Profil B. J. Habibie, Presiden & Insinyur Pesawat yang Cerdas

Terkenal memiliki kecerdasan yang cemerlang, beliau adalah satu-satunya presiden Indonesia yang berlatar belakang teknokrat.

Advertisement

Seperti apa biografi B. J. Habibie, profil, dan kisah hidupnya?

Pendidikan B. J. Habibie

Lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-pare, B. J. Habibie merupakan anak keempat dari 8 bersaudara. Masa kecilnya ia habiskan di Pare-pare hingga ayahnya meninggal ketika ia berusia 14 tahun.

Sepeninggalan ayahnya, Habibie melanjutkan SMA ke Bandung, yaitu di Gouvernments Middlebare School. Kecerdasannya di ilmu-ilmu eksakta kian terlihat pada fase ini.

Advertisement

Lulus SMA tahun 1954, beliau pun melanjutkan pendidikannya di ITB, Bandung. Saat itu, namanya masih Universitas Indonesia di Bandung.

Setahun kemudian, ia mendapatkan beasiswa ke RWTH Aachen, Jerman. Pada 1960, ia berhasil mengantongi gelar insinyur diploma. Kemudian 5 tahun setelah itu, gelar doktor insinyur spesialis konstruksi pesawat terbang pun berhasil ia raih dengan predikat summa cumlaude.

Advertisement

Karier B. J. Habibie

Habibie pernah bekerja pada sebuah perusahaan pembuat kereta wagon pada masa-masa kuliahnya di Jerman. Setelah lulus doktor, ia sempat menolak tawaran menjadi profesor di almamaternya, termasuk juga dari Boeing dan Airbus.

Habibie memilih berkarier di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, perusahaan pembuat pesawat terbang di Hamburg.

Kariernya terbilang sukses. Ia berhasil menelurkan beberapa teori termodinamika, konstruksi, dan aerodinamika. Bahkan, ia mendapat promosi sebagai wakil presiden perusahaan pada 1974.

Di tahun itu, Habibie memutuskan pulang setelah mendapat permintaan dari presiden Soeharto untuk membangun Indonesia.

Di sini, ia pernah menduduki beberapa jabatan di beberapa lembaga/perusahaan. Di antaranya seperti BPPT, Pertamina, IPTN – Dirgantara Indonesia, PT. PAL, Otorita Batam, dan PT. PINDAD.

Dari 1978-1998, Habibie menjabat sebagai MenRisTek kabinet pembangunan. Setelah itu, ia terpilih sebagai wakil presiden selama 2 bulan 7 hari. Kemudian, beliau menggantikan presiden Soeharto sebagai presiden RI selama 1 tahun 5 bulan.

Keluarga B. J. Habibie

B. J. Habibie lahir dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie & R.A Tuti Marini Puspowardojo. Istri B. J. Habibie adalah Hasri Ainun Besari, yang dinikahinya pada 12 Mei 1962 di Bandung saat sela masa pendidikannya di Jerman.

Dari pasangannya tersebut, ia memiliki 2 orang putra yaitu Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Biodata B. J. Habibie

Nama lengkap: Bacharuddin Jusuf Habibie

Nama panggung/nama artis: Habibie

Tempat tanggal lahir: Pare-pare, 25 Juni 1936

Umur: 83 tahun

Agama: Islam

Profesi: Teknokrat, wakil presiden, presiden RI

Pasangan: Hasri Ainun Besari

Orang tua: Alwi Abdul Jalil Habibie & R.A Tuti Marini Puspowardojo

Anak:  Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE