Pentingnya menjaga sistem imun pada tubuh, sehingga kita harus tahu. Saat tubuh memberikan tanda bahwa sistem imun sedang melemah. Apalagi dengan jenis penyakit menular yang berbahaya seperti Tuberkulosis membutuhkan sistem imun yang kuat dan hidup sehat, agar tidak mudah tertular.

Berikut adalah tanda bahwa sistem imun kamu sedang membuthkan recharge:

1. Dehidrasi

Tidak cukup minum, akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih rentan terserang dehidrasi. Padahal tubuh memerlukan cukup cairan untuk membuang racun-racun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Selain itu, air juga sangat di perlukan untuk mengatur suhu tubuh dan membantu peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Cukupilah kebutuhan minum anda minimal 2 liter perhari agar daya tahan tubuh tetap stabil.

2. Sering merasa tidak enak badan

Advertisement

Menurunnya daya tahan tubuh akan menyebabkan tubuh terasa berat dan terasa tidak enak. Hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor kelelahan. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu mengurangi rasa tidak enak dalam tubuh.

3. Tubuh terasa lemas

Ketika daya tahan sedang menurun, maka tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah walaupun sebenarnya anda sudah istirahat yang cukup.

4. Mudah terserang penyakit

Ciri-ciri daya tahan tubuh menurun lainnya adalah mudah terserang penyakit. Penyakit seperti flu, demam, herpes dan beberapa jenis penyakit lainnya sangat mudah menyerang tubuh yang sistem imunnya sedang menurun. Karena daya tahan menurun, kekuatan imun menjadi melemah, sehingga mikroorganisme penyebab penyakit akan lebih mudah menyerang. Terlebih lagi di musim penghujan, penyakit flu lebih mudah untuk menyerang.

5. Kurang fokus dan tidak kosentrasi

Daya tahan tubuh yang menurun akan membuat anda tidak fokus dan kosentrasi dalam berpikir. Hal ini disebabkan karena tubuh merasa sangat lemah dan lesu. Biasanya penurunan sistem imun yang disebabkan oleh stres juga dapat memicu sulitnya berkonsentrasi. Ada baiknya jika anda selalu menjaga kekebalan tubuh dengan melakukan berbagai pola hidup sehat. Olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat dan mengurangi stres adalah hal yang dapat anda lakukan agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Beberapa ciri di atas adalah peringatan agar anda dapat selalu menjaga kesehatan sehingga tidak mudah terserang penyakit.