Nani Wijaya Dilarikan ke Rumah Sakit, Ternyata Punya Riwayat Stroke dan Komplikasi Ginjal

Aktris senior Nani Wijaya kini sedang terbaring lemah di rumah sakit. Ia dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan (1/3) setelah mengalami sesak napas. Kini, sang putri Nina Kartika mengabarkan kalau ibundanya itu memang punya riwayat stroke dan komplikasi ginjal.

Kondisi kesehatan yang menurun itu pula yang membuat Nani Wijaya absen dua tahun dari dunia akting. Lantas seperti apa kronologi selengkapnya Nani Wijaya dilarikan ke rumah sakit? Simak informasinya, SoHip~

ADVERTISEMENT

Berawal dari sesak napas, keluarga memutuskan untuk membawa Nani Wijaya ke rumah sakit

Putri dari Nani Wijaya, Nina Kartika menjelaskan kronologi sang ibunda dilarikan ke rumah sakit. Nani Wijaya dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 02.30 WIB pada 1 Maret 2023  karena mengalami sesak napas. Keluarga akhirnya sepakat membawa Nani Wijaya ke rumah sakit usai napasnya semakin sesak.

“Tadi pagi tepatnya jam setengah tiga pagi ibu saya, Nani Wijaya, dilarikan ke Rumah Sakit Fatmawati karena gejala sesak napas. Beliau seperti tidak bisa mengeluarkan slem dari paru-paru sehingga sulit untuk bernapas. Karena semakin sesak napas kami sepakat keluarga kami membawa ke rumah sakit,” kata Nina Kartika dikutip dari Viva (3/3/2023)

Nina Kartika memastikan ibundanya masih dalam keadaan sadar saat dibawa ke rumah sakit oleh keluarga. Ia juga menambahkan bahwa ibundanya itu sempat mengigau saat alami sesak napas. Kemudian, Nazarudin Lubis selaku perwakilan pihak keluarga yang lain mengungkapkan Nani Wijaya memang sudah mengalami komplikasi. Ia juga meminta doa terbaik untuk kesembuhan Nani Wijaya.

“Masih sadar, tapi kesulitan bernapas. Agak sedikit seperti mengigau. Jadi kami bawa karena pertimbangannya sulit bernafas,” kata Nina.

Sejauh ini, Nani Wijaya masih menjalani perawatan intensif (3/3). Nina Kartika mengungkapkan ibundanya tersebut kini dipindahkan ke ruang ICU (Intensive Care Unit) setelah awalnya dirawat di HCU (High Care Unit).

“Ibu dipindah di ruang ICU. Mohon doanya,” ungkap Nina, dikutip dari CNN Indonesia.

Nina sebelumnya memang menyebutkan jika ibundanya masih dalam kondisi setengah sadar dan masih menggunakan bantuan oksigen karena keluhan sesak napasnya. Kala itu Nina juga mengatakan jika ibundanya telah dipantau oleh beberapa dokter spesialis dokter di HCU IGD. Namun, ia tidak menerangkan hasil pantauan dokter yang menangani ibunya tersebut.

Kini Nina menerangkan bahwa kondisi ibundanya masih dalam pemantauan beberapa dokter internis, beberapa dokter ahli juga, ahli syaraf, ahli jantung, antara lain, dokter geriatrik juga.

“Jadi berdasarkan diagnosa dokter pun dokter internis beliau menjelaskan kepada saya bahwa kondisi Mak Nani sedang dalam pemantauan beberapa dokter internis, beberapa dokter ahli juga, ahli syaraf, ahli jantung, antara lain, dokter geriatrik juga,” beber Nina.

Saat ini pemeran Emak di sitkom Bajaj Bajuri tersebut kondisinya masih belum stabil dan masih berada di bawah pengawasan dokter.

ADVERTISEMENT

Nani Wijaya sudah 2 tahun tidak syuting karena ada riwayat stroke dan komplikasi ginjal

Nani Wijaya sudah tidak syuting lantaran sakit stroke dan komplikasi ginjalnya

Nani Wijaya sudah tidak syuting lantaran sakit stroke dan komplikasi ginjalnya | Credit: @kartikanina1828 on Instagram

Nina Kartika mengungkapkan bahwa ibundanya tersebut memiliki riwayat penyakit stroke yang menyebabkan bagian tubuhnya tidak dapat digerakkan.

“Awalnya stroke, ada darah tinggi. Tangan kirinya yang pertama nggak bisa digerakkan, lalu kemudian kaki kiri,” ungkap Nina, dilansir dari Liputan6.com.

Alhasil aktris 78 tahun itu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan berbaring. Namun, hal itu tidak sepenuhnya membuat penyakit stroke yang dideritanya membaik. Nina mengatakan jika ibundanya tersebut mengalami luka di bagian atas tulang ekor. Luka tersebut didapatkan dari aktivitas berbaring yang terlalu lama.

“Lalu ada luka di belakang (panggul) karena terlalu banyak berbaring. Ada luka di atas tulang ekornya, sehingga menimbulkan infeksi yang jadi komplikasi ke ginjal dan leukositnya tinggi,” ungkap Nina.

Nina juga mengungkapkan jika ibundanya sudah dua tahun tidak lagi menjalankan aktivitas syutingnya dan lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

“Sudah dua tahun (nggak syuting) lebih banyak di rumah. Karena, kan, kondisi kesehatannya sudah tidak fit seperti dulu, jadi lebih banyak di rumah aja sama saya,” ujar Nina.

Nina Kartika menambahkan jika ibundanya tersebut tidak pernah mengeluhkan soal sakit yang dialaminya selama ini, hanya saja ia yang terus menawarkan untuk mengantarkan ke dokter. Hingga saat di bawa ke rumah sakit karena sesak napasnya itu pun Nani Wijaya tidak pernah mengeluhkan sakitnya; selalu menahan rasa sakitnya karena tidak ingin merepotkan orang di sekitarnya.

ADVERTISEMENT

Pemain Bajaj Bajuri jenguk dan doakan kesembuhan Nani Wijaya

Beberapa pemain sitkom Bajaj Bajuri seperti Said (Saleh Ali), Mpok Minah (Leslie Sulistiowati), Mpok Leha (Wiwin Burhani), dan Nurmala (Shinta Dewi) datang bersama-sama ke RSUP Fatmawati untuk menjenguk Nani Wijaya pada 2 Maret 2023 lalu.

Mendengar Nani Wijaya dilarikan ke rumah sakit, pemain Bajaj Bajuri itu pun mengaku sedih. Keempatnya sengaja berkumpul dan meluangkan waktu demi menjenguk Nani Wijaya. Namun sayangnya, pihak rumah sakit belum memperbolehkan orang lain menjenguk selain pihak keluarga.

“Kita keluarga Bajaj Bajuri datang ke rumah sakit niat mau jenguk Emak, tapi apa boleh dikata kita nggak bisa masuk kecuali keluarga. Jadi kita dapatnya dari keluarga dan barusan teman-teman juga dengar,” kata Saleh Ali dikutip dari detikhot (03/03/2023)

Saleh Ali juga menambahkan jika waktu pertama kali diberitahu Nani Wijaya sakit, kemudian ia bersama ketiga pemain Bajaj Bajuri berkumpul untuk menjenguknya. Namun, untuk lebih detailnya ia mengaku belum mengetahuinya.

“Pertama kali dikasih tahu Emak masuk rumah sakit, kemudian hari ini kita baru bisa ngumpul lebih detailnya saya nggak tahu,” lanjutnya.

Sebagai perwakilan dari pemain Bajaj Bajuri, Saleh Ali berdoa dan berharap kesembuhan dari Nani Wijaya dan menyerahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa. Sementara itu, Sinta Dewi tak kuasa menahan air matanya lantaran teringat kenangan bersama Nani Wijaya saat proses syuting sitkom Bajaj Bajuri. Ia menganggap Nani Wijaya seperti ibunya sendiri.

“Terakhir kita tuh ketemu ulang tahunnya Mat Solar tanggal 4 Desember, itu ibu masih suka nyubit-nyubit saya karena dia suka bercanda sama saya,” beber Sinta Dewi.

Semoga segera pulih, Emak~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan sekedar hobi, melainkan memberi arti~

Editor

Writing...