Jerat penyalahgunaan narkoba di Indonesia rupanya memang tak ada habisnya, mulai dari masyarakat biasa hingga para artis terkenal. Tak terkecuali dengan para stand up comedian atau yang biasa disebut dengan komika. Alasan jam terbang yang tinggi dan mengurangi stres biasanya menjadi alasan utama mengapa mereka menyalahgunakan obat-obatan atau barang yang dilarang oleh negara kita ini. Mudahnya mencari akses untuk mendapatkan barang tersebut pun juga menjadi faktor lain mengapa penyalahgunaan narkoba menjadi marak di negara kita.

Baru-baru ini, nama komika McDanny dan Reno Fenandy menghebohkan publik karena kasus narkoba yang menjerat mereka. Mereka merupakan artis dari stand up comedian terbaru yang ditangkap oleh polisi terkait penggunaan narkoba jenis sabu. Namun, sebelumnya ada juga lo beberapa komika lain yang juga pernah terjerat dengan kasus yang sama. Kita simak yuk siapa aja mereka.

1. McDanny ditangkap polisi karena kepimilikan sabu

McDanny via indopolitika.com

Advertisement

Komika dan sekaligus presenter yang memiliki nama asli Dany Jaya Wardhana ini pada 25 Agustus 2019 lalu diamankan oleh pihak kepolisian di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Ia ditangkap atas kepimilikan sabu sebanyak 0,97 gram beserta alat hisapnya.

Penangkapan McDanny menambah daftar panjang artis dan juga komedian yang terjerat kasus narkoba. Penangkapannya pun juga berdasarkan hasil pengembangan dari kasus-kasus artis sebelumnya.

2. Bersama dengan McDanny, Reno juga ditangkap oleh pihak berwajib

Reno Fenandy via www.kapanlagi.com

Penangkapan McDanny di Salemba pada tanggal 25 Agustus lalu ternyata juga bukan hanya dirinya saja. Ia ditangkap bersama seorang komika yang juga merupakan artis terkenal, Reno Fenandy. Reno yang memiliki nama lengkap Alfonsus Renato Fenandy ini merupakan salah seorang kontestan stand up comedy asal kota pelajar, Yogyakarta. Ia diamankan oleh pihak kepolisian bersama dengan Dany Jaya Wardhana atas kepemilikan narkoba berjenis sabu.

3. Fico Fahriza, terjerat narkoba jenis tembakau Gorila pada tahun 2015

Fico Fahreza via www.youtube.com

Advertisement

Tahun 2013-2015 memang pernah menjamur narkoba sintetis berjenis tembakau yang dikenal dengan nama Gorila. Memiliki efek yang lebih kuat dari ganja dan harga yang lebih murah membuat tembakau ini banyak disalahgunakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah komika bernama Fico Fahreza. Ia mengakui sendiri hal tersebut melalui akun YouTubenya saat menceritakan masa lalunya. Namun untungnya, ia berhasil keluar dari jeratan narkoba tersebut 2 tahun kemudian. Ia juga tidak ditangkap oleh pihak kepolisian karena saat itu memang tidak ada undang-undang yang mengatur tentang tembakau jenis Gorila.

4. Tahun 2018, Komika Mudy Taylor juga pernah terjerat kasus narkoba

Mudy Taylor via tandaseru.id

Tahun 2018 lalu tepatnya tanggal 22 September, seorang komika bernama Mudy Taylor diamankan oleh pihak kepolisian Polda Metro Jaya terkait kasus narkoba. Dari tangannya berhasil diamankan barang bukti berupa sabu sebanyak 0,18 gram dan sebuah alat hisap siap pakai. Saat itu, ia ditangkap di rumahnya di kawasan  Jalan Kejayaan, Kreo, Larangan, Tangerang Selatan. Udah cukup lama,lo dia mengkonsumsi narkoba. Setelah ditangkap ia mengakui bahwa dirinya telah mengkonsumsi narkoba sejak tahun 2003 lalu.

5. Meski akhirnya nggak ditangkap, Uus juga pernah diamankan polisi karena menggunakan obat penenang

Rizky Firdaus Wijaksana atau biasa dikenal dengan nama Uus via www.instagram.com

Pemilik nama asli Rizky Firdaus Wijaksana ini juga pernah terjerumus kasus penyalahgunaan obat terlarang. Pria yang kerap dipanggil dengan nama Uus ini sempat menceritakan jika dirinya pernah mengkonsumsi narkoba jenis ganja saat kuliah dulu. Itu pun nggak hanya sekali dua kali. Nggak cuma itu, ia juga mengaku pernah mengkonsumsi sabu karena rasa penasaran yang tinggi. Selain dirinya, istrinya juga pernah mencoba barang-barang haram tersebut.

Meskipun begitu, Uus akhirnya bisa keluar dari jerat hitam narkoba setelah mengetahui dampak buruk dan efek negatif setelah memakai narkoba. Wah seram juga ya kalau rasa penasaran bisa bikin kita celaka kayak gini. Yuk jauhi narkoba!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya