Kanye West hingga Justin Bieber, 8 Figur Publik Ini Pernah Bikin Gempar Karena Dikabarkan Meninggal Dunia

Figur Publik dikabarkan meninggal dunia

Kritis dalam menerima informasi dari internet merupakan keahlian yang harus dimiliki setiap orang di era digital ini. Sebab tanpa itu, kita bisa dengan mudah terjebak dalam berita-berita bohong alias hoax yang entah sengaja dibikin untuk alasan tertentu, atau murni karena kekeliruan si pembuat berita dalam mengutip informasi.

Advertisement

Apapun itu, yang namanya berita bohong selalu nyebelin. Apalagi bagi mereka yang sudah kadung percaya. Salah satu jenis berita bohong yang sering bikin warganet kegocek adalah tentang kematian figur publik atau selebritis. Entah siapa yang memulai, yang jelas 8 orang ini pernah dikabarkan meninggal dunia tapi setelah ditelusuri lebih lanjut, mereka sehat walafiat. Siapa saja?

1. Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal karena sempat sakit pada kebaktian Hari Natal 2016

Siapa sih, yang nggak kaget ketika mendengar kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II? Sekalipun kamu bukan rakyat Inggris, sepertinya kabar ini tetap akan bikin shock. Pasalnya beliau yang kini berusia 94 tahun ini cukup nyentrik untuk nggak dikenal orang seantero dunia. Kematiannya pun tak pelak akan menyebabkan perubahan-perubahan besar.

Advertisement

Nah, beliau ini pernah beberapa kali dikabarkan meninggal dunia. Terakhir pada 29 Desember 2016, setelah sebelumnya sang ratu dikabarkan nggak ikut kebaktian Hari Natal karena sakit. Segera setelah itu, akun Twitter palsu yang tampak seperti akun media BBC nge-tweet kalau ratu telah meninggal. Banyak yang me-retweet pernyataan akun palsu tersebut, tapi nggak sedikit pula yang sadar sedang ditipu. Juru bicara istana Buckingham seperti dikutip dari The Sun nggak lama mengkonfirmasi kalau ratu masih hidup dan sedang masa pemulihan dari flu.

2. Kanye West sempat trending di Twitter pada tahun 2009 karena dirumorkan meninggal akibat kecelakaan mobil

Advertisement

Pasangan Kim Kardashian yang baru-baru ini diberitakan akan bercerai, sempat pula dikabarkan meninggal dunia. Tepatnya pada tahun 2009, nama Kanye West trending di Twitter dengan berita kematiannya akibat kecelakaan mobil. Tapi Amber Rose, pacar Kanye West pada saat itu seperti dikutip dari NME membantah rumor tersebut dan mengatakan, “Topik RIPKanyeWest ini tidak lucu dan TIDAK BENAR”. Ia juga menegaskan bahwa mengarang-ngarang kematian tentang seseorang itu sangat tidak sopan.

3. Justin Bieber berkali-kali dikabarkan meninggal dunia. Bahkan ada laman Facebook khusus yang diberi nama ‘RIP Justin Bieber’

Justin Bieber berulang kali pernah dikabarkan meninggal dunia, dan berita itu selalu bikin heboh warganet. Entah apa alasannya, di Facebook bahkan ada laman khusus yang diberi nama RIP Justin Bieber. Tapi tiap kabar tersebut segera ditepis karena faktanya Justin Bieber belum meninggal. Penyanyi tersebut bahkan pernah berseloroh, “saya sedang memeriksa berita tentang kematian saya. Tapi ternyata saya masih hidup”. Sementara perwakilannya mengatakan dengan beragam hoax ini Justin Bieber masuk dalam daftar panjang selebritis yang pernah dikabarkan meninggal tapi sebenarnya sehat walafiat.

4. Mentang-mentang udah jarang nongol di TV setelah gemilang di Home Alone, Macaulay Culkin dirumorkan meninggal

Macaulay Culkin yang terkenal lewat serial Home Alone sempat dikabarkan meninggal oleh situs berita palsu yang menyerupai situs MSNBC. Melansir Independent, pada November 2014 situs palsu tersebut menerbitkan artikel yang mengatakan Macaulay tewas di usia 34 tahun. Berita tersebut segera saja direspons warganet dengan memberi penghormatan kepada bintang masa kecil kita ini di Twitter.

Culkin langsung membantah rumor tersebut melalui akun Twitter bandnya, Pizza Underground, dengan mengatakan bahwa ia baik-baik saja dan sedang menjalankan tur. Setelah itu, Culkin mengolok-olok berita kematian palsu tentang dirinya itu dengan mengunggah foto diri pura-pura mati.

5. Jon Bon Jovi sikapi berita palsu kematiannya dengan humor

Pada tahun 2011, Jon Bon Jovi sang penggawa band Bon Jovi dikabarkan meninggal dunia. Penggemar lintas negara langsung riuh di Twitter dan Facebook. Melansir Rolling Stone, kabar ini bermula dari sebuah blog yang menuliskan semacam obituari untuk Jon, dengan menggunakan teks obituari Michael Jackson yang terbit di Los Angeles Times.

Mengetahui kehebohan di dunia maya, Jon Bon Jovi menanggapinya dengan humor. Ia mengunggah foto diri dengan sebuah kertas bertuliskan “Surga sangat mirip dengan New Jersey”, merujuk pada fakta bahwa ia dan Bon Jovi sedang manggung di New Jersey. Ia bahkan mencantumkan tanggal biar orang-orang yakin kalau ia masih hidup.

6. Korban clickbait, Jaden Smith pernah dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri

Jaden Smith yang merupakan anak dari aktor Will Smith pada tahun 2016 dikabarkan meninggal dunia. Melansir Chron, rumor ini beredar di media sosial dengan bingkai cerita Jaden melakukan bunuh diri. Tak pelak warganet langsung heboh dengan berita tersebut.

Usut punya usut, kabar palsu ini berawal dari sebuah artikel, yang kalau dilihat dari judul sangat meyakinkan karena mengutip media kredibel. Tapi ketika artikel tersebut diklik, pembaca malah mendapati sebuah iklan. Tega banget, ya, bikin berita palsu seseorang bunuh diri biar dapat banyak klik~

7. Populer sebagai bintang Jackass yang nekat, hoax kematian Johnny Knoxvile banyak dipercaya orang

Setiap penggemar serial Jackass hampir dipastikan nggak akan begitu kaget kalau salah satu aktor serial absurd ini tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia. Lihat saja aksi-aksi nekat mereka di tiap episodenya. Nah, hal tersebut lah yang bikin berita palsu meninggalnya salah satu aktor Jackass yakni Johnny Knoxvile berhasil menipu banyak penggemar serial yang dulu tayang di MTV ini.

Pada tahun 2002, situs palsu menyerupai MTV merilis sebuah obituari untuk Johnny. Isinya menyatakan Johnny meninggal saat syuting adegan terjun payung yang parasutnya gagal terbuka, hingga ia jatuh dan tewas. Setelah bikin penggemar Jackass terheran-heran bercampur sedih, situs asli MTV seperti dikutip dari BBC merilis pernyataan kalau kabar tersebut hoax, dan Johnny masih hidup.

8. Jack Black diinformasikan meninggal dunia oleh akun Twitter bandnya sendiri yang ternyata diretas

View this post on Instagram

A post shared by Jack Black (@jackblack)

Lebih meyakinkan dari kabar meninggalnya Johnny Knoxvile yang memang terkenal ugal-ugalan, aktor Jack Black sempat diinformasikan meninggal dunia oleh akun Twitter bandnya sendiri, Tenacious D yang ternyata diretas. Dilansir dari The Washington Post, tweet pada bulan Juni 2016 tersebut berbunyi, “Saya sedih mengumumkan secara resmi kematian Jack Black pada usia 46 tahun, istirahatlah dengan damai saudara #RIPJackBlack”. Peretas tersebut juga menambahkan detail jam kematian Jack yakni pukul 3:37 pagi.

Tak lama setelah kehebohan, gitaris Tenacious D, John Konesky menjelaskan kalau kabar tersebut sepenuhnya hoax karena akun mereka telah diretas. Setelah itu, tanpa tahu malu, sang peretas unjuk diri dan mengaku semua itu hanya lelucon dan mempromosikan akun Twitter pribadinya yang kemudian diblokir.

Nah, itu dia 8 berita kematian bohong publik figur yang sempat bikin heboh. Ada yang pernah kamu percaya juga?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE