Raffi Ahmad Jadi Golongan Pertama Dapat Vaksin Covid-19, ini Alasan Dirinya Terpilih Wakili Milenial

Raffi Ahmad vaksin covid-19

Raffi Ahmad menorehkan momen bersejarah di hidupnya, sebab ia baru saja menjadi anak muda pertama di Indonesia yang menerima vaksin Covid-19. Vaksinasi ini juga bersaman dengan para pejabat termasuk Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Rabu (13/1).

Advertisement

Terlihat suami Nagita Slavina ini datang mengenakan batik bercorak merah dipadukan dengan celana berwarna coklat. Sebelum divaksin Raffi diharuskan melakukan tes tekanan darah terlebih dahulu. Ia bahkan sempat mengacungkan jempol ke arah kamera sebelum vaksinasi dilakukan.

Dipilihnya Raffi sebagai orang pertama yang mewakili milenial jadi perbincangan hangat, bahkan namanya sempat trending di Twitter. Banyak warganet yang lantas mempertanyakan keputusan itu

Dokter Reisa Brotoasmoro selaku juru bicara Covid-19 mengatakan jika Raffi datang sebagai perwakilan bagi generasi muda atau milenial.

Advertisement

“Raffi Ahmad hadir sebagai perwakilan dari masyarakat, mewakili kaum milenial yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk yakin terhadap vaksin Covid-19 dan turut mensukseskan program vaksinasi di Indonesia,” jelasnya melaui Youtube Sekretariat Presiden (13/1).

Pernyataan tersebut ditanggapi beragam oleh warganet, ada pro dan juga kontra. Sebagian mempertanyakan mengapa Raffi yang dipilih untuk mewakilkan milenial.

Advertisement

“Saya masih gak ngerti kenapa kita (milenial) harus diwakilkan oleh Raffi Ahmad,” ujar salah satu warganet dengan akun Twitter @Aro.

Bersamaan dengan hal ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr Siti Nadia Tarmizi MEpid mengatakan bahwa sosok yang menjalani vaksinasi perdana hari ini merupakan perwakilan-perwakilan unsur masyarakat bukan hanya Raffi Ahmad.

“Begini, sasaran utama memang nakes (tenaga kesehatan). Ini kan penyuntikan pertama, jadi yang divaksin itu adalah perwakilan-perwakilan unsur masyarakat. Ada Ketua IDI, pemuka agama, pedagang, dan Raffi Ahmad,” jelasnya seperti dikutip dari Liputan.6 (13/1).

Terkait keberadaan Raffi Ahmad sebenarnya tidak ada yang spesial. Menurut Nadia, pada prinsipnya Raffi mewakili kaum milenial mengingat nggak sedikit anak muda yang masih belum percaya dengan adanya Covid-19 dan vaksin itu sendiri. Ditambah Raffi merupakan seorang artis dan figur publik.

“Lagipula itu kan banyak perwakilan. Tidak hanya Raffi Ahmad, ada juga perwakilan dari kalangan pengusaha,” Nadia menekankan.

Tanggapan itu sejalan dengan pemikiran publik yang merasa bahwa Raffi Ahmad punya peran besar untuk memberikan pengaruh, melihat jutaan pengikutnya di Instagram hingga wajahnya yang selalu muncul di stasiun televisi

Walaupun ada yang belum menerima dipilihanya Raffi Ahmad sebagai perwakilan milenial, nyatanya banyak yang mendukung keputusan tersebut. Bukan tanpa alasan melainkan Raffi mempunyai dampak besar sebagai seorang influencer. Terlihat Instagram resminya sudah diikuti lebih dari 49 juta orang, di YouTube sudah memiliki hampir 19 juta subscribers. Bahkan, dalam waktu satu jam saja ia mengunggah potret bersama Presiden Jokowi setelah vaksin, jumlah likenya sudah lebih dari 300 ribu hingga mendapat ribuan komentar.

“Kalau kita (karena gw juga) tidak merasa ter-influence oleh Raffi Ahmad, jangan lupa ada jutaan orang lain yang akan terpengaruh olehnya. Indonesia ini isinya bukan cuma kita dan teman-teman kita aja,” ujar salah satu warganet dengan akun @Pashatama di Twitter.

Komika Indonesia, Ernest Prakarsa juga memberikan pendapatnya.

“Saya mendukung Raffi Ahmad divaksin duluan. Dia sangat berpengaruh ke masyarakat luas dan pemerintah butuh meyakinkan masyarakat untuk mau divaksin. It’s a good move,” pungkas Ernest.

Melalui unggahannya di Instagram, CEO RANS Entertainment ini mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Raffi pun mengingatkan untuk jangan takut ketika harus divaksin.

“Alhamdulillah hari ini Vaksin Perdana bersama Pa @jokowi. Terimakasih atas kepercayaannya. untuk Indonesia Tercinta Ayo Vaksin. Ayooo jangan takut Vaksin guys !!! Semoga kita sehat selalu dan virus-virus  jahat Covid lenyap dari bumi ini dan Indonesia, kalau sudah Vaksin tetap patuhi protokoler kesehatan,” tutupnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE