Rehat Sejenak dari Media Sosial, Meira Anastasia Sebut 6 Pelajaran Berharga untuk Hidupnya

Meira Anastasia diet sosmed

Penggunaan media sosial sekarang ini tak terlepas dari aktivitas sehari-hari. Beragam alasan yang menyertainya, dari mulai takut ketinggalan informasi teranyar, berhubungan dengan pekerjaan, hingga ada yang merasa kecanduan lantaran rutin dilakukan sebagai kebiasaan.

Advertisement

Media sosial tak dimungkiri menghadirkan sejumlah informasi dan hiburan untuk menjelajahi dunia maya. Namun, di sisi lain juga bisa berdampak kurang baik bagi sebagian orang. Maka dari itu, banyak yang mencoba untuk rehat sejanak sekaligus menenangkan pikiran. Hal inilah yang dilakukan Meira Anastasia, belakangan diketahui ia baru kembali ke media sosial usai vakum beberapa hari.

Meira memilih untuk menjauhkan diri dari Instagram selama dua minggu, ia pun menjelaskan beragam manfaat yang didapat

Unggahan kutipan buku Meira Anastasia | Credit: Instagram @meiranastasia

Istri Ernest Prakasa ini memilih rehat sejenak dari media sosial. Diketahui ia memang aktif di Instagram membagikan aktivitas bersama keluarga atau menyuarakan pandangannya yang positif akan suatu hal.

Selama dua minggu, Meira Anastasia berhasil menjauhkan kehidupan personalnya dari dunia maya. Tepat di hari Sabtu, 13 November, ia baru kembali ke Instagram usai vakum selama dua minggu. Terlihat, Meira mengunggah kutipan sebuah buku yang kemungkinan dibaca pada masa rehatnya tersebut.

Advertisement

Penulis buku Imperfect: A Journey to Self-acceptance ini juga membagikan sederet manfaat yang ia dapat selama vakum dari media sosial. Pertama, Meira jadi belajar untuk bisa mengontrol apa yang dibagikan, termasuk soal kehidupannya kepada orang lain. Kedua, memaknai kehidupan yang simpel tak lagi pengin tahu aktivitas orang lain yang kerap bikin penasaran.

Ketiga, ibu dua anak ini lebih merasa bahwa kehidupan yang sesungguhnya jauh lebih damai daripada dunia yang digambarkan oleh Instagram.

“Dua minggu break dari Instagram benar-benar life changing buat aku,” tulis Meira dalam keterangan, Minggu (14/11).

Advertisement

Dari pengalaman ini ia mengambil pelajaran, bahwa media sosial bisa membuat candu seseorang

Meira Anastasia rehat dari sosmed | Credit: Instagram @meiranastasia

Tercatat ada enam pelajaran yang Meira dapatkan usai rehat sejanak dari media sosial. Selain tiga hal yang disebutkan di atas, Meira kini mengaku tak lagi memikirkan soal jumlah likes dan komentar di akun pribadinya. Ia jadi bisa memberikan waktu untuk mengenal diri sendiri dan lebih mencintai setiap tindakan yang dilakukan.

“Aku belajar kalau beberapa jam scrolling pun enggak akan cukup. Aku belajar kalau daripada melihat kehidupan di layar, lebih menyenangkan melihat dunia luar. Unplug yourself. So you can work better” pungkasnya.

Rupanya banyak warganet dan juga kerabat figur publik yang mengalami hal serupa. Mereka setuju bahwa rehat dari media sosial bisa memberikan kedamaian. Pun ada yang memuji aksi istri Ernest yang dianggap mengajak banyak orang untuk melakukan hal yang positif.

“Benar banget! dan punya waktu untuk menikmati hidup dan menikmati bersama Tuhan juga kak. Jadinya setelah itu hidup terbiasa dengan tidak main dan mementingkan IG. So, mari melakukan untuk yang lebih baik,” tutur akun @kar****rb.

“Setuju kak, aku udah coba kurang lebih 8 bulan gak buka Instagram dan it was good and proud to myself. Aku banyak belajar seperti caption Kak Mei. Salam semangat ka,” tutur warganet yang lain.

“Aku deactive Twitter untuk pertama kalinya sejak 2009 di akhir bulan lalu dan wah rasanya damai banget. Banyak keributan yang aku nggak tahu tapi nggak apa-apa karena aku nggak mesti tahu segalanya secepatnya,” komentar konten kreator Annisa Steviani.

Kadangkala, rehat dari aktivitas rutin yang dianggap sebagai hiburan memang diperlukan. Selain membut kita jadi lebih fokus ke tujuan, gerakan seperti ini juga baik untuk mengisi kembali energi yang habis untuk scroll timeline. Nah, kalau kamu SoHip, sudah sempat melakukannya?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE