Deddy Corbuzier, Rizky Billar, dan Raffi Ahmad Batal Pergi Haji Bareng Gus Miftah Tahun ini

Belum lama ini Gus Miftah mengaku mendapat undangan dari Pemerintah Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji tahun 2022. Gus Miftah juga mendapat wewenang untuk mengajak sejumlah publik figur yang memiliki banyak pengikut di media sosial untuk menunaikan ibadah haji tersebut.

Advertisement

Sebelumnya, Gus Miftah menginformasikan bahwa ia telah mengajak Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, dan Rizky Billar untuk memenuhi undangan haji tersebut. Namun, Gus Miftah mengabarkan lebih lanjut bahwa mereka batal mengikuti ibadah haji tersebut lantaran jadwal yang bentrok dengan pekerjaan.

Alasan batalnya rencana berangkat haji Rizky Billar dan Raffi Ahmad

Gus Miftah

Gus Miftah / Credit: IG Gus Miftah

Dua publik figur ternama, Rizky Billar dan Raffi Ahmad, keduanya mendapat kesempatan untuk melakukan ibadah haji bersama dengan Gus Miftah atas undangan dari Pemerintah Arab Saudi.

Namun, Gus Miftah menjelaskan bahwa keduanya batal mengikuti agenda tersebut lantaran kesibukan.

Advertisement

“Kemudian, si Rizky dan Raffi. Raffi dari awal sudah bilang, pas visa turun Raffi bilang, ‘Bro gue nggak bisa nih berangkat karena gue harus atur jadwal.’ Demikian juga Rizky Billar, dia tanggal 12 harus syuting iklan,” kata Gus Miftah, dilansir dari Detikhot, pada (30/06).

Lebih lanjut, Gus Miftah menjelaskan bahwa Raffi Ahmad merasa tak bisa memaksakan diri berangkat haji tahun ini. Bahkan, Raffi mengajak Gus Miftah untuk berangkat haji tahun depan jika tak ada aral melintang.

“Jadi kalau Raffi, ‘Bro kita jalan tahun depan. Gue yang bayarin deh sama istri.’ Tahun ini nggak bisa dipaksakan,” kata Gus Miftah.

Advertisement

Gus Miftah sebut Deddy Corbuzier belum siap mental berangkat haji

Gus Miftah

Gus Miftah | Credit: Tangkapan layar YouTube Deddy Corbuzier

Gus Miftah pun tak lupa melakukan klarifikasi soal alasan Deddy Corbuzier juga batal melangsungkan ibadah haji tahun ini bersamanya. Menurut Gus Miftah, Deddy Corbuzier belum memiliki kesiapan mental untuk melakukan ibadah haji.

“Jadi kita klarifikasi ya, Mas Deddy dari awal beliau nggak berkenan karena waktu itu masih sibuk urus pernikahan dan lain-lain. Dan, secara psikologis beliau belum siap,” kata Gus Miftah.

Lebih lanjut, Gus Miftah menyebutkan bahwa berangkat haji adalah panggilan dari Allah. Menurutnya, Allah akan memanggil mereka yang terpanggil untuk melakukan ibadah haji.

“Makanya waktu itu, kalau saya kan gini, haji itu kan panggilan. Allah tidak memanggil orang yang mampu, tapi Allah memanggil orang yang terpanggil,” kata Gus Miftah.

Untuk itu, Gus Miftah mengaku tak memaksa apabila Raffi, Rizky Billar, dan Deddy tak bisa berangkat haji tahun ini memenuhi undangan Pemerintah Arab Saudi, hal ini karena berangkat haji adalah sebuah panggilan Allah SWT.

“Tapi, kembali lagi haji tak bisa dipaksakan karena bagaimanapun ini panggilan Allah SWT,” kata Gus Miftah.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE