Energiknya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Jadi Drummer Kotak, Ramai Dipuji Warganet

Politisi atau pejabat negara memang lekat dengan citra yang serius di depan publik. Wajar saja, mengingat permasalahan yang dihadapi negara ini memang sudah seharusnya ditangani dengan serius. Namun, bukan berarti mereka harus mengubur sisi lain yang mungkin lebih santai dari diri mereka.

Advertisement

Seperti yang tengah dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono baru-baru ini. Basuki kembali menjadi perhatian bukan karena kapasitasnya sebagai menteri, melainkan saat menyalurkan hobinya sebagai pemain drum. Momen itu terekam saat Basuki menjadi drummer band Kotak dalam sebuah acara.

Basuki tampil energik memukul drum saat manggung bareng grup band Kotak

Momen Basuki Hadimuljono atau yang akrab disapa Pak Bas main drum diabadikan oleh salah seorang warganet yang ikut menonton pertunjukan musik grup band Kotak dalam sebuah acara. Melalui unggahan yang ramai diperbincangkan di TikTok, warganet tersebut terlihat merekam potongan video saat vokalis Kotak, Tantri Syalindri membawakan lagu Beraksi di panggung.

Advertisement

Namun, perhatian si warganet justru lebih terfokus kepada sosok drumer yang berada di belakang Tantri. Di sanalah Basuki duduk di kursi drummer. Dengan asyiknya menteri PUPR berusia 68 tahun ini menabuh drum mengikuti irama lagu Beraksi yang sedang dilantunkan.

Terlihat dalam video yang diunggah Rabu (4/1) itu, Basuki mengenakan kaus putih dan topi hitam. Ia dengan semangat memukul drum mengiringi nyanyian Tantri yang ikut mengajak para penonton bernyanyi. Basuki juga tampak sesekali melempar senyuman ke arah penonton yang hadir.

Advertisement

Aksi Basuki ini pun ramai dikomentari warganet. Sebagian besar dari mereka memang nggak terkejut melihat kebolehan Basuki bermain drum. Menteri satu ini memang kerap dipuji multitalenta terutama karena hobinya bermain musik.

“Gokil pak. Kemarin jadi fotografer dadakan, sekarang jadi drummer,” tulis @muh**

“Ini alasan utama kenapa kotak tidak mau rekrut drumer baru😅,” seloroh @naw**

“Pak Bas memang multitalenta 😂 serba bisa 😂,” tulis @eri**

Ini bukan pertama kalinya Basuki Hadimuljono unjuk kebolehan di luar pekerjaannya sebagai Menteri PUPR

Basuki saat menjadi fotografer dadakan di G20

Basuki saat menjadi fotografer dadakan di G20 | Credit: Twitter @KemenPU

Pujian sebagai sosok multitalenta sering dilontarkan kepada Basuki bukan tanpa alasan. Salah satu menteri di kabinet Presiden Jokowi ini memang kerap tampil ke publik dengan aktivitas di luar tugas negara sebagai Menteri PUPR. Bahkan, menjadi drummer di pertunjukan musik pun sudah pernah dilakoni Basuki sebelumnya.

Kompas.com mencatat bahwa Basuki pernah duduk di kursi drummer saat acara hiburan dalam sidang terbuka Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kampus ITB Bandung, 16 Januari 2020 lalu. Sidang tersebut dalam rangka pemberian gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (HC) di bidang pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan infrastruktur. Basuki pun jadi salah satu yang dianugerahi gelar doktor melalui sidang terbuka itu.

Kebolehan Basuki dalam bermain drum juga disalurkan lewat Elek Yo Band, band yang beranggotakan menteri Kabinet Indonesia Maju. Band tersebut terdiri dari sejumlah menteri, termasuk Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menkop UKM Teten Masduki.

Selain itu, kamu mungkin juga nggak asing lagi dengan aksi Basuki yang sempat viral saat menjadi fotografer dadakan dalam momen G20 di Bali, November 2022 lalu. Aksinya tersebut memang sempat mencuri perhatian hingga jadi perbincangan hangat di media sosial. Saat itu, Basuki tertangkap kamera media sedang menjadi fotografer saat Presiden Jokowi mengajak tamu G20 meninjau kawasan konservasi Mangrove Tahura di Denpasar, Bali.

Kalau dilihat sekilas, penampilan Basuki saat itu memang nggak ada bedanya dengan fotografer atau wartawan di sekelilingnya. Basuki tampil santai dengan kaus putih lengkap dengan topi hitam dengan arah terbalik. Ia juga mengalungkan kartu pers wartawan dan memegang sebuah kamera DSLR lensa tele. Di tengah kerumuman wartawan yang meliput, Basuki hadir berbaur layaknya awak media sungguhan.

Selang beberapa waktu usai momen itu viral, dikonfirmasi langsung oleh Jubir Kementerian PUPR bahwa saat itu tugas Basuki sebagai Menteri PUPR di KTT G20 memang sudah selesai. Jadi, ia lebih memilih menyalurkan hobinya daripada hanya mendampingi Presiden Jokowi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE