Ulangi Janji Pernikahan, Daniel Mananta Gemetar karena Merasa Belum Bisa Jadi Suami yang Sabar

Daniel Mananta ulang janji pernikahan

Kehidupan pernikahan bukanlah hal yang mudah dijalani. Sebab, dua orang dengan kepribadian dan pola pikir yang berbeda harus bersatu dalam membina rumah tangga bersama. Hal itu pula yang dirasakan presenter kondang Daniel Mananta atau yang sering disapa VJ Daniel dalam membina rumah tangganya bersama sang istri Viola Maria. Rumah tangga pasangan yang menikah pada 2 Oktober 2011 ini memang cukup adem ayem, meski keduanya mengakui bahwa kehidupan pernikahan adalah hal yang sulit.

Advertisement

Nggak seperti seleb pada umumnya, Daniel memang memilih nggak mengumbar kehidupan keluarga dan pernikahannya pada publik. Namun, beberapa bulan ini Daniel mulai sering mengunggah tentang anak-anak dan istrinya di media sosial. Pasalnya Daniel memang baru saja membuat proyek untuk channel YouTubenya, sekaligus mengulang dan memperbarui janji pernikahannya dengan Viola. Lucunya, meski sudah melewati 9 tahun pernikahan dan memasuki usia pernikahan ke-10 tahun ini, Daniel tetap gemetar saat mengucap ulang janji pernikahannya.

Saat mengulang dan memperbarui janji pernikahan, Daniel teringat perilakunya yang kurang sabar sebagai seorang suami. Hal tersebut membuatnya gemetaran di depan sang istri

Belum lama ini, Daniel mulai sering mengunggah momen kebersamaannya dengan Viola dan kedua anaknya. Beberapa di antaranya adalah momen saat mereka road trip ke Magelang, di mana Daniel dan Viola mengulang janji pernikahan mereka. Salah satu unggahan Daniel di Instagram pribadinya pun menceritakan momen haru tersebut. Foto yang diunggah pada Minggu (19/07) tersebut memperlihatkan Daniel dan Viola yang mengenakan pakaian adat Jawa di kompleks Plataran Borobudur Resort.

Advertisement

“Dengan pertolongan Tuhan, kami berjanji akan sabar di pernikahan ini,” tulis Daniel dalam keterangan foto tersebut saat mengutip bagian terpenting dalam pembaruan janji pernikahannya dengan Viola.

Daniel mengakui ia sering gagal sebagai suami dalam masalah sabar. Ternyata  hal tersebut membuatnya gemetar saat mengulang janjinya. “Waktu gw ucapin ‘renewing of the marriage vow‘ buat ‘Journey To Love’ (program di channel YouTube Daniel Mananta Network), jujur gw gemeteran. Karena gw udah sering banget gagal dalam masalah sabar sebagai seorang suami,” tulis Daniel dalam keterangan foto tersebut.

Daniel dan Viola sepakat bahwa menjalani kehidupan pernikahan adalah hal sulit yang berusaha mereka jalani bersama

Advertisement

Salah satu hal sulit yang Daniel rasakan adalah dirinya yang sering habis kesabaran saat beradu argumen bersama sang istri. Mungkin saat ia kehabisan sabar juga disebabkan karena masalah dalam pekerjaan. Namun, tetap saja membuat Daniel marah dan kesal pada Viola. Hal tersebut ternyata membuat keduanya banyak belajar dan saling introspeksi diri, kemudian mereka sepakat memperbarui janji pernikahan bersama.

“Kita berdua sama-sama setuju untuk menyelipkan kalimat ‘with God’s help‘, karena kita berdua tahu dengan usaha dan kekuatan kita sendiri sebagai manusia, kita pasti gagal,” imbuh Daniel.

Dalam ungghan yang lain, Daniel mengungkap bahwa pandemi juga menyerang kehidupan pernikahan, apalagi saat melihat orang-orang di sekitarnya. “Jujur, selama 10 tahun menikah, kami merasa pernikahan ternyata sulit sekali, dan begitu pandemi, virus ini menyerang pernikahan juga. Banyak orang di sekitar kami yang struggling di pernikahan mereka,” ujar Daniel.

Ternyata melibatkan pertolongan Tuhan dalam kehidupan pernikahan membuat Daniel dan Viola cukup kuat untuk menjalani pernikahan mereka bersama. Meski sering merasa kesulitan dan habis kesabaran, tapi nyatanya hal tersebut justru membuat mereka saling menguatkan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE