Mengintip 8 Anggota Keluarga Kerajaan Dunia yang Jalani Pekerjaan Reguler. Rendah Hati!

Pekerjaan reguler keluarga kerajaan

Jika berbicara soal keluarga bangsawan, dunia showbiz belakangan lebih banyak mengulas sosok Meghan Markle, istri Pangeran Harry yang sebelumnya merupakan seorang aktris. Di samping karier terdahulunya, dandanan dan gaya busananya yang ciamik juga jadi daya tarik untuk diperbincangkan.

Advertisement

Tapi ternyata ada lo bangsawan yang jalani pekerjaan biasa dan karenanya memberikan kesan rendah hati. Para bangsawan dari beberapa kerajaan dunia ini seakan menunjukkan bahwa martabat seseorang itu bisa didapat lewat bekerja, bukan dari gelar semata. Melansir Bright Side, berikut Hipwee Showbiz rangkum 8 di antaranya.

1. Putri Sofia dari Swedia belakangan bekerja sebagai sukarelawan di rumah sakit

Putri Sofia (dok. Instagram) via www.instagram.com

Sebagai lulusan akuntansi dengan spesialisasi pengembangan bisnis, Putri Sofia lebih dikenal sebagai seorang instruktur yoga bersertifikat yang bekerja di New York. Nah, belum lama ini Putri Sofia memutuskan bergabung sebagai sukarelawan untuk meringankan beban kerja para tenaga medis profesional di tengah masa pandemi.

Sebelum terjun bertugas, Putri Sofia menempuh kursus daring selama tiga hari, dan kini bertugas di sebuah rumah sakit di Stockholm. Ia bekerja membantu perawat dan dokter melalui kerja shift di bagian dapur, pembersihan, dan mengelola instrumen disinfektan.

Advertisement

2. Pangeran William sempat bekerja sebagai pilot ambulans

Pangeran William (dok. Instagram) via www.instagram.com

Diketahui, Pangeran William sempat memutuskan untuk berkarier militer. Ia bahkan sudah mencapai posisi letnan. Tapi untuk keluarga kerajaan, karier yang akan ditempuh Pangeran William sangatlah berbahaya. Oleh karena itu ia memilih untuk fokus berlatih dengan Royal Navy (angkatan laut kerajaan) dan Royal Air Force (angkatan udara Britania Raya).

Ia akhirnya mendapat tugas sebagai pilot ambulans, dan menerima gaji dari pekerjaan tersebut. Tapi sang pangeran memilih menyumbangkan semua gajinya untuk amal.

3. Putri Charlene dari Monaco merupakan mantan atlet renang profesional

Advertisement

Putri Charlene | Photo by Gil Zetbase, CC BY-SA 4.0 via commons.wikimedia.org

Putri Charlene yang lahir di Rhodesia (sekarang Zimbabwe) memulai karier sebagai perenang profesional sejak tahun 1996, tepatnya pada kejuaraan Afrika Selatan. Ia juga sempat mewakili Afrika Selatan untuk bertanding di Olimpiade Sydney pada tahun 2000. Tujuh tahun kemudian ia pensiun dari kompetisi renang karena mengalami cedera bahu.

Sekarang Putri Charlene mengisi waktu dengan mengadakan pertemuan bagi para atlet paralimpiade (olimpiade olahraga untuk orang dengan keterbatasan fisik), dan rutin mengunjungi pusat rehabilitasi anak-anak dengan gangguan pendengaran.

4. Pangeran Joachim dari Belgia berkarier sebagai perwira Angkatan Laut

Pangeran Joachim (dok. RTE) via www.rte.ie

10 tahun sebelum menempuh dan menyelesaikan pendidikan di Nautical School, Bruges untuk jadi perwira Angkatan Laut, Pangeran Joachim memilih mengikuti kursus pelatihan tentara sukarela. Kini ia berkarier sebagai perwira Angkatan Laut Belgia.

5. Putri Charlotte Casiraghi dari Hanover merupakan penulis dan editor majalah

Putri Charlotte Casiraghi (dok. Instagram) via www.instagram.com

Putri Charlotte memilih menyalurkan kepintarannya untuk berkontribusi terhadap masyarakat lewat cara menulis. Di samping itu, ia juga merupakan editor untuk sebuah majalah. Pada tahun 2009 ia sempat pula jadi editor di majalah Above.

Nah, pada tahun 2009 itu Putri Charlotte bersama dua temannya memutuskan untuk meninggalkan karier tersebut, dan fokus mendirikan proyek ekologi dan mode. Ia lalu menerbitkan 3.000 eksemplar Ever Manifesto yang isinya mengungkap bagaimana industri fesyen berdampak merugikan lingkungan.

6. Pangeran Nikolai dari Denmark berkiprah sebagai model

Pangeran Nikolai (dok. Instagram) via www.instagram.com

Pangeran Nikolai menyadari kesukaannya akan dunia peragaan busana pada tahun 2018, saat ia berusia 21 tahun. Sejak itu ia mulai menjajal peruntungan dengan bekerja sebagai model dan debutnya adalah tampil di ajang London Fashion Week. Kiprahnya cukup diapresiasi dunia fesyen. Dan baru-baru ini ia turut membuka ajang Dior Homme 2020.

7. Putri Mary dari Denmark sempat bekerja sebagai account manager dan guru

Putri Mary (dok. Instagram) via www.instagram.com

Jika menilik karier sang ayah, nggak heran kalau Putri Mary pintar dan cemerlang dalam dunia akademis. Ayahnya merupakan profesor matematika. Sementara Putri Mary hingga tahun 1998 bekerja sebagai account manager. Ia memutuskan hengkang dari pekerjaan tersebut enam bulan pasca sang ibu meninggal, dan melakukan perjalanan ke Amerika dan Eropa. Pada tahun 2002 ia bahkan sempat mengajar bahasa Inggris di sekolah bisnis Paris.

Sekarang Putri Mary tinggal di Denmark dan bekerja sebagai konsultan proyek untuk pengembangan bisnis, komunikasi, dan perusahaan pemasaran.

8. Raja Willem-Alexander dari Belanda merupakan seorang pilot. Pernah terbangkan pesawat komersil juga

Raja Willem-Alexander | Photo by Koos Breukel, CC0 via commons.wikimedia.org

Ketika masih muda, Raja Willem-Alexander sempat menjalankan dinas militer di Angkatan Laut Kerajaan Belanda hingga jadi letnan. Tapi selain itu ia juga seorang pilot. Sang Raja bahkan mengatakan kalau bukan bangsawan, ia ingin jadi pilot pesawat komersil sehingga bisa terbang secara internasional dengan pesawat berukuran besar.

Kendati nggak bisa purnawaktu jadi pilot pesawat komersil, Raja Willem mengaku beberapa kali pernah menjadi pilot tamu untuk maskapai komersil. Selama jadi pilot tamu tersebut, ia bilang nggak ada penumpang yang sadar kalau dia adalah Raja.

Itu dia 8 keluarga bangsawan yang jalani pekerjaan reguler, dan buktikan kalau gelar bukanlah segalanya. Padahal kalau mau, mereka dengan mudah bisa milih jabatan mentereng yang menanti.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE