Selebgram Indra Kenz Sebut Terlahir Miskin itu Privilege, Tuai Pro-Kontra

Banyak yang paham dengan maksud Indra, tapi banyak juga yang mencibir pendapatnya

Jagat media memang sedang ramai membahas soal “privilege” atau hak istimewa seseorang dalam meraih sebuah pencapaian. Hal ini bermula dari seorang motivator muda anak konglomerat yang dianggap memiliki privilege yang cukup besar dalam pencapaian kariernya. Bahasan yang sempat trending di Twitter ini pun memicu reaksi warganet karena sebuah kometar dari selebgram Indra Kenz.

Advertisement

Pemuda yang dijuluki Crazy Rich Medan berkat kesuksesannya berbisnis saham ini sempat menulis pendapatnya yang membahas privilege dalam kehidupannya. Namun, alih-alih mendapat reaksi dukungan yang kompak dari warganet, pendapat Indra justru menuai beragam komentar, banyak yang setuju pun banyak yang mencibir.

Indra menganggap terlahir di keluarga miskin adalah privilege

Indra Kenz bica privilege

Pendapat Indra Kenz soal privilege | Credit by Twitter

Diketahui jika Indra memang berasal dari keluarga kurang mampu, bahkan ia pernah menjadi pengamen jalanan dan online driver. Namun, ia bisa membuktikan bahwa kerja kerasnya mampu mengantarkan pada kesuksesan seperti yang saat ini dilihat oleh publik. Dalam pendapatnya, Indra mengungkap bahwa terlahir di keluarga miskin juga sebuah privilege.

“Sebenarnya lahir miskin itu juga privilege sih, bisa merasakan berjuang dan sukses. Kalau lahir dari keluarga yang udah kaya, tekanan mentalnya lebih besar. Kalau udah terlahir kaya gak bisa jadi miskin, harus jadi lebih kaya lagi dan itu yang berat,” tulis Indra di sebuah kolom komentar di Instagram pribadinya.

Advertisement

Usai bahasaa soal privilge ramai di Twitter, pendapat Indra ini pun ikut disorot warganet. Banyak yang mencibir Indra dengan membandingkan kemiskinan yang pernah dialaminya, banyak yang menganggap bahwa kemiskinan yang disebut privilege adalah omong kosong.

Nikmati konten menarik seputar privilese: Privilese Ternyata Beragam, Cek Milikmu dengan 8 Hal Sederhana Ini!

Bagi Indra privilege nggak hanya dimiliki orang kaya, orang miskin pun memilikinya

Indra Kenz bica privilege

Indra saat menjelaskan privilege | Credit by @indrakenz Instagram

Advertisement

Usai pendapatnya ramai pro dan kontra, Indra akhirnya menanggapi lewat sebuah video singkat yang ia unggah melalui Insta Story di akun pribadinya. Indra menganggap pemahaman orang terkait privilege yang hanya dimiliki orang kaya sementara orang yang nggak kaya maka nggak punya privilege adalah salah besar, karena hal tersebut merupakan hak istimewa yang dimiliki semua orang.

“Selama ini guys, banyak yang menganggap hanya orang kaya yang punya privilege, sementara lainnya enggak. Ini salah besar menurut gue. Kita harus paham dulu, privilege itu artinya hak istimewa yang lu punya tapi orang lain nggak punya, jadi bukan hanya orang kaya yang punya privilege, orang yang nggak kaya juga punya privilege,” ujar Indra melalui Insta Story pada Jumat (21/1).

Selain itu, Pemilik nama lengkap Indra Kesuma ini Indra mengingatkan warganet untuk selalu fokus pada hal-hal yang dimiliki. “Lu harus fokus pada apa yang lu punya, jangan fokus pada apa yang lu nggak punya. Contohnya gue sendiri, gue bukan orang yang terlahir dari keluarga kaya. Tapi, apakah berarti gue nggak punya privilege? Punya, gue punya privilege,” imbuh Indra.

Indra punya daya juang tinggi sebagai privilege karena ia dulu bukan orang kaya

Indra Kenz bicara privilege

Foto Indra Kenz | Credit by @indrakenz Instagram

Pebisnis sekaligus selebgram 26 tahun ini juga menjelaskan apa yang ia sebut sebagai privilege yang dimilikinya. Bagaimana pun, Indra memang bukan terlahir dari orang keluarga kaya dan pernah hidup susah yang memaksanya mau nggak mau harus berjuang lebih keras hingga bisa sukses.

“Privilege gue adalah daya juang gue itu besar guys. Keadaan harus memaksa gue, kalau gue harus kerja, karena kalau nggak kerja gue nggak akan bisa makan, gue harus berjuang supaya gue bisa menafkahi keluarga gue, gue jadi tulang punggung supaya keluarga gue bisa lebih baik kehidupannya,” ujar Indra. Ia juga berandai-andai jika ia lahir di keluarga kaya, mungkin ia nggak akan bekerja keras seperti saat ini.

“Jadi semua orang itu punya privilege guys, andai kata gue kemarin terlahir dari keluarga kaya, belum tentu gue bisa sukses seperti sekarang, belum tentu gue mau berjuang, belum tentu gue mau kerja, gue bisa aja jadi anak yang males gitu loh,” pungkas Indra.

Selain panen cibiran, banyak pula yang sependapat dengan Indra

Indra Kenz bicara privilege

Komentar wrganet | Credit by @indrakenz Instagram

Awalnya ketika pendapat Indra soal orang miskin juga punya privilege memang mendapat banyak cibiran. Warganet menganggap kemiskinan yang dialami Indra nggak seberapa. Bahkan, banyak yang membandingkan dengan kesusahan yang mereka alami. Namun, Indra menanggapinya dengan santai. Banyak juga yang paham dengan privilege yang Indra maksud dan menyetujui pendapat tersebut.

Setiap orang memang memiliki beragam kondisi atau latar belakang yang membuatnya bisa sukses. Ada yang memang memiliki hak istimewa berupa latar belakang keluarga kaya, ada pula yang punya kekuatan untuk berjuang lebih keras karena kondisi susah yang dialami. Bagi Indra dua hal ini adalah sama-sama privilege karena bisa dimiliki satu orang tapi nggak dimiliki orang lain. Gimana menurutmu, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE