Fakta Menarik Seputar Yuh Jung Youn, Aktris Korea Selatan Pertama yang Raih Piala Oscar

Fakta Yuh Jun Youn Oscar Minari

Dunia perfilman internasional baru saja mendapat kejutan dari pengumuman nominasi Piala Oscar 2021. Penghargaan paling bergengsi di industri film ini diselenggarakan di Hollywood, Los Angles pada 26 April 2021. Academy award ini menyebut nama-nama pemenang yang nggak terduga sebelumnya. Salah satunya aktris asal Korea Selatan, Yuh Jun Youn.

Advertisement

Youn berhasil menjadi pemenang piala Oscar 2021 pada kategori aktris pendukung terbaik. Youn berhasil mengalahkan beberapa aktris populer seperti Glen Close, Maria Bakalova, Olivia Colman dan Amanda Seyfried.  Banyak orang dibuat kagum atas pencapaian Youn dalam ajang bergengsi ini. Bahkan, kemenangan Youn sempat meramaikan tagar #YounYuhJung di Twitter. Yuk simak, fakta menarik Yuh Jung Youn yang meraih piala Oscar 2021 ini!

Youn berhasil mencetak sejarah sebagai aktris kedua Asia dan pertama di Korea Selatan yang berhasil memenangkan piala Oscar

Nama Yuh Jung Youn sedang ramai dibicarakan di industri internasional setelah namanya dinobatkan sebagai Best Supporting Actress pada piala Oscar 2021. Aktris 73 tahun ini nampak masih energik ketika naik ke panggung dan menerima piala Oscar. Kemenangan Youn memang menjadi salah satu kejutan bagi industri film dunia, film Asia pada khususnya. Youn banyak dipuji karena menjadi aktris Korea Selatan pertama yang meraih Oscar. Selain itu, Youn ternyata merupakan aktris kedua di Asia setelah Miyosi Umeki, aktris asal Jepang yang juga memenangkan Best Supporting Actress pada tahun 1958.

Advertisement

Youn bisa meraih piala Oscar berkat perannya sebagai Soon Ja di film “Minari”

Ketika diminta memberi pidato kemenangan usai menerima piala Oscar, Youn mengucapkan terima kasih pada Lee Issac Chung selaku sutradara film “Minari”. Youn menganggap dirinya bukan siapa-siapa di penghargaan bergengsi ini tanpa bantuan sang sutradara dan seluruh kerabat kerja di film tersebut. Youn memang memberikan akting yang sangat apik ketika berperan sebagai nenek Soon Ja yang mendampingi keluarga putrinya untuk memulai kehidupan baru di Amerika.

Sebagai aktris terbaik, ternyata Youn sudah langganan meraih sederet penghagaan serupa sepanjang kariernya

Advertisement

Akting Youn yang selalu memukau di setiap peran, mengantarkannya menjadi aktris senior yang berprestasi. Youn berhasil menerima nggak kurang dari 23 penghargaan sebagai pemeran pendukung terbaik sepanjang kariernya di dunia akting. Salah satu penghargaan lain yang baru-baru ini ia terima adalah BAFTA, Film Independent Spirit Awards dan Screen Actors Guild Awards. Puncak penghargaan tertinggi akhirnya bisa Youn raih di Oscar. Hal ini tentu menjadi pencapaian yang sangat ia banggakan.

Youn mengawali kariernya di dunia akting sejak 1966 saat ia memainkan peran pada K-drama berjudul “Mister Gong”

Akting pertama Youn di drama “Mister Gong” sempat mengantarkannya meraih penghargaan dan membuatnya menjadi aktris yang naik daun pada masa tersebut. Dilansir dari Tirto, Youn membintangi film pertamanya yang berjudul “Women of Fire” pada tahun 197o. Adapun film populer lainnya yang pernah dibintangi Youn seperti “Intimate Enemies” (2015), “Right Now Wrong Then” (2015). “The Baccus Lady” (2016), “Keys to the Heart” (2018), “Lucky Chan Sil” (2020) dan masih banyak lagi.

Young terkenal dengan sikapnya yang supel dan senang bercanda. Bahkan di panggung Oscar pun Youn sempat membuat tamu undangan tertawa

Satu hal lagi yang membuat Youn menjadi sorotan publik di perhelatan Oscar 2021 ini. Sebelum memulai pidato kemenangan, Youn sempat menggoda Brad Pitt sebagai petugas yang mengumumkan kemenangannya. Candaan Youn dengan lagaknya yang lucu sontak membuat tamu undangan tertawa. “Seperti yang kalian tahu, saya dari Korea dan nama saya Yuh Jung Young, tapi saya cukup heran, kebanyakan orang Eropa memanggil saya Yuh Young bahkan ada yang memanggil saya Yoo Jung, tapi malam ini kalian semua saya maafkan,” kata Youn dinukil dari Repubika yang membuat hadirin tertawa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE