Profil Marshanda, Bintang yang Berjuang Melawan Bipolar

Profil Marshanda terkenal sebagai artis cantik yang tak hanya berbakat di bidang akting, tapi juga tarik suara. Sebelum bipolar yang ia derita kambuh, ia terkenal sebagai artis idaman dengan karakter yang lembut dan menawan.

Advertisement

Seperti apa biografi dan perjalanan hidup Marshanda? Bagaimana ia mengatasi bipolarnya dan kembali bangkit?

Karier Marshanda

Perjalanan Marshanda di bidang akting bermula saat ia “terpaksa” ikut casting bersama tantenya. Saat itu ia baru kelas 1 SD, tapi akhirnya terpilih untuk membintangi iklan Bank Danamon.

Sejak itu, wajahnya wara-wiri di televisi dalam iklan produk coklat, susu sandal, hingga sampo.

Advertisement

Meski pernah tampil sebagai bintang tamu di sinetron “Jinny oh Jinny”, ia baru serius terjun sebagai aktris lewat peran Lala di sinetron “Bidadari”. 

Di sini, Marshanda mendapatkan sambutan luas. Namun, ia hanya bertahan 2 musim karena berselisih dengan production house Multivision Plus. Selanjutnya, ia pindah ke SinemArt dan aktif di sana hingga 2019.

Advertisement

Beberapa sinetron saat ia bersama SinemArt sempat menjadi hits di masanya. Di antaranya seperti “Kisah Sedih di Sekolah”, “Kisah Kasih di Hari Minggu”, hingga “Orang Ketiga”.

Selain itu, Marshanda juga pernah beberapa kali membintangi film layar lebar, namun kiprahnya tak sesukses di dunia sinetron. 

Ia juga pernah mendapat nominasi sebagai artis solo wanita dan artis pop solo terbaik, berturut-turut lewat lagu “Bidadari” dan “Kisah Sedih di Hari Minggu”. Namun, saat ini ia tak pernah lagi tampil menyanyi. Ia justru lebih aktif di video YouTube daripada di televisi.

Keluarga Marshanda

Marshanda merupakan anak perempuan sulung dari pasangan Irwan Yusuf dan Riyanti Sofyan.

Kedua orang tuanya bercerai saat ia masih kecil. Ia pun ikut ibunya bersama kedua adiknya, Adrian Hanafi dan Alyssa Ramadhani.

Pada 2011, Marshanda menikah dengan Ben Kasyafani dan mendapat buah hati bernama Sienna Ameerah Kasyafani. Namun, pernikahan tersebut harus berakhir di 2014 karena bipolar Marshanda kambuh. Hak asuh anak Marshanda pun jatuh ke tangan ayahnya.

Marshanda berhasil mengatasi bipolarnya dan kembali aktif di dunia entertainment sejak 2016. Bahkan, ia memenangkan penghargaan Pemeran Wanita Terpuji Serial Televisi di Festival Film Bandung 2018 dan sederet nominasi lain.

Agama Marshanda

Marshanda diketahui beragama Islam. Meski ia tak lagi mengenakan hijab pasca perceraiannya, namun tidak pernah ada kabar bahwa ia pindah ke agama lain.

Biodata  Marshanda

  • Nama lengkap: Marshanda Andriani
  • Nama panggung/nama artis: Marshanda
  • Tempat tanggal lahir: Jakarta, 10 Agustus 1989
  • Umur: 32 tahun
  • Agama: Islam
  • Profesi: Aktris, penyanyi
  • Pasangan: Ben Kasyafani (2011-2014), –
  • Orang tua: Irwan Yusuf & Riyanti Sofyan
  • Anak: Sienna Ameerah Kasyafani
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE