Tak Lagi Gunakan Ventilator, Kondisi Tukul Arwana Mulai Membaik dan Akan Jalani Fisioterapi

Kondisi terkini Tukul Arwana

Belakangan kabar kurang menyenangkan datang dari komedian Tukul Arwana. Diketahui pada 22 September 2021 silam ia dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Informasi tersebut lantas mengejutkan beberapa pihak, termasuk kerabat artis dan penggemar. Hampir satu minggu menjalani perawatan intensif, dikatakan bahwa kondisi presenter kondang tersebut kian membaik.

Advertisement

Hal ini dikonfirmasi oleh manajer Tukul Arwana, Rizky Kimun. Dalam keterangannya, Rizky menyebut bahwa kesehatan Tukul berangsur menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Ventilator atau alat bantu pernapasan yang selama ini digunakan telah dilepas.

Belum sadar 100 persen, tetapi Tukul sudah tunjukkan interaksi melalui gerakan tangan, kaki serta kontak mata

Diketahui pembawa acara “One Man Show” tersebut dilarikan ke RS PON Cawang, Jakarta Timur pada Rabu (22/9) malam. Selang beberapa jam dokter memutuskan untuk melakukan operasi terhadap pelawak yang memiliki nama asli Tukul Riyanto ini. Operasi yang dilakukan selama tiga jam itu pun berjalan lancar. Menurut keterangan keluarga kini kondisi Tukul Arwana sudah kian membaik.

“Alhamdullilah perkembangannya pascaoperasi kemarin sudah mulai stabil walaupun belum 100 persen sadar. Sudah menunjukkan progres yang positif, sudah mulai respons, sudah mulai menggerakan tangan, kaki,” ucap Ega Prayudi, anak sulung Tukul dikutip dari YouTube MOP Channel, Senin (27/9).

Advertisement

Hal serupa juga dikatakan sang manajer, Rizky menyebut bantuan pernapasan yang selama ini digunakan sudah dilepas. Saat ini Tukul dalam proses penyembuhan dan tetap berada di ruang ICU.

“Secara mekanisme kata dokter sudah membaik. Karena dia tidak membutuhkan alat pernapasan bantuan (ventilator). Namanya orang pascaoperasi komunikasinya hanya bertatap mata. Gitu, selebihnya ada gerakan sedikit. Belum bisa diajak ngobrol, hanya kontak mata, tubuh saja yang bisa bergerak,” terangnya dilansir dari pemberitaan Liputan6. 

Setelah pulih sepenuhnya, Tukul Arwana akan dijadwalkan untuk melakukan fisioterapi selama masa penyembuhan

Advertisement

Kondisi Tukul Arwana yang mengalami perkembangan signifikan disambut dengan rasa syukur oleh keluarga dan kerabat. Menurut penuturan Rizky Kimun nantinya sang komedian akan menjalani fisioterapi setelah kesehatannya berangsur pulih 100 persen. “Treatment yang saya dengar dari dokter adalah akan melakukan fisioterapi. Mungkin bisa juga pakai obat-obatan setelah penyembuhan,” pungkasnya.

Fisioterapi sendiri merupakan perawatan medis yang dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan tubuh seseorang akibat, luka, sakit atau hilangnya kemampuan tubuh untuk bergerak. Terapi ini biasanya berupa latihan, terapi manual, edukasi dan juga saran dari tim medis.

Ada beberapa jenis fisioterapi salah satunya fisioterapi neurologis. Fisioterapi yang satu ini biasanya dibutuhkan bagi orang-orang yang memiliki gangguan sistem saraf, seperti Alzheimer, cedera tulang belakang, parkinson hingga stroke. Dilansir dari Hellosehatfisioterapi dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan pascaserangan dan menghindari komplikasi yang memperlambat proses pemulihan.

Kondisi Tukul Arwana yang belum stabil membuatnya harus beristirahat total. Oleh karena itu, sampai saat ini sang komedian belum bisa dijenguk. Sebelumnya Tukul disebut mengalami pendarahan di otak. Namun, hingga kini pihak keluarga belum membeberkan penyebab sebenarnya penyakit yang diderita Tukul. Kita doakan semoga perawatan yang dijalani pria berusia 57 tahun ini berjalan lancar, kondisinya semakin membaik dan bisa pulih seperti sedia kala. Aamiin.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE