Leonardo DiCaprio Prihatin ke Gunungan Sampah di Bantar Gebang; Contoh Aktor Ganteng Anti Jaim!

Leonardo DiCaprio dan kegiatan sosial.

Permasalahan sampah di Indonesia memang mengkhawatirkan. Setelah keberadaan sampah plastik di lautan yang mengancam nyawa hewan laut, kini sampah di Bantar Gebang menarik perhatian warga dunia. Gara-gara aktor Hollywood Leonardo DiCaprio mengunggah keresahannya di akun Instagram pribadi. Dalam unggahannya itu, bintang film Titanic ini menyoroti kondisi sampah di Bantar Gebang yang dianggap membahayakan lingkungan sekitar.

Advertisement

Hal ini tentu jadi topik hangat bagi publik lantaran akun Instagram Leonardo DiCaprio diikuti jutaan followers dari seluruh dunia. Dan sebagai seorang aktor Hollywood, apa yang diunggah pasti jadi konten pembicaraan. Yuk, simak informasi selengkapnya!

Bantar Gebang memang sudah menjadi penimbunan sampah Jakarta-Bekasi sejak lama. Sampahnya makin banyak hingga menggunung di sana

unggahan yang di-regram Leonardo DiCaprio via www.instagram.com

Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Bantar Gebang, Bekasi merupakan lokasi penimbunan sampah dari Jakarta-Bekasi. Namanya tempat pembuangan sampah, maka tak heran kalau saat ini timbunan sampah di Bantar Gebang sudah “menggunung” saking banyaknya. Lalu, kawasan sekitarnya pun tentunya jadi rusak dan tercemar lantaran penimbunan sampah di sana, karena sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya.

Leonardo DiCaprio menyoroti timbunan sampah di Bantar Gebang lantaran bisa membahayakan para warga sehari-hari, semisal mencari ikan di sungai yang tercemar

Leonardo DiCaprio via the-talks.com

“Beberapa pria, dari desa Cikiwul, menangkap ikan di perairan berlumpur yang sangat tercemar yang merembes dari zona pembuangan terbesar Bantar Gebang. TPA Banter Gebang menerima limbah sekitar 15 juta orang yang tinggal di Jakarta. Pemulung membutuhkan sampah untuk mencari nafkah dan masyarakat Indonesia membutuhkan pemulung untuk mendaur ulang semua bahan yang mungkin akan dibuang begitu saja,” – begitu isi keterangan fotonya.

Advertisement

Timbunan sampah yang sudah menggunung itu ternyata disoroti Leonardo DiCaprio yang dikenal sebagai aktor yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Melalui akun Instagram pribadinya, Leonardo me-regram foto dari akun @everydayclimatechange yang berisi keadaan alam sekitar Bantar Gebang. Peraih Piala Oscar ini mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kondisi kawasan Bantargebang akibat gunungan sampah, salah satunya saat penduduk sekitar mencari ikan di sungai yang telah tercemar oleh limbah sampah.

Belum lagi keberadaan pemulung yang untuk daur ulang sampah, lalu sampah yang tak terpakai oleh mereka akan dibuang begitu saja.

Hal ini turut menyinggung posisi Indonesia yang menempati peringkat kedua sebagai penghasil sampah plastik terbesar di dunia

Advertisement

Leonardo DiCaprio peduli pada lingkungan via www.latimes.com

“Indonesia adalah peringkat kedua pengguna plastik terbesar di dunia di belakang China dengan laporan menghasilkan 187,2 juta ton limbah plastik setiap tahun di mana lebih dari 1 juta tonnya dibuang ke lautan,”

Tak hanya itu, dalam keterangan foto yang diunggah ulang oleh Leonardo DiCaprio itu disebutkan juga Indonesia berada diperingkat kedua sebagai pengguna plastik terbanyak di dunia setelah China. Limbah plastik yang dihasilkan pun 187,2 juta ton limbah plastik setiap tahunnya. Parahnya, sampah plastik yang dibuang ke laut sebanyak 1 juta ton, hmm… Pantas saja banyak hewan laut ditemukan mati di lautan Indonesia gara-gara sampah.

Keren ya aktor ganteng satu ini!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE