Dave, Youtuber Asli Australia Ini Fasih Ngomong Jawa. Simak Juga Sisi Lain Kehidupannya!

Dave aja cinta lho sama Indonesia!

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki jutaan warna di dalamnya. Terbentang ribuan pulau yang berhamparan dari Sabang sampai Merauke. Tak mengherankan jika di Indonesia terdapat banyak sekali keanekaragaman budaya dan perbedaan. Salah satunya adalah bahasa daerah.

Advertisement

Mungkin bagi yang belum tahu, bahasa daerah ini adalah sebuah kekayaan lokal dari Indonesia yang begitu besar. Hal itu dibuktikan dengan terdapatnya banyak bahasa daerah. Bahkan dalam satu area saja bisa terdapat bermacam-macam bahasa daerah, dapat dibayangkan bagaimana rupa bahasa daerah yang terdapat di seluruh Indonesia.

Banyak kasus misalnya masyarakat yang berasal dari Jogja namun tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Jawa, atau mungkin masyarakat Surabaya asli yang tidak dapat berbicara menggunakan bahasa khas Jawa Timurnya.

Keresahan akan ancaman punahnya bahasa daerah itu dirasakan oleh Dave, seorang bule berdarah Australia

londo kampung via www.google.com

Bagi kalian yang sering menonton youtube pasti tak asing dengan si Dave ini. Ya, dialah si Londo Kampung, begitu sebutannya di youtube. hampir semua video atau karya-karyanya yang diunggah di youtube menggunakan bahasa Jawa. Heran? Kami juga!

Advertisement

Ternyata setelah ditelisik lebih jauh, Dave ini sudah hidup di Indonesia sejak umur 2 tahun lho!

Dave kecil via www.google.com

Waktu itu ayah Dave yang bekerja sebagai dosen di Surabaya membuat ia sekeluarga harus berpindah ke Indonesia. Sejak kecil, Dave sudah mulai berbaur dengan anak-anak kecil seumurannya di kampunya. Mulai dari saat itu dia mengenal budaya Indonesia, dalam hal ini adalah bahasa Jawa, khususnya Jawa Timur.

Hingga akhirnya beranjak dewasa, Dave memilih menikah dengan perempuan asli Surabaya bernama Santi yang dia kenal sejak umur 13 tahun

Dave dan istri via www.google.com

Kecintaannya pada Indonesia, khususnya pada bahasa Jawa TImur yang terkenal dengan aksen dan logat kasarnya itu rupanya telah mendarah daging. Ketika keluarganya kembali ke Australia, Dave justru memutuskan dirinya untuk tinggal di Surabaya hingga saat ini.

Advertisement

Coba lihat saja, karya-karya video Dave yang diunggah di akun Youtube nya. Terlihat dia begitu fasih dengan logat bahasa Jawa Timuran yang khas itu. Tak cukup sampai di situ, Dave juga paham tingakatan dalam bahasa Jawa, seperti misalnya penggunaan bahasa ketika berbicara dengan orang yang seumurannya atau kepada yang lebih tua.

Sampai saat ini, Dave sudah memiliki subscriber sebanyak 1 juta lebih di akun Youtubenya. Hal itu dikarenakan keunikan konten yang ia buat. Bahkan sampai saat ini masih tergolong jarang orang luar negeri yang berkarya di Youtube menggunakan bahasa Indonesia, apalagi menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jawa.

Karya Dave ini rupanya menjadi sebuah tamparan keras juga lhoo bagi generasi masa kini. Gimana tidak? Masa kita nggak malu ketika tidak bisa melestarikan kekayaan budaya sendiri. Lha Dave aja yang notabene bukan orang Indonesia, cinta banget sama budaya kita kok. Mulai sekarang jangan malu yuk ngobrol pakai bahasa daerah!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE