Alami Gangguan Pita Suara, Judika Diminta Dokter untuk Berhenti Nyanyi Dulu

Bagi penyanyi, suara adalah salah satu aset utama yang harus dijaga agar selalu menyuguhkan performa terbaik di panggung. Namun, ada kalanya kondisi tertentu membuat kualitas suara sang penyanyi menurun.

Advertisement

Seperti yang tengah dialami oleh Judika. Pita suara pelantun Jikalau Kau Cinta ini sedang kurang baik lantaran terlalu sering dipakai menyanyikan nada tinggi saat bernyanyi. Alhasil, dokter pun meminta Judika untuk istirahat bernyanyi dulu agar pita suaranya nggak rusak.

Judika disarankan istirahat bernyanyi sejenak untuk mengembalikan performa suaranya

Judika disarankan istirahat bernyanyi

Judika disarankan istirahat bernyanyi | Credit: Instagram @jud1ka

Kabar kurang mengenakkan datang dari penyanyi Judika. Ia diminta oleh dokter untuk nggak bernyanyi dulu sementara waktu lantaran pita suaranya sedang dalam kondisi kurang prima. Kondisi pita suara tersebut tak memungkinkan Judika untuk bernyanyi.

“Mereka, dokter saranin bukan obat lagi, tapi memang harus benar-benar berhenti nyanyi. Dulu Mas Ari itu hampir setahun kalau nggak salah, karena dia punya ada satu daging yang mengganggu, pita suaranya nggak bisa dikontrol,” jelas Judika dikutip dari Detik.com (3/11).

Advertisement

Sebelumnya, Judika memang sempat mencoba beragam cara untuk memulihkan pita suaranya, salah satunya yaitu meminum obat-obatan herbal. Namun, pita suaranya tak kunjung pulih dan dokter pun menyarankan ada baiknya untuk Judika mengistirahatkan pita suaranya sementara waktu. Sebab, jika terus dipaksa untuk bernyanyi, dokter khawatir pita suara Judika rusak.

Judika sering menggunakan nada-nada tinggi saat bernyanyi dan berujung over use pita suara

Over use nada tinggi

Over use nada tinggi | Credit: Instagram @jud1ka

Dua bulan terakhir, Judika mengaku aktivitas bernyanyinya semakin nggak nyaman. Hal itu bermula dari padatnya jadwal manggung Judika di berbagai tempat. Sehingga, itu membuat kondisi fisiknya kurang fit dan pada akhirnya menurunkan kualitas vokal Judika.

Advertisement

“Karena gimana pun aku nyanyi dua bulan terakhir ini dengan kondisi yang sangat tidak enak. Kemarin aku nyanyi kondisinya sempat 40 derajat demamnya, jadi aku nyanyi tuh dalam demam tinggi,” lanjutnya.

Di tengah kondisinya itu, Judika mengaku tetap ingin menampilkan yang terbaik dan nggak ingin mengecewakan pihak yang sudah mengundangnya. Alhasil, Judika tetap menyanyikan lagu-lagunya dengan nada asli yang tinggi sebagaimana ciri khas lagu dari seorang Judika.

“Hampir sebulan nggak berhenti nyanyinya dengan lagu-laguku yang nggak ada yang gampang, nada-nada semuanya tinggi, nada-nada yang identitasnya harus Judika,” tambahnya.

Namun, justru itulah yang mengakibatkan pita suara Judika bermasalah lantaran terlalu banyak dipakai untuk menyanyikan nada-nada tinggi. Bahkan, ia mengaku merasa sakit di bagian pita suara itu saat bernyanyi di nada tinggi.

“Kalau ini khusus dengan over use saja jadi vocal use aku ini kalau dipaksain terus nanti bakal rusak. Jadi nggak tahu separah apa tapi aku merasakan itu sangat sakit ketika nyanyi di nada tinggi. Itu aku sudah sedikit tidak menikmati jadi memang harus vocal rest dulu,” jelasnya.

Judika akan istirahat bernyanyi selama enam minggu

Istirahat bernyanyi 6 minggu

Istirahat bernyanyi 6 minggu | Credit: Instagram @jud1ka

Dokter menyarankan Judika untuk istirahat sekitar enam pekan demi menyembuhkan pita suaranya. Pemulihan ini penting banget untuk dilakukan agar tahun depan bisa kembali bernyanyi lagi dengan kondisi suara prima. Apalagi, kata Judika, tahun depan ia sudah menjadwalkan sejumlah pekerjaan yang nggak bisa ditunda lagi pengerjaannya.

“Aku paling cuma waktu dari tanggal 18 berarti. Jadi kita enam mingguan. Karena tahun depan kami sudah punya jadwal-jadwal yang nggak bisa distop. Penginnya istirahat kan, tapi efek pandemi kemarin kan banyak wedding tertunda. Jadinya ya akhirnya di tahun depan itu banyak lagi,” pungkasnya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE