuanya akan ringan dan baik-baik saja jika kita sudah memulainya dengan di kelilingi rasa ikhlas.


  • Mencoba hidup normal dengan berdamai

Canggung dan sungkan adalah jawaban jika poin terakhir ini akan kita jalankan untuk berdamai dengan masa lalu. Namun disetiap perjalanan hidup, mencoba adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap individu apa pun keadaannya. Seberapa berat cobaan untuk memulai hidup normal, mencoba membangun cerita kembali dengan masa lalu adalah pilihan paling masuk akal dan dewasa daripada memutuskan silaturahmi.

Semoga beberapa tahapan diatas dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi orang yang hidup lebih berpandangan luas dan profesional dengan memulai berdamai dengan masa lalu yang kurang bersahabat.