Curhatan Danilla Riyadi yang Kesal Ditagih Pinjol, Padahal Nggak Punya Utang

Pinjaman Online atau pinjol memang sering meresahkan masyarakat. Banyak kasus terjadi seseorang ditagih untuk membayar utang orang lain yang nggak dikenal. Hal ini terjadi pada musisi dan aktris kenamaan Danilla Riyadi yang harus menerima telepon tagihan sebuah perusahaan pinjol ternama.

Advertisement

Hal tersebut diungkap Danilla sendiri melalui cuitan di media sosialnya baru-baru ini. Bahkan, sebenarnya curhatan Danilla soal pinjol ini bukan pertama kalinya ia unggah. Parahnya lagi, Danilla sudah mencoba berbagai upaya untuk menghentikan telepon debt collector itu, karena ia nggak merasa memiliki utang pun nggak mengenal nama si pemilik utang.

Kekesalan Danilla Riyadi ditagih debt collector meski tak punya utang

Baru-baru ini pelantun lagu Senja di Ambang Pilu itu mengungkap kekesalannya melalui sebuah cuitan di Twitter, lantaran lagi-lagi mendapat telepon dari pinjol yang menagih utang. Saking kesalnya, Danilla sampai menyumpahi si debt collector yang berkali-kali meneleponnya itu.

Advertisement

“Woy bisa enggak sih, lo stop neleponin gue? Gue kagak ngutang woy! Gue sumpahin rezeki lo malah buat gue sama followers gue!” tulis Danilla pada cuitan yang diunggahnya.

Diketahui, ungkapan kekesalan penyanyi 32 tahun itu soal telepon pinjol bukan pertama kalinya terjadi. Beberapa bulan yang lalu, Danilla juga sempat mengungkap kekesalannya di media sosial. Bahkan, ia mengaku sampai trauma ketika ponselnya berdering karena panggilan dari nomor yang nggak dikenal.

Advertisement

Kejadian tersebut lagi-lagi harus ia alami, ketika berbagai upaya sudah dilakukan untuk menghentikan telepon tagihan itu. Pasalnya, Danilla merasa nggak pernah mengajukan utang lewat aplikasi pinjol, pun nggak mengenal orang yang menjadikan nomor teleponnya sebagai kontak jaminan.

Dari cuitan tersebut banyak warganet yang menyarankan berbagai cara seperti menginstal aplikasi Truecaller, pendeteksi telepon dari nomor-nomor yang mencurigakan, hingga memblokir nomor si penelepon. Danilla mengaku sudah melakukan semua upaya itu, tapi hasilnya ia selalu ditelepon dengan nomor baru.

“Sumpah enggak semudah itu (memblokir), mereka akan telepon dengan nomor yang berbeda setiap harinya,” kata Danilla.

Sayangnya, sebagai selebritas Danilla nggak mudah untuk berganti nomor, atau memblokir otomatis nomor-nomor yang tak dikenal. Pasalnya ia dibuat bingung jika ada pekerjaan yang menghubunginya dengan nomor baru. Sehingga ia tetap mempertahankan nomor tersebut dan nggak membuat pengaturan blokir otomatis.

Danilla Riyadi sudah mengadukan telepon itu kepihak perusahaan si pinjol

Selain melakukan upaya instal aplikasi dan blokir si pinjol, Danilla juga sudah mengadu ke perusahaan si pinjol. Melalui cuitan lainnya, Danilla bahkan mengunggah tangkapan layar aduannya itu. Ia mengaku baru saja mendapat telepon tagihan lagi yang menyuruhnya membayar utang dari seseorang. Danilla juga meminta si perusahaan pinjol untuk membalas pesan aduan tersebut,

“Barusa saya ditelepon anakan kamu lagi nih suruh bayar utang D*den H*ermawan lagi, terus giliran saya mau menjelaskan, malah dimatiin. Jadi bikin emosi tahu!” tulis Danilla.

Lebih lanjut dalam tangkapan layar berikutnya, Danilla mengunggah jawaban pesan aduannya itu. Pihak perusahaan mengaku telah menelusuri timnya terkait data nomor Danilla. Mereka juga mengakui data Danilla sudah dihapus dari sistem. Selain itu mereka juga mengungkap bahwa nomor telepon yang Danilla tunjukkan bukan dari pihak mereka.

“Penagih kami dari debitur yang mencantumkan nomor kak Danilla sudah tidak ada panggilan penagihan melalui telepon kami. Untuk kendala ini sejak 14 Oktober 2022 sudah dilakukan stop tagih ya Kak. Jadi kami pastikan untuk nomor yang menghubungi kak Danilla bukan dari aplikasi kami, melainkan dari pihak yang mengatasnamakan kami ya Kak,” ujar pihak perusahaan itu.

Alih-alih masalah telepon penagihan itu selesai, jawaban tersebut tampaknya membuat Danilla makin kesal karena ia masih saja menerima telepon penagihan utang yang mengatasnamakan si perusahaan.

Danilla memang bukan satu-satunya orang menerima telepon tagihan pinjol meski tak pernah memiliki hutang melalui pinjol. Dari cuitan Danilla itu, banyak warganet yang mengaku mengalami hal yang sama. Bahkan, ada yang membagikan puluhan nomor berbeda yang pernah menagih utang.

Diketahui kejadian seperti Danilla ini bisa terjadi ketika seseorang mengajukan utang melalui pinjol, kemudian menjadikan nomor lain mungkin secara acak sebagai kontak cadangan. Alhasil ketika orang itu tak kunjung membayar utang, maka pihak pinjol akan menagih ke kontak cadangan itu.

Peristiwa ini kerap terjadi, lantaran banyak pinjol nggak pernah melakukan verifikasi data saat menerima pengajuan utang. Sehingga kerap terjadi tagihan dilayangkan pada orang yang nggak tepat, seperti yang dialami Danilla Riyadi. Hal inilah kenapa data-data pribadi seperti nomor telepon, alamat tinggal, KTP, nomor rekening, nomor kendaraan dan dokumen penting lainnya harus dijaga, nggak boleh bocor, karena bisa dimanfaatkan orang-orang yang nggak bertanggung jawab.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE