Anak Lahir dan Besar di Paris, Anggun C Sasmi Justru Hanya Gunakan Bahasa Indonesia untuk Komunikasi

Anggun berbahasa Indonesia dengan anak

Sosok Anggun C Sasmi bukan hanya dikenal di dunia musik Tanah Air, tetapi juga sudah sampai luar negeri. Sejak memutuskan meninggalkan Indonesia pada 1994, kariernya kian melambung hingga berhasil meraih impian sebagai penyanyi bertaraf internasional.

Advertisement

Meski kini telah menetap di Prancis bersama suami dan anaknya, Anggun tetap menganggap dirinya sebagai orang Indonesia asli. Dalam beberapa wawancara dengan televisi luar bahkan ia dengan bangga memperkenalkan Indonesia di mata dunia. Hal ini nyatanya juga ia terapkan ke sang putri, Kirana Cipta Montana. Diceritakan dari kecil Anggun membiasakan sang anak untuk berbicara mengggunakan bahasa Indonesia. Selain supaya putrinya bisa fasih menggunakan bahasa ibu, ia juga ingin sang anak merasa bangga.

Selalu gunakan bahasa Indonesia ketika bicara dengan anak, pengakuan Anggun ini langsung banjir pujian

Berawal dari video viral di media sosial hingga menjadi perbincangan. Ketika Anggun diwawancarai oleh Sarah Sechan beberapa tahun lalu, ia sempat ditanya cara memberikan pengertian kepada anaknya ketika sering pulang pergi dari Indonesia ke Prancis. Di sana dijelaskan putrinya sudah mulai memahami bahkan nggak ingin Anggun merasa sedih ketika harus meninggalkan.

Saat itu pula Anggun mempratikkan percakapannya dengan Kirana. Mendengar narasumbernya gunakan bahasa Indonesia ke anak, lantas Sarah Sechan sedikit kaget. Pasalnya ia menduga Anggun menggunakan bahasa Prancis karena sudah lama menetap di negara bagian Eropa Barat tersebut.

Advertisement

“Kirana sama aku ngomongnya hanya pakai bahasa Indonesia,” tegas Anggun.

Lantas ia menjelaskan bahwa nggak ingin anaknya lupa dari mana asal ibunya, apalagi setiap hari putrinya sudah menggunakan percakapan dalam bahasa Prancis bersama teman di sekolah. “Soalnya kan dia udah pasti bahasa Prancis di sekolah, temen-temennya,” sambung Anggun. Pelantun lagu “Mimpi” itu langsung mendapat pujian dari warganet, mereka setuju terutama untuk anak-anak yang mengenyam pendidikan di sekolah internasional.

Advertisement

“Nah ini, aku berharap ortu-ortu yang anaknya sekolah di international school diajarin dulu bahasa Indonesia,” singgung warganet.

“Memang hebat ya Mama Anggun, artis yang sederhana tidak neko-neko dan tidak sombong,” sambung lainnya.

Anggun selalu bangga menjadi bagian dari Tanah Air. Selain mengenalkan bahasa, ia juga berprinsip nggak akan mengubah ciri khas fisiknya sebagai perempuan Indonesia

Meski menetap lama di luar negeri, rasa cinta Anggun ke Tanah Air nggak pernah luntur. Istri dari Christian Kretschmar mengaku mengenalkan Bahasa Indonesia di negara mana pun, salah satunya Italia.

“Selalu bangga dan berusaha mengenalkan Bahasa Indonesia di negara mana pun, contohnya di Italy. I am always proud to introduce Indonesian language to international audiences… Here in Italy,” tulis Anggun beberapa waktu silam dalam unggahan di Instagram.

Anggun juga merasa bangga sebagai perempuan Indonesia, bahkan hingga sekarang ia konsisten memiliki rambut hitam dan kulit sawo matang sebagai bentuk identitasnya. Ketika disinggung alasan merintis karier di negeri orang, ia mejelaskan bahwa salah satu alasannya harus berani keluar dari zona nyaman. Apalagi menurut sang ayah jika seorang seniman sudah merasakan kenyamanan, itu salah satu tanda kematian seni.

“Kalau sudah nyaman kita nggak bisa mempertanyakan diri sendiri tentang pekerjaan kita. Dan itu buat saya pindah dari Indonesia, karena pada saat itu saya sudah nyaman sekali,” tutup Anggun C Sasmi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE