Alami Sesak Napas Sejam Sebelum Manggung, Chua Kotak Dilarikan ke IGD

Kondisi kesehatan sangat berpengaruh bagi performa semua orang, tidak terkecuali bagi seorang artis. Namun, kondisi kesehatan yang menurun kerapkali dialami penyanyi, bahkan menjelang penampilannya di atas panggung. Banyak faktor yang melatarbelakangi turunnya kondisi kesehatan mereka, salah satunya disebabkan oleh kelelahan akibat jadwal manggung yang cukup padat. Hal ini pula yang dialami oleh Chua Kotak.

Advertisement

Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan unggahan Instagram Tantri Kotak pada Sabtu (4/03). Dari video singkat yang dibagikan Tantri, terlihat kondisi pemain bass grup band Kotak itu menurun. Melihat kondisi Chua yang tidak memungkinkan, Tantri bersama tim Kotak lainnya segera melarikan Chua ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapatkan pertolongan medis.

ADVERTISEMENT

Kronologi Chua Kotak dilarikan ke IGD satu jam sebelum manggung di Surabaya

Chua Kotak dilarikan ke IGD sebelum manggung

Chua Kotak dilarikan ke IGD satu jam sebelum manggung karena kondisi tubuh menurun / Credit: Photo by @tantrisyalindiri on Instagram

Pemain bass grup band Kotak Chua, baru-baru ini dilarikan ke IGD di salah satu rumah sakit di Kota Surabaya. Pemilik nama lengkap Swasti Sabdastantri itu dibawa ke IGD karena diketahui mengalami sesak napas satu jam sebelum jadwal manggung. Peristiwa itu dibagikan melalui Instagram Tantri Kotak pada Sabtu (4/03).

“Ribuan panggung sudah terlewati, beribu macam cerita juga sudah dihadapi, yang ditakuti adalah kesehatan kami, kadang bisa muncul lelah karena manusiawi,” tulis Tantri Kotak pada unggahan Instagramnya.

Advertisement

Melalui unggahan Instagramnya, Tantri menceritakan bahwa satu jam sebelum tampil di panggung Chua mendadak sesak napas dan semua orang mendadak panik.

“Hari ini manggung di Surabaya, sejam sebelum berangkat ke venue harus mampir ke IGD dulu untuk antar @chuakotak karena sesak napas, panik banget rasanya!” Tulis Tantri Kotak pada unggahannya.

Advertisement

Dalam video singkat yang dibagikan Tantri Kotak terlihat kondisi Chua Kotak yang tidak kunjung membaik, akhirnya diputuskan untuk membawa Chua ke IGD terdekat untuk memperoleh penanganan medis.

Sesampainya di IGD, Chua segera mendapatkan penanganan berupa pemasangan oksigen di hidung dan infus di tangan kirinya. Tantri dan salah seorang tim yang juga turut ikut menemani Chua di IGD tampak memijat-mijat telapak kaki Chua sembari sesekali melempar candaan.

Setelah cairan infus habis dan kondisi sudah lebih membaik, Chua Kotak diperbolehkan ikut manggung. Namun, dokter memberi satu syarat yakni selama manggung, Chua dilarang loncat-loncat sebagaimana sering dilakukan anggota band kebanyakan.

Meski demikian, sesaat sebelum naik ke atas panggung, Chua terlihat masih mengenakan masker oksigen ditemani oleh seorang ahli medis. Demi profesionalitas, Chua bersama personil band Kotak lainnya memberikan penampilan yang terbaik.

Tantri juga menambahkan dirinya bersama tim Kotak lainnya sempat khawatir dan mempersiapkan sejumlah skenario terburuk apabila kondisi Chua kembali menurun.

“Di atas panggung otak kebagi antara menghibur tapi takut tiba-tiba basis gue pingsan, udah wanti-wanti siapin bangku, sama terburuknya digantiin sebentar sama crew basis. Alhamdulillah Machu hebat!!” Tulis Tantri Kotak lagi.

Namun, hingga akhir pertunjukan, Chua berhasil memberikan yang terbaik dan menghibur para penggemar yang datang ke konser Kotak di Kota Surabaya.

“She did it!! Machu keren!! Temukan jalan tuk berjuang apapun aral rintangan!! Get well soon MACHU,” imbuh Tantri.

ADVERTISEMENT

Khawatir para penggemar mencemaskan kondisinya, Chua Kotak berikan tanggapan melalui unggah Instagram

Chua Kotak

Kondisi Chua Kotak saat ini sudah berangsur membaik / Credit: Photo by @tantrisyalindri on Instagram

Meski sempat dirawat di IGD sebelum manggung, kondisi Chua Kotak tampak telah berangsur membaik. Melalui unggahan di Instagramnya pada Sabtu (4/03), Chua Kotak menjelaskan bahwa dirinya mengalami kecapekan yang menyebabkan sulit bernafas atau dikenal dengan istilah bengek. Saat ini, Chua mengaku dirinya masih dalam kondisi pemulihan.

“Iyaa.. Im not ok kemarin dan sekarang lagi pemulihan. Kecapekan berakibat bengek ya,” tulis Chua Kotak dalam unggahan Instagramnya.

Chua Kotak juga mengatakan dirinya sudah membaik pasca dilarikan ke IGD dan menceritakan kronologi singkat dirinya sampai harus ditangani tenaga medis.

“Alhamdulillah udah baikan, kemarin pas di Surabaya sejam sebelum manggung langsung ke IGD, di infus vitamin dll. Terus di-nebu, semua dicek, sekarang udah getting better,” jelas Chua lagi.

Tak lupa, Chua Kotak juga mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan yang telah diberikan para penggemar untuk dirinya serta meminta maaf karena tidak bisa membalas satu persatu komentar yang masuk.

“Alhamdulillah banyak sekali doa doa masuk dan support dari kalian semua. Terima kasih banyak yaa, maaf nggak bisa balas satu-satu komen kalian, but it means a lot,” imbuh Chua Kota.

Semoga Chua segera pulih dan dapat beraktivitas seperti sebelumnya ya, SoHip. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan istirahat yang teratur, SoHip.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE