Chicco Jerikho Ceritakan Perjuangannya Lawan Penyakit Sepsis

Chicco Jerikho penyakit sepsis

Pada September 2021 industri hiburan Tanah Air dikejutkan dengan kabar Chicco Jerikho yang masuk rumah sakit hingga dirawat 3 dokter spesialis. Kala itu, ia dinyatakan menderita penyakit sepsis yang membuat dirinya lemah, sesak napas, hingga kaki mulai terasa dingin. Bahkan ia sempat berpamitan dan meminta keluarga untuk menjaga istri dan anaknya.

Advertisement

Setelah dua bulan, kini kondisi Chicco sudah membaik dan dinyatakan sembuh dari sepsis tersebut. Dalam kesempatan bersama Daniel Mananta, ayah satu orang anak ini menceritakan pengalaman dan pembelajaran yang ia dapatkan. Chicco ingin publik bisa lebih menjaga kesehatan karena harganya mahal.

Sempat terbaring di ruang High Care Unit (HCU), Chicco mengaku beberapa kali mencoba bernapas lewat mulut saking sesaknya

Didiagnosis mengidap penyakit sepsis pada September silam. Chicco ceritakan bahwa ia kesulitan untuk bernapas. Hal ini membuat tubuhnya semakin lemah tak berdaya. Ia kemudian menyimpulkan bahwa sakit yang diderita belum seberapa saat nanti ajal menjemput. Selama menjalani perawatan di HCU membuat Chicco semakin takjub dengan kesempatan yang diberikan Tuhan.

“Susah napas bro, gue napas bukan dari hidung lagi, dari mulut plus dibantu (dengan alat pernapasan). Itu tahu nggak lu, itu sudah banget napas,” ujarnya seperti dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta.

Advertisement

Suami Putri Marino kini lebih menghargai hidup dan orang-orang terkasih yang ada di sekitarnya. Ia pun mengatakan bahwa hal yang sebelumnya dianggap simpel, nyatanya punya dampak besar untuk hidup.

“Apalagi rasain sesak ya, itu mahal banget napas. Sebenarnya lebih kayak sekarang bisa begini (masih bisa bernapas) ini sesuatu yang mahal,” tuturnya.

Selain andil Tuhan di sana, menurut Chicco pola hidupnya yang sehat juga berpengaruh pada cepatnya pemulihan

Advertisement

Merasa diberi kesempatan hidup kedua, dari pengalaman tersebut Chicco jadi tak mau untuk menunda banyak hal seperti sebelumya, kini ia lebih terencana untuk memprioritaskan sesuatu.

Setelah dinyatakan sembuh dari sepsis, aktor kelahiran Jakarta ini merasa Tuhan telah memberikannya mukzizat. Lantaran pernah berada di situasi yang dianggapnya sebagai hidup dan mati, Chicco menjadi lebih mewanti-wanti hidupnya.  Ia mengaku takut meninggalkan keluarga lebih dulu.

“Gue jadi lebih khawatir besok nggak bangun lagi nih. Kalau yang dulu, besok saja, (sekarang) nggak. Kalau bisa yang gue selesaikan hari ini, gue selesaikan. Karena kita kan nggak tahu kejadian kayak gitu bisa kapan aja,” pungkasnya.

Meski demikian dikatakan bahwa selain ada andil Tuhan atas kesembuhannya, pola hidup sehat yang dijalani juga mampu membuat dirinya pulih lebih cepat. Bintang film Filosofi Kopi itu ingatkan untuk selalu menjaga pola makan dan olahraga supaya badan tetap bugar.

“Hidup sehat itu salah satu upaya kita, jaga makan, tapi balik lagi kan (Tuhan punya kuasa),” tutupnya.

Seperti diketahui sepsis merupakan komplikasi berbahaya akibat infeksi. Biasanya akan menimbulkan tekanan darah turun drastis serta kerusakan pada banyak organ. Sepsis disebabkan oleh respons sistem kekebalan tubuh yang tidak terkendali akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur di bagian tubuh manapun. Tetapi infeksi yang paling sering memicu sepsis adalah paru-paru basah.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE