Tunjukkan Koleksi Uang Jadul 500 Rupiah, Nadine Chandrawinata Ajak Publik Lindungi Orang Utan

Nadine Chandrawinata koleksi uang jadul

Mengoleksi barang langka memang menjadi hobi bagi sebagian orang. Selain harganya yang mahal dan bisa dijadikan investasi, biasanya barang tersebut memiliki cerita tersendiri. Banyak orang yang sengaja menyimpan uang jadul alias jaman dulu karena tahu suatu saat uang tersebut jadi barang unik dan langka. Seperti yang dilakukan oleh aktris cantik Nadine Chandrawinata.

Advertisement

Istri Dimas Anggara ini ternyata hobi mengoleksi uang jadul, lo. Seperti kolektor pada umumnya, Nadine memiliki alasan dan cerita tersendiri dari barang koleksinya. Belum lama ini, ia membagikan foto di Instagram pribadinya yang memperlihatkan salah satu koleksi uang jadul miliknya. Nadine juga mengungkap cerita yang cukup inspiratif tentang barang koleksinya tersebut.

Nadine mengaku menyukai orang utan sehingga ia menyimpan uang kertas pecahan 500 rupiah bergambar orang utan pemberian sang ayah ketika masih SD

Bagi generasi 90-an, uang kertas pecahan 500 rupiah berwarna putih gading dengan gambar nuansa hijau dan cokelat ini pasti menyimpan kenangan tersendiri. Gambar uang ini dianggap cukup unik dan ikonik karena menampilkan orang utan. Demikian pula bagi Nadine, ia sempat memamerkan koleksi uang jadulnya tersebut pada publik. Bahkan, ia juga mengaku nge-fans dengan orang utan.

Advertisement

“Hari ini saya tunjukan salah satu koleksiku, 500 rupiah tahun 1992.Uang 500 rupiah ini dikasih sama papaku waktu SD dan kusimpan dengan baik sampai sekarang, kenapa? Nge-fans!” tulis Nadine dalam keterangan foto unggahannya.

Menyimpan uang hingga puluhan tahun ternyata bukan tanpa alasan. Bagaimana pun saat masih kecil Nadine belum terpikirkan untuk mengoleksi uang tersebut. Aktris 37 tahun ini ternyata memiliki kenangan manis dengan uang jadul yang saat ini sudah menjadi barang langka. Nadine mengaku uang pecahan 500 rupiah tersebut menjadi media pertama yang mengenalkannya pada orang utan.

Advertisement

“Pertama kali tahu orang utan ini lewat rupiah. Bangga pas tahu species ini ada di Indonesia. Sejak saat itu aku bilang sama diriku sendiri, aku harus lihat sendiri orang utan dan keindahan alam Indonesia. Dan yeayyyyy, berhasil!” ungkap Nadine.

Seperti diketahui, Nadine merupakan aktris dan model Indonesia yang cukup konsen dalam berbagai kegiatan pelestarian lingkungan termasuk satwa. Ia juga pernah menjadi reporter di “Hidden Paradise” Kompas TV dan “My Trip My Adventure” Trans TV. Ternyata, impian masa kecil Nadine yang ingin bertemu dengan orang utan secara langsung terwujud saat ia dewasa melalui program-program televisi yang ia bawakan.

Nadine mengingatkan bahwa orang utan merupakan satwa endemik Indonesia dan mengajak publik untuk menjaga kelestarian satwa tersebut

Kenangan impian masa kecil dari selembar uang 500 rupiah ternyata masih sangat berarti bagi Nadine. Apalagi ia memang kagum dengan orang utan yang membuatnya bangga karena sangat unik dan ikonik bagi Indonesia. Nadine juga menuturkan bahwa orang utan merupakan satwa endemik atau asli Indonesia yang saat ini sudah terancam punah. “Sekarang (orang utan) terancam, appendix 1, hiks… karena rentan kepunahan,” tutur Nadine.

Lewat unggahan tersebut, Nadine juga mengingatkan publik akan kekayaan alam Indonesia dan mengajak untuk bersama-sama melestarikannya. “Lewat rupiah ini, kita diingatkan, kita punya ikonik ini dengan alamnya yang luar biasa. Yuk kita jaga apa yang masih bisa kita jaga! Suara orkestra dari rimba adalah suara yang harus dilestarikan!” pungkas Nadine.

Pengalaman Nadine yang mengenal Indonesia melalui rupiah juga diungkap warganet melalui kolom komentar unggahan tersebut. Banyak yang mengaku seperti Nadine yang mengoleksi uang jadul hingga sekarang karena memiliki cerita dan kenangannya tersendiri. Banyak pula yang berbagi cerita masa kecil dari selembar rupiah bergambar orang utan tersebut.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE