Tanggapi Ramalan Mbak You Soal Indonesia di Tahun 2021, Deddy Corbuzier: itu Bohong!

Deddy Corbuzier ramalan Mbak You

Perdebatan soal ramalan dari paranormal Mbak You masih bergulir panas. Baru-baru ini terdengar kabar Mbak You bakal dipolisikan karena mengeluarkan ramalan yang justru memicu kepanikan. Setelah kabar tersebut, Deddy Corbuzier pun angkat bicara mengenai Mbak You. Melalui akun Instagram, Deddy tak segan menyebut ramalan Mbak You bohong dan tak ubahnya provokasi semata.

Advertisement

Selama ini Mbak You dikenal sebagai paranormal kejawen dan kerap membagikan ramalannya kepada publik. Ramalan terbaru Mbak You menuai kontroversi dan akhirnya berbuntut panjang. Lantaran Mbak You menerawang kalau di Indonesia akan terjadi beragam konflik dan kejahatan seperti penjarahan. Tak hanya itu, Mbak You juga mengatakan ada pergantian presiden di tahun 2021. Ramalan inilah yang menimbulkan beragam reaksi baik dari warga biasa maupun tokoh terkemuka. Deddy Corbuzier adalah figur publik yang cukup vokal  dalam menanggapi ramalannya Mbak You.

Deddy Corbuzier membuat video khusus untuk menanggapi ramalan Mbak You. Mengaitkannya dengan Efek Barnum, Deddy menyebut ramalan itu bohong

Melalui akun Instagram dan Youtube, Deddy mengunggah video khusus untuk Mbak You pada hari Senin (18/1). Dalam video berdurasi pendek, Deddy membantah ramalan Mbak You. Beberapa kali Deddy mengatakan ramalan Mbak You sebagai provokasi. Tanpa keraguan, Deddy pun menuding ramalan itu bohong.

Advertisement

Terlihat geram dan kesal, Deddy Corbuzier melengkapi unggahan video tersebut dengan caption panjang. Ia menyinggung soal Efek Barnum atau Efek Forer yang disebut juga Barnum-Forer Effects. Menurut Deddy, efek ini dapat dimanfaatkan oleh paranormal palsu untuk provokasi atau mengubah cara pandang orang terhadap masalah tertentu.

Dalam videonya, Deddy Corbuzier meminta Mbak You berhenti membagikan ramalan-ramalan yang rentan menciptakan kekisruhan dan kepanikan. Ia tidak ingin bila nantinya benar-benar terjadi kekisruhan maka terdapat pembenaran: kan (penjarahan) ini sudah sudah diramalkan.

Dianggap bikin onar, rencananya Mbak You akan dipolisikan oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid

Advertisement

Setelah mencuat ramalan Mbak You yang dibuat November 2020 lalu, publik mulai memperbincangkan kemungkinan kebenaran ramalan itu. Meski nggak sedikit pula orang yang geram karena menilai ramalan itu justru menimbulkan kepanikan. Sebelum Deddy Corbuzier merespon ramalan Mbak You, Muannas Alaidid selaku Ketua Umum Cyber Indonesia berencana melaporkan Mbak You ke polisi lo.

Pada hari Jumat lalu, (15/1), Muannas mengatakan hendak melaporkan Mbak You ke Polda Metro Jaya. Menurutnya, ramalan Mbak You soal pergantian presiden telah melanggar Undang-Undang tentang provokasi dan hasutan. Bahkan Muannas telah mengumpulkan bukti-bukti untuk memperkarakan Mbak You ke meja hijau.

Usai kabar dirinya akan dilaporkan polisi, Mbak You sempat bikin klarifikasi. Mbak You membantah ramalan pergantian presiden tahun 2021. Menurutnya, video ramalannya telah disebarkan dan dipublikasikan sepotong-sepotong. Sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

“Saya jelaskan lagi tidak ada pergantian presiden 2021, tapi adanya reshuffle kabinet. Presiden hanya berganti di 2024. Jangan dipelintir lagi,” terang Mbak You, dikutip dari CNN Indonesia.

Agar tidak larut dalam derasnya arus informasi, kita harus bersikap kritis dan cerdas menanggapi semua informasi. Jangan sampai semua informasi ditelan mentah-mentah ya, SoHip. Sehingga kita nggak terjebak arus informasi yang justru menimbulkan kericuhan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE