Jerinx SID Ditahan dan jadi Tersangka, sang Istri: Jangan Takut, Aku Tetap di Sini

Jerinx ditahan

Banyak orang yang melontarkan berbagai pendapat seputar Covid-19, termasuk para artis. Salah satu artis yang sering melakukannya adalah Jerinx SID. Dia sempat membuat warganet gelisah karena menyampaikan berbagai teori konspirasi seputar virus corona. Bahkan akun Twitter miliknya sampai dihapus berkali-kali karena dilaporkan banyak orang.

Advertisement

Meskipun begitu, Jerinx kembali tersangkut masalah karena menyuarakan pendapatnya tentang virus corona. Kasus kali ini terkait penyebutan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai ‘kacung’-nya World Health Organization (WHO), istilah yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti pelayan atau pesuruh. Akibatnya, drummer asal Bali ini dilaporkan ke pihak berwajib oleh IDI Bali.

Jerinx SID ditangkap polisi dan ditahan gara-gara menyebut IDI sebagai kacung WHO. Dia dikenai pasal UU ITE dan terancam enam tahun penjara

Jerinx saat menuju Rutan Polda Bali via regional.kompas.com

“Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan rumah sakit dengan seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan tes Covid-19,” tulis Jerinx di akun Instagram pribadinya.

Jerinx menulis begitu setelah ada kasus seorang ibu hamil yang bayinya meninggal dalam kandungan karena harus bolak-balik rapid test. Akibat unggahannya yang diduga mencemarkan nama baik, Jerinx dilaporkan oleh IDI Bali. Dia harus mendatangi Polda Bali sebagai saksi untuk diperiksa pada Kamis (6/8) dan Rabu (12/8).

Advertisement

Dilansir dari Kompas, Jerinx menegaskan bahwa dia nggak punya kebencian dan niat buat menghancurkan maupun menyakiti perasaan IDI, sebab dia hanya sepenuhnya menyampaikan kritikan. Meskipun begitu, dia ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian pada Rabu (12/8) dan ditahan selama 20 hari di Rutan Mapolda Bali. Jerinx dijerat pasal UU ITE dengan ancaman penjara 6 tahun dan denda Rp1 miliar.

Menanggapi penahanan suaminya, Nora Alexandra memberi semangat lewat media sosial. Dia berkata akan selalu menemani Jerinx

Sejak menikah dengan Jerinx pada Oktober 2019, Nora memang sering membela suaminya saat mengalami masalah. Termasuk dalam kasus kali ini yang melibatkan IDI. Meskipun Jerinx telah ditahan, Nora nggak putus asa dan terus mendukungnya di media sosial. Perempuan blasteran ini berkata kalau dia nggak akan meninggalkan Jerinx dan akan selalu ada untuknya. Nora juga berpesan pada Jerinx agar jangan takut dan khawatir, serta harus tetap kuat menghadapi masalah.

Advertisement

Kasus Jerinx juga menuai berbagai respons dari warganet. Sebagian orang tetap mengkritiknya, tetapi banyak juga yang mendukungnya

Berbagai respon warganet tentang kasus Jerinx via twitter.com

Nggak sedikit orang yang mendukung Jerinx di media sosial. Setelah dia ditahan, muncul tagar #BebaskanJerinxSID yang menjadi trending topic di Twitter. Sebagian warganet berpendapat kalau Jerinx hanya menyuarakan kritik, jadi dia seharusnya nggak ditahan. Di sisi lain, sejumlah orang menganggap pendapat Jerinx nggak pantas karena terkesan menjatuhkan para tenaga medis yang sudah bekerja keras selama pandemi.

Sepertinya debat warganet tentang Jerinx bakal berlangsung sampai beberapa hari ke depan. Mari kita tunggu kelanjutan penyelesaian kasusnya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE