Punya teman yang pelit kata, susah ditebak, penyendiri? Eits, jangan dicap sok jual mahal dulu ya, atau kuper (kurang pergaulan)! Barangkali dia termasuk pemiliki kecerdasan intrapersonal yang menonjol di antara kecerdasan lainnya.

Apa sih, kecerdasan intrapersonal itu? Menurut Howard Gardner, kecerdasan seseorang meliputi unsur-unsur kecerdasan matematika logika, kecerdasan bahasa, kecerdasan musikal, kecerdasan visual spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Sedangkan kecerdasan intrapersonal diartikan sebagai kecerdasan yang terletak pada diri sendiri, bagaimana kemampuan dalam memahami diri sendiri, kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, motivasi, batasan dalam diri, serta arah dan tujuan hidup yang di jalaninya.

Berikut ciri-ciri pribadi yang memiliki kecerdasan intrapersonal diantaranya :

Si pembuat rencana jangka panjang.

Tak hanya jangka pendek saja, bahkan pribadi intrapersonal sudah memiliki rencana masa depan terperinci, mau jadi apakah dia nanti, bekerja di mana, kuliah di mana, tahun berapa akan menikah, rencana jalan-jalan keliling dunia, dan kegiatan-kegiatan lain yang telah disusun dengan penuh perencanaan.

Advertisement

Memiliki tekad kuat

Mau coba-coba menghasut si pribadi intrapersonal? Maaf, nggak akan mempan, ya! Karena mereka memiliki prinsip serta keyakinan yang kuat, sehingga tak akan mudah tergoyahkan dan terhasut oleh hal-hal negatif yang dengan mudah ingin menghancurkan kekuatan hatinya.

Motivator ulung

Pribadi yang memiliki kecerdasan ini merupakan seorang motivator hebat yang mampu membangkitkan semangat serta ambisinya. Karena mereka juga merupakan pribadi yang suka mengintropeksi diri ketika melakukan kesalahan-kesalahan dan kemudian dijadikan pelajaran untuk tidak mengulanginya lagi. Terkadang pribadi ini juga bisa dengan mudah jatuh atau down, tapi itu tidak akan bertahan lama, karena mereka akan dengan cepat pula mengumpulkan kekuatan untuk bangkit berdiri lagi.

Si mandiri yang tangguh

Karena mereka sudah terbiasa melakukan segala macam pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain, sudah dipastikan mereka adalah pribadi yang mandiri dan tangguh.

Sepi adalah bagian dari diri mereka

Bukan berarti kesepian, ya. Si pemilik kecerdasan intrapersonal ini tidak menyukai keramaian. Sepi merupakan suasana yang paling mendukung untuk mereka bisa kembali mengingat kejadian yang telah dilalui untuk kemudian dievaluasi oleh mereka. Otak mereka tidak akan pernah kosong, selalu penuh dengan pertanyaan-pertanyaan seputar kepribadian diri atau tujuan hidup mereka. "siapa aku ini?" "untuk apa aku lahir ke dunia?" "apa makna dari hidup ini?" "mau jadi apa aku kelak?" Tak hanya pandai dalam menguasai emosi yang ada pada dirinya, tapi mereka juga mampu memahami situasi yang ada di sekelilingnya. Bisa dibilang mereka memiliki rasa empati yang tinggi.

Si penulis cerita hidup

Salah satu ciri dari pribadi intrapersonal adalah, mereka sangat gemar menulis diari atau catatan-catatan seputar kehidupannya, apa yang dia rasakan, pengalaman apa yang ia dapat tadi pagi, dan sebagainya. Itulah beberapa ciri tentang si pribadi pemilik kecerdasan intrapersonal. Apabila kecerdasan tersebut dikembangkan dengan baik, mereka akan mampu berinteraksi baik pula pada lingkungan sosialnya, mampu menempatkan diri tanpa terpengaruh dengan hal-hal buruk yang akan merusak mereka. Dan, profesi yang paling cocok untuk mewakili kecerdasan mereka adalah menjadi seorang penulis, motivator, psikolog, guru, penasihat dan konseling yang hebat!

Itulah dia orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal. Pribadi yang unik ini membuat orang geleng-geleng kepala karena sikap diamnya, tapi tak disangka ia juga memiliki kelebihan patut diperhitungkan dalam kehidupannya.