“Ikoy-ikoyan” ala Selebgram Jadi Tren, Abel Cantika: Setiap Orang Punya Cara Sendiri untuk Berbagi

Ikoy-ikoyan Arief Muhamad

Istilah “Ikoy-ikoyan” mendadak viral di media sosial. Permainan tersebut bahkan menjadi trending topic di Twitter kemarin malam, Minggu (1/8). Rupanya hal tersebut pertama kali dipelopori oleh selebgram, Arief Muhammad. Sama halnya giveaway atau bagi-bagi hadiah, dalam hal ini Arief membagikan sejumlah uang kepada pengikutnya dengan cara mereka hanya diminta menyebutkan permintaan mendesak lewat direct message (DM) Instagram.

Advertisement

Penyebutan “Ikoy-ikoyan” sendiri berasal dari admin sang influencer, Rizqi Fadillah alias Ikoy. Biasanya Arief akan tag sang admin setelah salah satu pengikut terpilih menjadi pemenang giveaway. “Koy tolong transferin Rp5 juta”, tulis Arief seperti biasa pada laman Instagram Story saat bagi-bagi rezeki. Ternyata hal tersebut menjadi tren, tak sedikit warganet yang mengirimkan permintaan bermain “Ikoy-ikoyan” ke selebgram lainnya sampai akhirnya menjadi perhatian.

Salah satu cara berbagi di masa pandemi, Arief Muhammad ingatkan pengikutnya untuk santai. Jangan lantas gerakan yang dibuat justru menodong influencer lain untuk berbagi

Arief Muhammad bikin giveaway “Ikoy-ikoyan” | Credit: Instagram @ariefmuhamad

Arief Muhammad diketahui kerap memberi hadiah kepada pengikutnya di Instagram. Hal tersebut juga dilakukan agar ada interaksi yang baik antara dirinya dengan followers. Namun, beberapa hari belakangan, hal ini gencar dilakukan apalagi setelah ada donatur yang tak tanggung-tanggung memberikan ratusan juta kepada Arief untuk dibagikan ke pengikutnya.

“Banyak sekali yang bertanya tentang apa itu ikoy-ikoyan. Jawaban gue simple aja: semuanya tentang berbagi. Bagi-bagi rezeki, bagi-bagi kebahagiaan untuk banyak orang,” papar Arief Muhammad dikutip dari laman Instagramnya, Senin (2/8).

Advertisement

Penulis sekaligus YouTuber ini ini terlihat membagikan uang mulai dari Rp500 ribu, jutaan rupiah untuk pengikut yang ingin bangun usaha, laptop, smartphone bahkan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Permainan yang dianggap menghibur di tengah pandemi ini, ternyata berimbas ke sesama influencer. Warganet sampai meminta selebgram lain mengikuti hal yang sama. Tak mau gebrakannya justru berdampak negatif seperti menodong untuk meminta-minta, Arief kemudian tekankan hal ini.

“Di sini nggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Jadi kalau kalian keganggu, maafin yaa. Jangan dijadiin beban. Kita itu berbagi karena emang pengin berbagi. Bukan karena ditodong untuk berbagi,” Arief menjelaskan.

Berimbas ke inflencer lain, beauty vlogger Abel Cantika beri pemahaman ke pengikutnya bahwa berbagi rezeki punya caranya masing-masing jadi jangan dipaksakan

Advertisement

Pendapat Abel Cantika soal “Ikoy-ikoyan” | Credit: Instagram @abellyc

Tren “Ikoy-ikoyan” membuat beberapa warganet meminta artis atau influencer lainnya untuk melakukan hal serupa. Selebgram, Abel Cantika bahkan mengalami hal yang sama. Namun, sayangnya ada saja warganet yang kurang bijak, saat Abel memberi penjelasan bahwa ia tak berbagi dengan cara tersebut, sang pengikut justru menganggapnya sebagai orang yang tak dermawan. Ia pun memberi pandangan, supaya nggak salah paham.

“Jadi nggak ya, aku nggak ikutan. Udahan ya DM aku gini. Gak harus main ikoy-ikoyan untuk menjadi dermawan. Setiap orang punya caranya sendiri untuk berbagi tanpa harus diminta,” papar Abel.

Selain Abel, artis Tanah Air dan selebgram seperti Nafa Urbach, Febby Rastanty, Rachel Vennya, Indah Nada Puspita, Rizky Febian, hingga Andien Aisyah juga diramaikan dengan komentar serupa. Mereka senang, sebab hal tersebut bisa menjadi gerakan untuk berbagi di tengah pandemi. Hanya saja harus dilakukan dengan bijak oleh pengikut, jangan sampai memaksa. Sebab berbagi adalah keinginan pribadi yang bisa dilakukan dengan banyak cara.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE