Ajarkan Anak Lakukan Pekerjaan Rumah, Zaskia Mecca Jadikan Pengalaman Sulit Masa Kecilnya untuk Mendidik Anak

Cerita Pengalaman Zaskia Mecca

Setiap orang memiliki cara dan sudut pandang masing-masing dalam mendidik anaknyaa. Meski berasal dari keluarga berkecukupan, bukan berarti orang tua selalu memanjakan anaknya. Apalagi bagi orang tua yang memiliki pengalaman sulit saat meraih masa depan. Hal tersebut sering dijadikan pelajaran berharga dalam mendidik anak. Seperti yang dilakukan seleb Zaskia Mecca dalam mendidik kelima anaknya.

Advertisement

Meski saat ini memiliki kehidupan yang nyaman dengan segala pencapaian yang sudah diraih, membuat Zaskia nggak pernah berpikir untuk memanjakan anak-anaknya. Bahkan, istri sutradara ternama Hanung Bramantro ini sempat berbagi pengalaman masa kecilnya yang cukup sulit sebagai pelajaran dalam mendidik anak. Hal tersebut ia sampaikan melalui unggahan di Instagram pribadinya belum lama ini.

Zaskia menyadari bahwa anak-anak harus memiliki keterampilan untuk menghadapi dunia mereka kelak, sehingga ia nggak membiarkan anaknya manja tanpa bisa melakukan apa pun

Saat muncul anggapan publik soal anaknya yang hidup enak dan hanya bisa bersantai, membuat Zaskia memberikan penjelasan melalui unggahan di Instagram pribadinya. Dalam foto yang diunggah tersebut memperlihatkan Kala, Kaba, dan Bhre sedang menyikat lantai. “Kata siapa jadi anakku dan @hanungbramantyo cuma enak-enak ajaaah,” tulis Zaskia.

Advertisement

Salah satu pemain film “Ayat-Ayat Cinta” ini kemudian membagikan pandangannya soal masa depan anak. “Kalau keenakan nggak ngapa-ngapain kita takut pas gedenya mereka ha-ho doang, nggak bisa ini itu. Padahal dunia yang akan mereka hadapai kelak menuntut mereka buat kritis, kreatif, bekerja keras, capek dan bisa mengerjakan apa pun,” imbuh Zaskia.

Zaskia juga berpendapat bahwa orang sukses harus fleksibel, nggak mudah menyerah karena nggak bisa dan harus banyak mencoba. Hal itulah yang ia ajarkan pada anak-anaknya melalui berbagai keterampilan sederhana di rumah. Sehingga ia nggak membiarkan anak-anak hanya sekadar santai dan bermain saja.

Zaskia mengenang masa-masa sulit perjuangannya yang tak mudah. Hal tersebut dijadikan pengalaman untuk mendorong anaknya punya kemampuan dan keterampilan yang lebih

Advertisement

Cara Zaskia dalam mendidik anak ternyata nggak lepas dari pengalaman masa lalu yang mengharuskannya berjuang keras untuk mencapai kesuksesan. “Aku di titik sekarang ada banyak yang dilewati pas kecilnya. Nggak punya uang jajan pas sekolah padahal laper tapi harus nahan karena nggak bisa beli jajan. Sekolah jalan kaki jauh karena ongkosnya buat jajan. Naik becak, angkot, kopaja (dari SD sampai SMA ngak pernah diantar jemput, karena papa mama kerja dan anaknya banyak),” tulis Zaskia menceritakan perjuangnnya.

Selain masa-masa sekolah yang sulit, ia juga menyampaikan perjuangannya saat meniti karier di dunia hiburan. “Casting sendiri kemana-mana, 80% gagal. Masih banyak lagi (perjuangannya) tapi itu membuat mentalku semakin kuat!” Jelas Zaskia lagi. Pengalaman tersebutlah yang membuatnya merasa harus mengajarkan banyak hal pada anak-anaknya, supaya menyiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Bagi Zaskia, anak harus diajarkan semua pekerjaan rumah untuk mengajarkan mereka tanggung jawab dari hal yang paling mudah

Dalam mengajarkan anak-anaknya keterampilan, Zaskia juga membekali mereka dangan tanggung jawab. Anak-anak dibiarkan bermain sesuai imajinasi mereka tapi mereka harus membereskan kembali tanpa mengandalkan pengasuh mereka. “Perkara sikat teras memang kecil, tapi mereka harus memulai tanggung jawab sama tempat yang mereka tinggali, beberes, dan pakai tenaga, sekalian menyalurkan energi mereka yang nggak habis-habis,” ujar Zaskia.

Menurutnya, anak-anak harus diajarkan pekerjaan rumah sejak kecil karena rumah adalah tempat pertama bagi mereka untuk belajar. Alih-alih memanjakan anak, Zaskia justru menyiapkan mental anaknya supaya lebih tanggung dari yang pernah ia alami dulu. Pendapat Zaskia tersebut ternyata banyak disetujui oleh warganet. Mereka menganggap anak-anak memang harus disiapkan untuk terampil dalam berjuang meraih masa depan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE