Claire Udah Diberi MPASI Sebelum Usia 5 Bulan, Shandy Aulia Bantah sang Anak Kurang Gizi

Anak Shandy Aulia MPASI

Sejak resmi menyandang status sebagai ibu pada 12 Februari lalu, artis Shandy Aulia selalu membagikan aktivitas dan perkembangan sang bayi melalui akun Instagramnya. Bagi Shandy, setiap perkembangan Claire Herbowo sangat berarti baginya dan menjadi momen penting yang nggak ingin dilewatkan. Tak terasa, sang anak kini udah berusia 5 bulan saja.

Advertisement

Namun baru-baru ini, unggahan Shandy terkait Claire menuai kritikan publik terutama ibu-ibu. Pasalnya, Shandy udah memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sejak Claire berusia 4 bulan. Momen Claire pertama mencicipi MPASI-nya tersebut diabadikan Shandy melalui sebuah vlog di channel YouTube-nya.

Baru-baru ini Shandy mengunggah konten di channel YouTube-nya tentang sang buah hati yang udah MPASI di usia 4 bulan. Namun warganet mengkritik keputusannya tersebut

View this post on Instagram

Hiiiii seluruh Ibu-ibu terbaik Indonesia 😊 Terima kasih untuk setiap perhatian dan pendapat apapun itu mengenai keputusan saya MPASI anak saya @missclaireherbowo untuk memberikan MPASI pada usia 4 bulan mendekati 5 bulan pada 12 July ini. Sebagai ibu jelas saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, terbaik untuk saya bukan artinya terbaik untuk semua ibu-ibu di Indonesia ini, jadi PERASAAN TERBAIK itu kembali lagi pada setiap pribadi dan cara kita memandangnya😊 Sebelum saya memberikan MPASI saat usia Claire belum 6 bulan tentunya bukan keputusan iseng ataupun tanpa dasar konsultasi pada Dokter yang sudah berpengalaman, tidak hanya pengalaman pada teori saja tapi juga jangka jam terbang dokter yang sudah bisa saya percayakan😊 Pemberian MPASI pada @missclaireherbowo bukan karena kurang berat badan ataupun kurang gizi / stuning. Kondisi Claire untuk berat badan dalam kondisi BAIK dan SEHAT. Bila menurut Ibu-Ibu Indonesia anak sehat itu ciri utamanya HARUS MONTOK harus seperti Roti sobek dan pipi yang cubby baru bisa ada rasa nyaman dan tenang pada si ibu dan bayi silakan saja😊 tapi untuk Claire saya nyaman dan tenang dengan berat anak saya sekarang ini😊 karena cara pandang saya BAYI SEHAT tidak harus dengan tampak BOBOT yang MONTOK dan GENDUT😊 APA ITU BAYI KURANG GIZI ? Pertumbuhan bayi tidak berjalan seperti yang seharusnya, berat badan bayi tidak bertambah Bayi mengalami perubahan perilaku, seperti merasa gelisah dan sering rewel Mudah merasa lelah dan tidak aktif karena persediaan energi kurang optimal ketimbang bayi seusianya. Dan untuk @missclaireherbowo tidak ada satupun ciri-ciri bayi kurang gizi😊 Bila Claire lebih mungil dan tidak MONTOK seperti bayi Ibu-ibu pada umum lainnya bukan berarti anak saya KURANG GIZI 😊 Kalau ada pemikiran BAYI di nilai harus MONTOK baru terlihat bergizi silakan saja, semua memiliki cara PANDANG berbeda-beda. Tapi untuk Claire saya sudah mengucap syukur dan nyaman dengan pertumbuhan anak saya yang SEHAT. Saya tidak menekan diri saya dan anak saya untuk HARUS TARGET MONTOK 😊 Karena bagi saya yang terpenting pertumbuhan anak saya SEHAT dan NORMAL 😊 . . Note ( penjelasan lanjut pada postingan selanjutnya )

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Beberapa hari lalu, Shnady mengunggah konten tentang Claire yang udah diberikan MPASI meski baru berusia 4 bulan. Biasanya, MPASI diberikan kepada bayi yang berusia 6 bulan. Sebenarnya Shandy udah menceritakan perjalanan MPASI Claire melalui vlog-nya di YouTube. Namun sayang, masih banyak warganet yang mengkritiknya karena menganggap sang ibu terlalu cepat memberikan Claire MPASI. Bahkan ada mengatakan kalau alasan Shandy memberikan MPASI di usia dini karena sang anak kurang gizi. Membaca komentar tersebut tentu saja Shandy membantah dan akhirnya memberikan klarifikasi di akun Instagramnya.

Advertisement

Tekankan kalau pilihannya udah melalui konsultasi dokter ahli, Shandy membantah kalau anaknya kurang gizi

View this post on Instagram

Pentanyaannya mengapa Claire MPASI sebelum usia 6 bulan? seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saya sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anak ( Dr. Eric Gultom Sp A.(K) dan dengan Dokter Gizi @dr.sam_oetoro ) perihal MPASI pada claire saat ini, jadi bukan hanya keputusan SOK TAU saya😊 saya percaya kepada beliau-beliau ini karena bukan dokter kemarin sore yang asal memberikan penjelasan pada setiap pasiennya tanpa penjelasan yang akurat😊 pada akhirnya kitalah sebagai orangtua yang menentukan mana pilihan yang terbaik untuk anak kita. Setiap Ibu memiliki keyakinan INSTING dan pilihan dokter yang bisa di percaya secara pribadi 😊 Pastikan juga berkonsultasi pada beberapa dokter supaya tidak hanya 1 pendapat saja, karena saya juga berkonsultasi tidak hanya dengan 1 dokter. MPASI lebih dini adalah sebuah pilihan mutlak dari seorang ibu bila memang kondisi bayi siap untuk MPASI tentunya dengan berkonsultasi dulu pada dokter ahlinya dan juga dengan pantauan dokter. Termasuk pilihan menu MPASI yang saya berikan pada Claire saat ini sudah saya konsultasi baik-baik dengan Dokter Gizi. Saya memilih untuk FULL ASI dan di sertai MPASI di usia Claire belum 6 bulan ( TIDAK SUFOR) adalah keputusan dan bentuk cara saya merawat Claire. dan yang terbaik menurut versi saya untuk anak saya.😊 Bila ada komentar yang pada akhirnya Judgemen dan assumptions silakan saja. Karena apapun yang saya sharing dalam media sosial bukan bertujuan untuk Ibu-ibu harus mengikuti cara langkah saya merawat anak.😊 Jadi alangkah baiknya setiap kita yang sudah menjadi IBU yukkk FOKUS pada DIRI SENDIRI untuk merawat anak dengan caranya masing-masing. Karena setiap IBU memiliki cara merawat dan mendidik anak BERBEDA 😊 Tapi bertujuan SATU ingin memberikan yang terbaik bagi anak kita. Bila tidak sejalan bukan artinya kita IBU yang BURUK kan? 😊 My baby my rules, your baby you rules😊 Apapun keputusan IBU-IBU untuk anaknya yukkk kita saling menghargai❤️ So MPASI sebelum usia 6 bulan bukan artinya hanya indikasi kurang gizi yaaaa😅☺️😘 #ceritampasi #today5monthsold #momslife💕 #sharingiscaringisloving

A post shared by Shandy Aulia (@shandyaulia) on

Bagi Shandy, memberikan MPASI di usia Claire yang belum menginjak 6 bulan adalah keputusan terbaik untuk perkembangan anaknya. Shandy menekankan kalau pemberian MPASI di usia Claire sekarang udah lewat konsultasi dokter ahli sehingga bukan karena asal-asalan atau sok tahu. Shandy menjelaskan kalau setiap ibu punya insting dan cara masing-masing dalam merawat anaknya. Lagi-lagi, Shandy menegaskan kalau pemberiam MPASI bukan karena Claire kurang gizi. Perkembangan Claire saat ini terhitung normal dan sehat. Bagi Shandy, montok bukanlah tolak ukur sang anak sehat atau cukup gizi. Ia juga menegaskan kalau Claire masih full ASI tanpa bantuan susu formula.

Tentu setiap ibu tahu yang terbaik untuk bayinya sendiri. Bisa jadi pilihan Shandy adalah yang terbaik. Meski berbeda dari hal umum, bukan berarti ia adalah ibu yang buruk, bukan? Jadi jangan sampai kita menghakimi ibu-ibu lain hanya karena melihat visual sang anak ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE