Herjunot Ali Mengaku Tidak Ingin Menikah Beda Agama; Masalah Prinsip

Baginya, butuh berdoa ke Tuhan yang sama saat diterpa masalah rumah tangga

Kesamaan agama masih dijadikan salah satu penentu kelancaran suatu pasangan ke jenjang pernikahan. Agama yang berbeda sering dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru dalam rumah tangga.

Advertisement

Aktor Herjunot Ali adalah salah satu yang berprinsip ingin menikah dengan yang seiman. Ia tidak ingin menikah beda agama karena tidak sesuai dengan prinsip yang ia yakini.

Herjunot Ali ingin berdoa ke Tuhan yang sama dengan pasangannya

Herjunot Ali tidak ingin menikah beda agama

Herjunot Ali tidak ingin menikah beda agama | Credit: Instagram @herjunotali.studio

Aktor yang akrab disapa Junot ini mengutarakan prinsipnya tentang pernikahan beda agama di Instagram story (20/3). Seorang warganet menanyakan pendapatnya apabila ada perempuan Islam menikah dengan lelaki non Islam.

Junot blak-blakan menolak pernikahan beda agama. Baginya, ketika menghadapi masalah rumah tangga, butuh pegangan yang sama untuk menyelesaikannya. Kesamaan itu tidak akan terwujud kalau dalam satu keluarga menganut kepercayaan berbeda-beda, menurutnya.

Advertisement

“Akuuuuu.. sih no! Karena beda dengan apa yang aku yakinin. Kalo aku berkeluarga, sewaktu-waktu ada masalah, aku mau kami semua berdoa bareng ke Tuhan yang sama. Dan makmum itu harus ikut imamnya. Tapi pendapat ini hanya buat aku dan orang-orang yang aku peduli. Itu juga kalo mereka tanya pendapatku,” tulis Junot.

Namun, Herjunot Ali tidak ingin menghakimi keputusan orang lain

Herjunot Ali tidak ingin menikah beda agama

Herjunot Ali tidak ingin menikah beda agama | Credit: Instagram @herjunotali.studio

Prinsip tersebut hanya ia terapkan untuk hidupnya sendiri. Selain itu, Junot juga akan mengatakan hal yang sama ketika orang-orang terdekatnya meminta pendapat soal menikah beda agama.

Advertisement

Karena sifatnya sangat personal, pernikahan dan agama adalah perjalanan pribadi masing-masing manusia. Sudah selayaknya kedua hal itu mengantarkan manusia pada kebahagiaan. Maka dari itu, Junot pun mengakui bahwa prinsip tersebut bukan untuk dipaksakan ke semua orang.

Mantan kekasih Tatjana Saphira ini juga yakin bahwa tidak ada faktor penentu kebahagiaan yang mutlak. Baginya, menikah dengan yang seiman adalah yang sesuai, tapi ketika orang lain memilih jalan yang berbeda tentu bukan masalah bagi Junot.

“Tapi, pendapatku in general, selama kamu bahagia dengan pasanganmu dan kalian punya komitmen yang sama. Ya sikat bae lah. Satu agama dan restu orang tua juga nggak jaminan kalian hidup langgeng, mbak,” tutup Junot.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE