Video Klip Via Vallen Dihapus Usai Dianggap Jiplak Milik IU, Pencipta Lagu: Kenapa Bela Artis Luar?

Pencipta lagu Via Vallen

Belum lama ini, Via Vallen menggegerkan dunia maya setelah merilis video klip berjudul Kasih Dengarkanlah Aku. Sebab, videonya mempunyai banyak kemiripan dengan video penyanyi asal Korea Selatan yang bernama IU. Mulai dari adegan memegang gelas yang dituangi air, berbaring di tanah bersama seorang lelaki, dan lain-lain.

Advertisement

Banyaknya kesamaan itu membuat video klip Via Vallen dianggap menjiplak. Hal ini membuat sang pencipta lagu, Yuda Dadali, merasa nggak terima sehingga menyuarakan pendapatnya di media sosial.

Setelah video klip Via Vallen dihapus karena dianggap menjiplak, pencipta lagunya protes. Dia heran karena warganet lebih membela artis luar negeri

Unggahan Yuda via www.instagram.com

Pada Sabtu (24/10), Yuda menyampaikan kekecewaannya atas video klip Via Vallen yang dihapus karena dituduh menjiplak artis K-Pop. Sebagai pencipta lagunya, dia mengaku merasa sangat miris dan sedih. Yuda menyayangkan warganet karena begitu militan membela artis luar negeri. Padahal dia berharap agar orang-orang Indonesia lebih mencintai produk lokal.

Menanggapi protes Yuda Dadali, warganet menjelaskan bahwa yang menjadi masalah bukanlah negara asal artisnya, melainkan plagiasi yang dilakukan

Komentar warganet di Instagram via www.instagram.com

Unggahan Yuda di Instagram langsung dibanjiri komentar bernada kesal. Warganet berusaha menjelaskan, pokok masalahnya bukanlah membela artis luar negeri atau membela artis dalam negeri. Sebab, fokus mereka adalah plagiasi dalam video klip Via Vallen yang dianggap nggak pantas. Selain itu, warganet tersinggung karena Yuda seolah merendahkan K-Popers. Padahal mereka tetap mendukung karya musisi Indonesia asalkan bagus dan nggak menjiplak. Komentar-komentar tersebut pun dibalas oleh Yuda.

Advertisement

“Saya maklum anak2 milenial jaman now memang seperti itu, mungkin banyak dari mereka mengira saya yang membuat, padahal saya hanya pencipta lagunya, sehingga banyak yg menghujat saya, tapi saya terima dengan ikhlas dan saya sudah maafkan dalam hati yg paling dalam…” tulis Yuda di Instagram.

Bukannya menjadi tenang, warganet justru semakin tersinggung oleh tanggapan Yuda. Dia dianggap telah merendahkan anak-anak milenial. Selain itu, warganet kesal karena Yuda dianggap playing victim atau bersikap seolah menjadi korban.

Berbeda dengan Yuda Dadali, Via Vallen sudah meminta maaf atas video klipnya. Dia juga mengakui kesalahannya dengan besar hati

Advertisement

Permintaan maaf Via Vallen via www.instagram.com

Nggak lama setelah video klipnya viral, Via meminta maaf melalui Instagram Story. Dia mengaku nggak tahu bahwa konsep videonya mirip sekali dengan video IU. Seandainya tahu, Via berkata bahwa dia pasti meminta konsepnya diganti. Tetapi karena sudah terlanjur, dia memohon maaf atas kesalahannya dan meminta video itu dihapus.

Syukurlah Via Vallen mau menyelesaikan masalah ini dengan berbesar hati. Sikapnya perlu ditiru oleh Yuda Dadali nih! Semoga di masa depan, mereka bisa berkarya dengan lebih baik dan nggak melakukan plagiasi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE