Kylie Jenner Pakai Baju Kepala Singa di Paris Couture Week, Picu Kontroversi

Paris Couture Week 2023 yang diadakan dari tanggal 23 sampai dengan 26 Januari 2023, menampilkan begitu banyak tren design dan fashion terbaru. Dari rancangan designer yang ditampilkan di catwalk, hingga gaya para artis dan tamu undangan yang berjalan di red carpet. Salah satu penampilan yang paling menarik perhatian tahun ini adalah Kylie Jenner.

Advertisement

Bintang reality show dan entrepreneur sensasional Kylie Jenner tampil memakai gaun hitam dengan tambahan kepala singa berukuran besar di bagian bahu. Penampilan yang begitu eksentrik ini ternyata mengundang begitu banyak perdebatan lo Sobat Hipwee.

Dibuat sangat mirip dengan singa asli, aksesoris di gaun Kylie Jenner ini 100% palsu dan diklaim sama sekali tidak menyakiti hewan dalam proses pembuatannya

Schiaparelli, rumah desain couture asal Italia, merancang gaun kepala singa Kylie Jenner dengan detail craftsmanship yang luar biasa sampai mirip dengan hewan aslinya di alam liar. Padahal sebenarnya, kepala hewan berukuran besar tersebut merupakan hasil pahatan busa yang disulam manual dengan wol dan imitasi sutra, kemudian juga dilukis dengan tangan agar terlihat serealistis mungkin.

Advertisement

Gaun yang dinamai Leo Couture Embroidered Lion dalam koleksi Schiaparellis Inferno Couture ini dirancang sebagai bentuk selebrasi terhadap keindahan hewan liar, sekaligus bukti kita tidak perlu menyakiti hewan demi fashion atau kepentingan manusia. Itulah pesan yang berusaha diangkat rumah desain Schiaparelli dengan desain yang sekilas justru terlihat sebaliknya. Desain dengan kepala hewan dan bulu yang tampak asli, padahal 100% palsu serta sama sekali tidak menyakiti hewan dalam prosesnya.

Namun, ternyata banyak kalangan yang tampaknya masih sulit menerima pesan tersebut. Kebanyakan kritik mempertanyakan kenapa tetap harus memakai desain hiper-realistis seperti hewan asli untuk menyebarkan pesan positif menentang perburuan dan tindak kekejaman terhadap hewan liar. Karena meski 100% palsu, desain gaun itu tetap saja tampak mengglorifikasi luxury fashion yang bertema hewan liar.

Organisasi aktivis pecinta hewan PETA pun ikut berkomentar dan sebut upaya apa pun untuk mengakhiri kekejaman terhadap hewan demi fashion patut diapresiasi

View this post on Instagram

A post shared by PETA (@peta)

Advertisement

World Organization People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) pun turut berkomentar terhadap gaun yang dikenakan Kylie Jenner. Menurut PETA, langkah apa pun yang lebih ramah terhadap hewan dan lingkungan dalam pembuatan fashion patut diapresiasi. Ke depannya, PETA juga mendorong para desainer bisa 100% bebas dari kekejaman terhadap hewan dalam berkreasi.

Meskipun mengapresiasi karya Schiaparelli yang dipakai Kylie Jenner, PETA tetap menambahkan catatan bahwa gaun-gaun di koleksi Schiaparelli tersebut masih ada yang menggunakan bahan wool dari domba dan benang sutra dari ulat sutra. PETA berharap tim Schiaparelli bisa lebih kreatif lagi untuk memastikan karya mereka bisa 100% vegan dan sama sekali tidak menyakiti hewan demi fashion maupun kepentingan manusia lainnya, termasuk domba dan ulat sutra.

Wah, menarik sekali ya perdebatan yang muncul dari gaun Kylie Jenner ini. Kalau menurut pendapatmu, bagaimana SoHip?!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pemburu kedamaian dunia

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE