Soroti Fenomena ‘Babi Ngepet’ di Depok, Bintang Emon Tak Terima Pengangguran Disalahkan: Tabayyun!

Bintang Emon tanggapi isu babi ngepet

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan pemberitaan babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Meski banyak pihak seperti Kementerian Agama hingga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memastikan tak ada yang namanya babi ngepet atau babi jadi-jadian, tetapi masih ada segelintir orang yang percaya soal mitos tersebut.

Advertisement

Fenomena itu rupayanya juga sampai ke telinga Bintang Emon, stand up comedian yang terkenal dengan kritik dibalut dengan konsep yang jenaka. Ia menyoroti aksi ibu-ibu yang menuduh tetangganya sebagai pelaku babi ngepet. Alasannya hanya karena orang tersebut pengangguran tetapi punya banyak uang. Ia pun membagikan sebuah video yang telah disukai lebih dari 300 ribu orang. Lantas apa yang disampaikan pemilik nama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itu? Simak ulasan berikut ini.

Bintang membeberkan dengan santun fenomena babi ngepet yang viral. Menurutnya setiap orang seharusnya mencari kejelasan dahulu sebelum menyampaikan tuduhan

Jika biasanya Bintang membagikan video sembari menampilkan wajahnya. Konsep kali ini justru berbeda, ia tak muncul dan hanya terdengar suara saja. Sindir Bintang, hanya orang yang sudah buka baju yang bisa melihatnya di kursi tersebut, sebagaimana mitos yang beredar untuk melihat babi ngepet.

Advertisement

“Teruntuk teman-temanku, sebelumnya DPO kali ini konsepnya babi ngepet jadi yang bisa ngeliat gue cuma yang udah buka baju. Teruntuk teman-temanku kalau duitnya ilang banyakin tabayyun,” papar Bintang.

Ia menjelaskan seharusnya penuduh bertanya langsung daripada membuat asumsi yang bisa menyesatkan banyak orang. Menurut Bintang jangan selalu mengkambing hitamkan seorang pengangguran, karena yang tampak belum tentu menjelaskan kondisi di baliknya.

“Kalau sekiranya mencurigakan dia banyak duit tapi nggak keliatan kayak kerja, gue kasih tahu solusinya. Nanya! ya Allah timbang nanya doang. Orangnya yang mana lo tahu. Rumahnya yang mana juga tahu. Malah ngelempar asumsi sendiri. Tetangga model gini banyak bener nih,” pungkas Bintang.

Bukan hanya Bintang, figur publik lain seperti Maia Estianty hingga Arief Muhammad turut berkomentar soal fenomena yang baru ini terjadi

Maia Estianty menyoroti isu babi ngepet dengan mengedukasi pengikutnya. Menurutnya sebagai manusia sudah seharusnya tak main hakim sendiri terutama terhadap hewan, karena mereka juga makhluk yang berhak untuk hidup. Melengkapi narasinya, Maia mengunggah seekor babi hutan yang tengah menyusu ke induk anjing.

“Cerita anjing dan babi. Anjing air liurnya najis, babi dimakan haram. Udah gitu di fitnah, alias dibuat bahan makian sesama manusia,” tulis Maia dalam keterangan.

Melalui video yang diunggah, ibu dari 3 anak ini ingin menyadarkan bahwa hewan saja punya rasa untuk saling berbagi dan peduli ke sesama makhluk hidup.

Sejalan dengan Maia, selebgram Arief Muhammad juga mengomentari fenomena yang terjadi. Ia menyindir heran mengapa di era yang sudah canggih seperti sekarang, masih ada pihak yang berpikir terlalu pendek tanpa mau mencari tahu.

Pemerintah: ‘Silicon Valley Indonesia akan segera dibangun di beberapa daerah’ Meanwhile rakyat Indonesia:,” tulis Arief Muhammad sekalgius mengunggah video ibu yang menuduh orang nganggur punya duit banyak.

Ia kemudian mempublikasikan foto Jeffry Jouw atau nama di akun Instagramnya @jejouw, pengusaha yang banyak berbisnis saham. Unggahan itu seolah membuktikan meski pekerjaannya terlihat seperti pengangguran hanya di rumah, ternyata justru mempunyai usaha dengan nilai yang fantastis. Di era seperti sekarang apapun bisa terjadi, jadi sebisa mungkin untuk hindari menilai seseorang hanya dari tampilan luarnya, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE