Kenang Masa Sulit, Sule Ungkap Nggak Bakal Jadi Komedian Kondang Tanpa Andil Rizky Febian

Karier Sule peran Rizky Febian

Menjadi komedian kondang seperti sekarang bukan proses instan. Sule harus berjuang dari nol. Jalan berliku menuju kesuksesan ditempuh Sule selama bertahun-tahun lo. Sebelum akhirnya tampil di televisi, ia harus manggung dari satu acara ke acara lain yang diadakan warga sekitar di Bandung seperti hajatan dan perayaan 17-an. Saat mengenang perjalanan kariernya, Sule nggak bisa memungkiri andil Rizky Febian, sang putra.

Advertisement

Seperti diketahui publik, Rizky Febian adalah anak sulung Sule dengan mendiang Lina Jubaedah. Mengikuti jejak sang ayah, Rizky terjun ke dunia hiburan sebagai penyanyi dan aktor. Kemunculan Rizky langsung menarik perhatian saat beberapa kali tampil bersama Sule. Sejak itu, ayah dan anak itu sama-sama berkarier di dunia entertain. Keduanya pun mendulang sukses di jalan karier masing-masing. Nah, nggak banyak yang tahu kalau gerbang ketenaran Sule terbuka berkat Rizky lo. Kok bisa? Ini ceritanya!

Peluang mengubah nasib ada di depan mata, Sule diberitahu Rizky Febian kalau ada kompetisi lawak di televisi

Mengawali karier dari bawah, Sule harus berjibaku dengan debu dan jalanan saat mengisi acara lokal. Ia pun sempat siaran di radio-radio lokal bersama grup lawak Lapidut (Lawak, Kecapi, Dangdut). Lama merintis karier tapi tak kunjung membuahkan hasil, Sule akhirnya menemukan peluang untuk naik tangga kesuksesan. Waktu itu, Rizky memberitahu Sule kalau ada kompetisi lawak di televisi.

Advertisement

“Dulu yg ngasih tahu tuh si Iky, ‘Ada lomba lawak di TPI, Yah’. Iky masih umur 5 tahun,” terang Sule dalam kanal Youtube Abdel Achrian, dinukil dari Kompas.

Dalam tayangan video yang diunggah (1/2) itu Sule membagikan masa sulit saat membangun karier. Setelah diberitahu Iky, sapaan akrab Rizky, Sule pun segera mendaftarkan diri. Hanya saja kompetisi itu harus diikuti secara berkelompok. Terbatas persyaratan usia, Sule nggak mungkin mengajak anggota grup Lapidut yang sebaigan besar sudah berumur di atas 35 tahun.  Ia pun menggandeng Oni dan Ogi, dua rekan Sule saat masih di grup lawak SOS.

Advertisement

“Akhirnya ingatlah, sudah dah si Ogi SOS deh, ajak deh sama Oni. Awalnya mah mereka enggak mau. Paksa, ‘Sudah ikut jangan mikirin menang atau enggak yang penting kita berjuang aja dulu,” ujar Sule sembari mengenang kejadian yang terjadi sekitar tahun 2005 lalu.

Nggak pernah terbayang bakal menang, Sule bersama grupnya malah menyabet juara pertama dalam ajang lawak Indonesia tersebut lo

Berkat Rizky, Sule mengetahui kompetisi lawak yang diadakan oleh stasiun televisi. Nggak mau peluang hilang, ia dan dua rekannya pun mengikuti ajang tersebut. Nggak punya bayangan apa-apa, Sule justru melenggang mulus ke tangga juara pertama. Sejak kemenangan itu, Sule makin dikenal. Tawaran tampil di televisi pun berdatangan.

Popularitas Sule kian menanjak sebagai komedian bahkan hingga sekarang. Tapi sebenarnya menjadi komedian bukan pilihan karier Sule. Awalnya, Sule menggeluti bidang seni sebagai penari pada tahun 1998. Usia masuk sanggar, Sule malah sering bermain komedi dan banyak mendapatkan apresiasi. Seolah telah ditakdirkan, Sule pun banting setir menjadi komedian. Apalagi  Sule sudah terpapar komedi sejak kecil ketika ikut sang ayah jualan bakso di acara komedi lokal.

Andai saja nggak diberitahu Rizky soal kompetisi lawak saat itu, Sule nggak bakal menemukan jalan menuju kesuksesan. Untungnya, Sule pun berani mengambil kesempatan dan melihat peluang. Keputusan Sule ikut ajang lawak membawanya ke puncak popularitas. Kita pun bisa mendengar lelucon Sule sampai sekarang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE